Kesehatan Wanita

Perut Kembung Pada Ibu Hamil

KELUHAN KEHAMILAN

Ibu hamil sering mengeluh perut terasa kembung.

Hormon kehamilan terutama progesteron menyebabkan peristaltik saluran pencernaan bergerak lebih lambat. Makanan berjalan lebih pelan saat melewati saluran pencernaan. Kondisi ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk proses penyerapan nutrisi dimana kebutuhan gizi saat hamil juga sedang meningkat pesat. Progesteron juga menyebabkan otot polos di saluran pencernaan lebih rileks.

Perubahan ini menyebabkan ibu merasa perut kembung, sering bersendawa serta mungkin juga kentut. Ibu banyak menelan udara saat mengalami mual-muntah di trimester pertama. Pada trimester kedua juga ketiga perut semakin terasa penuh saat rahim makin membesar. Rahim juga menekan lambung. Rasa tidak nyaman di perut makin mengganggu jika disertai keluhan lain seperti gangguan pencernaan, refluks asam lambung atau sembelit (konstipasi).

Kehamilan7

Lakukan tips berikut ini untuk meringankan keluhan perut kembung:

  • Hindari sembelit dengan menjaga kelancaran saluran pencernaan. Sembelit akan memperparah kembung serta membuat perut tidak nyaman. Pastikan ibu banyak minum air putih sesuai kebutuhan, makan aneka bahan makanan sumber serat dan hidup sehat aktif sesuai kondisi sehingga terhindar dari sembelit.
  • Makan dalam porsi kecil dengan frekuensi sering untuk memenuhi kebutuhan asupan tubuh. Makan porsi sangat besar sekali makan membuat perut terlalu kenyang sehingga makin tidak nyaman. 
  • Makan dan minum sambil duduk sehingga perut tidak tergencet.
  • Kunyah makanan secara perlahan hingga lembut supaya pencernaan lancar. Makan terlalu cepat akan membuat ibu menelan udara lebih banyak sehingga menumpuk gas di perut.
  • Hindari bahan makanan/minuman yang memproduksi banyak gas di perut contohnya minuman bersoda.
  • Rutin olahraga sesuai kondisi kehamilan. Olahraga latihan fisik secara aman juga akan bantu melancarkan gerak saluran pencernaan, meski hanya sekedar olahraga jalan kaki. 
  • Jangan langsung berbaring tidur segera setelah makan.
  • Jangan merokok dan mengunyah permen karet karena akan memproduksi lebih banyak ludah sehingga ibu lebih banyak menelan sehingga akan lebih banyak udara masuk ke perut.
  • Rileks dan lakukan manajemen stres dengan baik. Ketegangan serta gangguan kecemasan akan membuat keluhan semakin tidak nyaman terutama jika ibu menjadi makan dengan tegang serta tergesa-gesa sehingga makin banyak menelan udara ke perut.
  • Periksa ke dokter jika perut sakit atau tidak nyaman.

Keluhan kembung tanpa penyulit lainnya akan menghilang saat ibu melahirkan bayi.

Lakukan kontrol periksa kesehatan kehamilan secara teratur serta konsultasikan keluhan yang ibu rasakan kepada dokter Anda. Segera periksa jika perut kram, sakit atau nyeri yang mungkin disebabkan oleh gangguan pencernaan, infeksi saluran cerna, keracunan makan namun bisa juga akibat kondisi serius seperti radang usus buntu atau pre-eklampsia. Gunakan obat hanya sesuai resep petunjuk dokter. Ibu hamil jangan sembarangan meminum obat, herbal, suplemen, ramuan atau jamu tanpa berkonsultasi dengan dokter sebab keamanannya bagi kehamilan belum diketahui dengan pasti.

Tanda Perhatian

Kehamilan merupakan pengalaman indah. Jaga kesehatan dengan baik sehingga ibu bisa mendapatkan pengalaman positif yang berharga.  

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.