Kesehatan Wanita

Keluhan Hidung Tersumbat Pada Ibu Hamil

KELUHAN KEHAMILAN

Beberapa ibu hamil mengeluh hidung terasa tersumbat.

Kehamilan hadir dengan membawa banyak perubahan pada kehidupan ibu. Perubahan fisik tentu menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Beberapa kondisi telah diperkirakan, namun ada juga yang belum terbayang sama sekali.

Hidung Terasa Tersumbat

Penyebab hidung terasa tersumbat serta seperti buntu ada banyak. Hidung terasa tersmbat saat hamil disebabkan karena pembengkakan selaput lendir mukosa hidung. Kondisi ini terjadi akibat perubahan hormon dan peningkatan volume darah selama masa kehamilan. Estrogen menyebabkan lapisan selaput di rongga hidung membengkak dan produksi mukus meningkat lebih banyak. Peningkatan volume darah menyebabkan jalinan pembuluh darah di selaput hidung menjadi lebih lebar. 

Beberapa hidung buntu yang mengganggu bisa juga karena faktor penyebab lain seperti rhinitis, rhino sinusitis, atau infeksi saluran napas atas. Beberapa ibu mengalami keluhan seperti pilek namun tidak disertai keluhan lain sehingga disebut rhinitis akibat kehamilan karena keluhan gejala timbul akibat pengaruh perubahan hormon kehamilan. Rhinitis allergika juga bisa kambuh saat hamil. Keluhan hidung tersumbat disertai pilek, demam, sakit kepala, badan pegal-linu, batuk, nyeri tenggorokan, pembesaran kelenjar getah bening atau gejala lainnya mungkin disebabkan karena infeksi. Ibu bisa periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Derajat tingkat keparahan gangguan hidung pada ibu hamil bervariasi. Hidung tersumbat terasa tidak nyaman. Hidung tersumbat pada ibu hamil dilaporkan bisa berkontribusi menyebabkan gangguan tidur, badan mudah capek, kurang bergairah, gangguan kecemasan meningkat, daya konsentrasi menurun, sakit kepala dan penurunan kualitas hidup. Buruknya kualitas hidup seorang ibu juga bisa mempengaruhi kualitas pengasuhan anak. Tidur jadi mengorok sehingga berisiko sleep apnea dan ibu cenderung bernapas lewat mulut. Sleep apnea bisa menyebabkan peningkatan risiko ibu mengalami hipertensi, pre-eklampsia, fetal intrauterine growth restriction (IUGR) hingga Apgar score rendah. 

Segera periksa konsultasikan hidung tersumbat yang mengganggu dengan dokter Anda. Perawatan hidung tersumbat antara lain:

  • Dokter akan meresepkan obat-obat untuk meringankan gejala supaya mukosa hidung tidak bengkak atau mengalami peradangan. Obat ada yang disemprot atau digunakan di hidung, mungkin juga ada yang diminum. Pemilihan obat disesuaikan dengan penyebab keluhan. Tanyakan cara penggunaan obat. Gunakan obat sesuai petunjuk dokter. 
  • Nasal dilatation device membantu untuk melebarkan area katup hidung paling sempit.
  • Irigasi hidung bantu memperbaiki fungsi cillia mukosa, mengontrol peradangan, menurunkan edema rongga hidung serta membersihkan lendir juga kotoran hidung. 
  • Atur tidur dengan posisi kepala lebih tinggi sehingga nyaman bernapas. Tidur miring juga bisa mengatasi sleep apnea ringan.
  • Olahraga latihan fisik secara aman sesuai kondisi kehamilan selain bisa membuat ibu bugar, meningkatkan energi juga memiliki efek dekongestan memperbaiki keluhan sumbatan hidung.

Biasanya keluhan hidung tersumbat selama kehamilan akan menghilang saat bayi lahir.

Hidung Mimisan

Selaput lendir juga menjadi lebih lembut sehingga rentan robek. Akibatnya terkadang pada beberapa ibu hamil mengalami mimisan. Biasanya darah yang keluar hanya sedikit dan berhenti sendiri. Cara mengatasi mimisan dengan menekan hidung, bisa dibaca lebih lanjut dalam artikel ini: MIMISAN

Cara mencegah mimisan:

  • Hembuskan napas dengan lembut
  • Hati-hati saat membersihkan hidung
  • Jaga kelembaban udara di ruangan, jika perlu gunakan cool mist humidifier yang bersih
  • Pastikan cukup asupan minum air putih supaya tidak dehidrasi yang menyebabkan selaput lendir mukosa (termasuk hidung) kering
  • Makan bergizi seimbang untuk mencukupi kebutuhan makronutrisi juga mikronutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh

Jika ibu terlalu sering mengalami mimisan sebaiknya juga periksa konsultasikan bersama dokter untuk dicari tahu lebih lanjut. Jika darah keluar sangat banyak atau terus-menerus keluar meski telah ditekan sebaiknya segera minta diantar periksa ke UGD rumah sakit atau hubungi ambulans supaya segera dibantu untuk mendapatkan perawatan medis secepatnya.

Komunikasikan rencana terapi dan ikuti saran tata laksana pengobatan dari Dokter untuk mendapatkan hasil lebih baik. Gunakan obat sesuai resep petunjuk dokter. Ibu hamil jangan sembarangan meminum obat, herbal, suplemen, ramuan atau jamu tanpa berkonsultasi dahulu dengan dokter sebab keamanannya bagi kehamilan belum diketahui dengan pasti. Lakukan kontrol periksa kehamilan secara teratur sehingga kehamilan terpantau dan ibu bisa mengkomunikasikan semua keluhan yang dialami dengan dokter Anda. 

Tanda Perhatian

Jaga kesehatan dengan baik sehingga ibu bisa mendapatkan pengalaman positif yang berharga. Kehamilan merupakan pengalaman indah. 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.