Nutrisi dan Kebugaran

Makan Bergizi Seimbang

MAKAN SEIMBANG

Pertanyaan:

Apakah jika saya makan separuh “MAKANAN SEHAT” dan separuhnya lagi “MAKANAN TIDAK SEHAT” itu termasuk bisa disebut makan seimbang “DIET GIZI SEIMBANG“?

Dieting Choice

Banyak orang salah memahami tentang makan seimbang dalam gizi seimbang. DIET GIZI SEIMBANG bukan diartikan sebagai makan seimbang dengan jumlah makanan sama banyaknya antara “makanan sehat” ditambah “makan makanan tidak sehat”. GIZI SEIMBANG adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. 

Pola makan gizi seimbang bertujuan untuk jaga supaya asupan energi dan nutrisi bisa memenuhi kebutuhan tubuh. 

Gizi seimbang membutuhkan peran aktif individu untuk makan dengan penuh kesadaran, memiliki gaya hidup sehat serta mengenali kebutuhan dirinya. Hal ini sangat bagus sebab melatih diri untuk responsif juga mengenal tubuhnya. Semua orang membutuhkan literasi nutrisi yang benar sebab saat ini pola makan turut menentukan kualitas kesehatan.

Anjuran pola makan dalam beberapa dekade terakhir telah memperhitungkan proporsi setiap kelompok pangan sesuai dengan kebutuhan yang seharusnya sehingga tubuh tetap sehat. Makanan dengan jumlah biji-bijian serealia, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan aktivitas fisik yang memadai supaya sehat seimbang. Kegemukan dan obesitas terjadi ketika pilihan gaya hidup tidak seimbang dimana terlalu berlebihan memakan salah satu jenis kelompok bahan pangan atau tidak melakukan aktivitas fisik secara memadai. Di sisi lain, jika salah satu dari kelompok bahan pangan ini tidak dikonsumsi dalam jumlah cukup maka dapat menyebabkan kekurangan gizi.

WHO membagi kelompok bahan pangan menjadi:

  • golongan biji-bijian, serealia dan umbi-umbian: sumber energi, serat, vitamin dan mineral
  • golongan sayuran dan buah: sumber vitamin dan mineral juga karbohidrat kompleks karena tinggi serat
  • susu dan produk turunan susu: sumber protein, mineral dan vitamin serta karbohidrat karena mengandung laktosa
  • lauk pauk hewani dan nabati: sumber protein, lemak, mineral dan vitamin serta pada bahan pangan nabati juga kaya akan serat pangan
  • minyak: sumber lemak

Memilih anekaragam bahan makanan dari semua kelompok bahan pangan setiap hari akan membantu tubuh terpenuhi kebutuhan nutrisi. Nutrisi makro terdiri atas karbohidrat, protein dan lemak. Nutrisi mikro terdiri atas vitamin dan mineral. Karbohidrat, protein dan lemak selain sebagai sumber nutrisi bergizi juga menjadi sumber kalori untuk menyediakan energi. Mikronutrisi meski hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil namun sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut WHO untuk pola makan gizi seimbang diperlukan kombinasi dari setiap kelompok makanan dengan persentase antara lain protein 10-15%, karbohidrat 60-80% dan lemak 10-30% yang selanjutnya akan disesuaikan dengan kebutuhan individual. Secara umum setiap hari tubuh membutuhkan asupan protein nabati 2 – 4 porsi, protein hewani 2 – 4 porsi, makanan pokok 3 – 4 porsi, sayuran 3 – 4 porsi, buah 2 – 3 porsi dan minum air putih secara aman minimal 8 gelas. Jumlah asupan lebih lanjut akan disesuaikan dengan kebutuhan sesuai kelompok umur dan kondisi fisiologis masing-masing individu. Pola makan gizi seimbang bantu menyediakan asupan kalori, nutrisi juga cairan yang dibutuhkan supaya tubuh tetap sehat.

Supaya mudah bisa gunakan piring makan “Isi Piringku” untuk membantu gambaran porsi sekali makan dan Tumpeng Gizi Seimbang sebagai panduan pangan visual untuk menggambarkan gizi seimbang.

Konsumsi lima kelompok pangan setiap hari atau setiap kali makan. Kelima kelompok pangan tersebut terdapat dalam makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan juga minum air putih. Mengonsumsi lebih dari satu jenis untuk setiap kelompok makanan setiap kali makan akan lebih baik. Tidak ada makanan tunggal yang dapat menyediakan semua nutrisi untuk menjaga kesehatan. Kesehatan yang baik membutuhkan keseimbangan makanan dengan jumlah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan jumlah aktivitas fisik memadai.

Diet berkembang dari waktu ke waktu dipengaruhi oleh banyak faktor sosial dan ekonomi yang berinteraksi secara kompleks untuk membentuk pola makan individu. Faktor yang mempengaruhi diet termasuk selera kegemaran, kepercayaan individu, pendapatan, harga makanan, tradisi budaya, serta aspek geografis dan lingkungan (termasuk perubahan iklim). Asupan makan melibatkan interaksi kompleks antara faktor biologis, psikologis dan lingkungan-sosial ketika seseorang makan. Manusia perlu makan seimbang antara jumlah asupan makan dengan kebutuhan tubuh supaya tetap sehat.

Gunakan Tumpeng Gizi Seimbang dan Piring Makanku “Isi Piringku” Gizi Seimbang bantu untuk memudahkan mengingat pola makan Gizi Seimbang. Tumpeng gizi seimbang sebagai gambaran dan penjelasan sederhana terkait pola makan sehat seimbang. Pada piramida tampak porsi ukuran makanan dan minuman yang menyusun pola makan, serta promosi aktivitas fisik harian juga kebiasaan hidup bersih sehat dengan rajin cuci tangan dan memantau berat badan. Isi Piringku diharapkan membantu gambaran porsi makanan dalam sekali makan. Isi Piringku memudahkan edukasi gambaran porsi asupan makan dari masing-masing kelompok bahan pangan untuk memenuhi kaidah gizi seimbang. Gizi seimbang juga memperhatikan kebersihan dan keamanan proses makan. 

1530414381051

Pedoman pola makan disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi, geografis, kondisi ekonomi dan budaya di tiap negara. Pendekatan pola makan gizi seimbang memungkinkan pemenuhan asupan energi juga nutrisi yang menyehatkan, serta memberi ruang bagi pelestarian kekayaan budaya kuliner Nusantara, juga memajukan perekonomian bangsa dan ketahanan pangan negara Indonesia.

 

Beberapa kondisi permasalahan makan juga bisa terkait dengan gangguan kesehatan yang harus ditangani lebih lanjut oleh ahli profesional berkompeten. Konsultasikan bersama dokter dan ahli gizi berkompeten untuk pengaturan aktivitas fisik dan pola makan sehat secara tepat sesuai kondisi.

Baca juga artikel Pedoman Gizi Seimbang sebagai solusi pola makan sehat berkelanjutan

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.