Kesehatan Wanita

Keluhan Air Liur Berlebihan Saat Hamil

KELUHAN KEHAMILAN

Ibu sering mengeluh air liur berlebihan saat hamil.

Kehamilan hadir dengan membawa banyak perubahan pada kehidupan ibu. Perubahan fisik tentu menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Beberapa kondisi diperkirakan, namun ada juga yang belum terbayang sama sekali. 

Ibu hamil sering merasa memproduksi lebih banyak ludah, terutama di awal kehamilan. Ibu mudah berliur. Pada saat ingin makan sesuatu atau makanan idaman maka terasa liur semakin sangat banyak. Ibu juga jadi sering ingin meludah. Akibatnya hal ini mengganggu ketika dalam situasi tidak memungkinkan untuk mengeluarkan ludah. Ibu juga jadi merasa malu. Keluhan ini sering bersamaan dengan keluhan mual muntah atau kenaikan asam lambung. Ludah yang terasa pahit membuat ibu jadi mual ingin muntah atau bahkan muntah. Kondisi semakin menjadi tidak nyaman.

Produksi air liur atau ludah yang banyak disebut hipersalivasi. Penyebab pasti belum diketahui. Kondisi mulut terasa penuh liur atau banyak ludah mungkin disebabkan karena pengaruh hormon kehamilan. Progesteron membuat gerak peristaltik saluran cerna lebih lambat sehingga aliran air liur yang ditelan lebih lambat. Mual-muntah juga membuat ibu trauma sehingga cenderung jarang menelan. Kombinasi berbagai faktor mengakibatkan ludah terkumpul lebih banyak di rongga mulut.

Lakukan tips berikut ini untuk meringankan keluhan ludah berlebihan:

  • Makan dalam porsi kecil dengan frekuensi sering biasanya lebih nyaman serta bantu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi. 
  • Sering minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebab dehidrasi bisa menyebabkan produksi ludah lebih banyak. Bisa minum sedikit demi sedikit dengan frekuensi lebih sering.
  • Sikat gigi dan gunakan mouthwash untuk membuat rongga mulut terasa lebih segar, nyaman juga lebih sehat.
  • Mengisap es batu atau permen keras (pilih permen rendah gula).
  • Sediakan handuk kecil atau tisu sehingga bisa mudah menghapus air liur yang keluar dari mulut.
  • Periksa ke dokter jika ibu merasa sakit, mengalami nyeri atau tidak bisa menelan.

minum air putih

Minum air putih (sumber gambar Women’s Health)

Pada kondisi sehat, produksi air liur berlebihan tidak membahayakan janin. Ketidaknyamanan akibat air liur banyak ini biasanya akan membaik saat keluhan mual-muntah hilang.

Lakukan kontrol periksa kehamilan secara teratur. Jaga kesehatan dengan baik sehingga ibu bisa mendapatkan pengalaman positif yang berharga. Kehamilan merupakan pengalaman indah. 

Tanda Perhatian

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.