Kesehatan Wanita

Kaki Sering Kram Pada Ibu Hamil

KELUHAN KEHAMILAN

Beberapa ibu hamil mengeluhkan kaki sering kram.

Kehamilan hadir dengan membawa banyak perubahan pada kehidupan ibu. Perubahan fisik tentu menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Beberapa kondisi telah diperkirakan, namun ada juga yang belum terbayang sama sekali.

Kaki Sering Kram Pada Ibu Hamil

Kram merupakan kontraksi otot yang berlangsung setelah sebelumnya melakukan gerakan lama yang menggunakan otot itu. Kram otot menimbulkan nyeri tajam yang cukup menyakitkan. Ibu hamil sering mengalami kaki kram, biasanya pada trimester kedua dan ketiga. Kram biasanya terjadi pada otot betis dan kaki dimana tiba-tiba otot mengalami kontraksi intens secara involunter hingga terasa sakit.

Penyebab pasti terjadinya kram kaki pada ibu hamil yang sehat belum diketahui. Kemungkinan antara lain adalah aliran balik darah semakin lambat, gangguan metabolik, otot kaki kelelahan atau bisa juga ketidakseimbangan elektrolit (kalsium, magnesium, natrium), defisiensi vitamin (D atau E). Kram kaki biasanya muncul di trimester kedua. Otot kaki mungkin kelelahan menyangga beban berat tubuh yang makin bertambah atau terlalu banyak aktivitas fisik. Bisa juga akibat perubahan sirkulasi darah dimana terjadi penumpukan cairan tubuh di bagian kaki akibat rahim menekan pembuluh darah sehingga aliran darah balik ke jantung lebih lambat.

Cara menghindari kram dengan melakukan:

  • Jangan berdiri atau duduk dengan kaki bersilang dalam waktu terlalu lama.
  • Lakukan olahraga peregangan otot betis dan kaki secara teratur di siang hari dan sebelum Anda tidur.
  • Gerak-gerakkan pergelangan kaki dan jari-jari kaki setiap kali Anda duduk, makan malam, atau menonton TV.
  • Posisikan kaki lebih tinggi saat duduk supaya aliran darah lebih lancar.
  • Gunakan supportive stocking, Anda bisa meminta rekomendasi kepada dokter lebih lanjut tentang kaus kaki khusus ini.
  • Olahraga jalan kaki setiap hari (jika tidak ada larangan melakukan aktivitas fisik atau olahraga dari dokter).
  • Tidur berbaring miring di sisi kiri untuk meningkatkan sirkulasi ke jantung dari kaki.
  • Minumlah air putih secara teratur agar tetap terhidrasi dengan baik di siang hari.
  • Makan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan energi, makronutrisi dan mikronutrisi selama kehamilan.

Kram kaki ini lumayan sering terjadi. Dua pertiga ibu hamil mengalami kram kaki yang bahkan bisa terjadi dua kali seminggu. Kram biasanya di malam hari. Rutin olahraga akan melancarkan peredaran darah sehingga bantu mengurangi kram kaki, namun tentu saja jika dokter mengijinkan ibu untuk melakukan olahraga. Pola makan sehat dengan konsumsi anekaragam bahan pangan bergizi seimbang yang terjangkau sesuai kebutuhan asupan ibu hamil diharapkan mampu mencegah malnutrisi, termasuk defisiensi mikronutrisi. Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter Anda cara untuk mencegah kram kaki sehingga ibu bisa mengantisipasi dan mewaspadai jika kaki sakit.

Tips Cara Mengatasi Kram Kaki

Kram kaki biasanya ringan kemudian membaik sendiri setelah beberapa detik. Cara mengatasi kram:

  • Regangkan otot betis dengan segera meluruskan secara perlahan kaki bagian tumit terlebih dahulu, kemudian dengan lembut tekuk jari kaki ke arah tulang kering hingga rasa nyeri menghilang. Peregangan ini mungkin terasa sakit pada awalnya, tetapi ini akan meredakan kram secara bertahap sehingga membuat rasa sakitnya hilang. 
  • Pijat lembut bagian otot yang terasa sakit atau kompres hangat setelah nyeri menghilang supaya otot menjadi rileks. Kaki jangan dipijat dan jangan dikompres hangat saat rasa nyeri kesakitan sangat parah atau nyeri tidak menghilang (dikhawatirkan nyeri kaki akibat penyebab lain yang lebih berbahaya) 
  • Setelah peregangan, jika mampu bisa berjalan perlahan selama beberapa menit. 
  • Periksakan ke dokter jika mengalami kram lebih lanjut dan tanyakan cara mengatasi kram kaki. 

Pada kondisi tertentu kram bisa terjadi dalam waktu lama juga sangat menyakitkan hingga mengganggu tidur, mengurangi kemampuan fisik, mengganggu aktivitas harian hingga menurunkan kualitas hidup. Gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan kaki kram antara lain amyotrophic lateral sclerosis, hipotiroidisme, restless legs syndrome, efek pengobatan tertentu (contohnya diuretik), hemodialisis dan lainnya. Periksa konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter biasanya akan melakukan anamnesis riwayat sakit, pemeriksaan fisik dan bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan penunjang. Dokter mungkin akan menambahkan pengobatan lebih lanjut sesuai kondisi ibu.

Deep Vein Thrombosis

Waspada deep vein thrombosis (DVT) dimana kaki terasa sangat sakit akibat adanya sumbatan pembekuan darah di kaki. Segera minta diantarkan periksa ke rumah sakit atau panggil ambulans jika mengalami salah satu/lebih kondisi berikut ini:

  • otot kaki nyeri kesakitan terus-menerus, berbeda dari kram biasa
  • kaki bengkak, merah, nyeri, sangat kesakitan
  • kaki teraba hangat saat dipegang

Jangan Sepelekan Kram Kaki Pada Ibu Hamil

Kaki sakit pada ibu hamil sebaiknya segera dicari tahu penyebabnya dan diatasi dengan baik. Kesakitan akibat kram kaki hingga mengganggu aktivitas harian, kebugaran dan tidur akan bisa menyebabkan insomnia. Kurang tidur dan insomnia hingga mempengaruhi kesehatan akan berpengaruh pada kemajuan persalinan hingga proses persalinan yang bahkan menyebabkan ibu tidak bisa melahirkan secara normal. Kaki kram kesakitan juga menurunkan kualitas hidup bahkan bisa menyebabkan ibu mengalami depresi yang imbasnya bisa meningkatkan placental corticotropin‐releasing factor dan menginisasi kontraksi rahim, pematangan serviks dan kesulitan persalinan, hipoksia janin dan meningkatkan risiko asfiksia neonatus dan perdarahan postpartum.

Komunikasikan rencana terapi dan ikuti saran tata laksana pengobatan dari Dokter untuk mendapatkan hasil lebih baik. Gunakan obat sesuai resep petunjuk dokter. Ibu hamil jangan sembarangan meminum obat, herbal, suplemen, ramuan atau jamu tanpa berkonsultasi dahulu dengan dokter sebab keamanannya bagi kehamilan belum diketahui dengan pasti. Lakukan kontrol periksa kehamilan secara teratur sehingga kehamilan terpantau dan ibu bisa mengkomunikasikan semua keluhan yang dialami dengan dokter Anda. 

Tanda Perhatian

Kehamilan merupakan pengalaman indah. Jaga kesehatan dengan baik sehingga ibu bisa mendapatkan pengalaman positif yang berharga. 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.