Kesehatan Wanita

Bahaya Citra Tubuh Negatif Pada Ibu Hamil

CITRA TUBUH

Citra tubuh merupakan cara melihat diri secara fisik sehingga membentuk pikiran dan perasaan tertentu yang disebabkan oleh cara Anda melihat tubuh Anda.

Citra Tubuh Positif

Citra tubuh positif merupakan citra tubuh yang sehat. Memiliki citra tubuh yang sehat sangat penting. Citra tubuh sehat berarti merasa nyaman serta menyadari bahwa ada lebih banyak hal positif dalam diri melebihi dari sekadar penampilan fisik tubuh Anda. Jadikan versi terbaik tubuh sehatmu sebagai standard dan tujuan utama. Tubuh sehat hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, umur, warna kulit. 

Tubuh sempurna itu tidak harus mengikuti cetakan “tubuh sempurna”dari tekanan lingkungan sosial, dunia luar serta jualan industri kecantikan. Tidak ada tubuh sempurna yang harus dikejar hingga menghalalkan segala cara, bahkan sampai mengorbankan kesehatan diri sendiri.

Citra Tubuh Negatif

Citra tubuh negatif merupakan gambaran tubuh yang tidak sehat. Memiliki citra tubuh yang tidak sehat menyebabkan selalu berpikir bahwa tubuh Anda tidak menarik. Hal ini juga bisa membuat seseorang lupa bahwa mereka memiliki nilai positif lebih banyak di luar penampilan fisik jasmaniah.

Memiliki citra tubuh negatif akan:

  • merasa terlalu kegemukan (padahal berat badan sehat ideal dengan tinggi badan)
  • merasa kurang cantik
  • merasa kurang berotot
  • percaya bahwa penampilan fisik sempurna adalah segalanya
  • terpaku dengan pikiran juga usaha untuk merubah bentuk tubuh

Gambaran citra tubuh negatif akan menyebabkan penyakit mental terkait tubuh seperti body dysmorphic disorder, anoreksia nervosa, bulimia nervosa dan binge eating.

Bahaya Citra Tubuh Negatif Pada Ibu Hamil

Kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh seorang ibu. Perubahan secara fisik terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman. Pasca persalinan tubuh ibu juga butuh waktu untuk bisa kembali ke ukuran semula. Namun, tetap saja menjadi seorang ibu akan membuat tubuh Anda berubah. Perubahan kondisi ini tentunya membawa ke arah kehidupan yang lebih baik dengan kehadiran anak-anak tercinta melengkapi kebahagiaan keluarga. Banyak ibu secara alami memaknai perubahan fisik sebagai hal natural dalam siklus kehidupan. Sementara, beberapa lainnya harus berjuang berdamai dengan kenyataan.

Citra tubuh negatif pada seorang ibu hamil berhubungan dengan depresi pranatal dan postpartum. Ibu dengan depresi prenatal cenderung melakukan perilaku tidak sehat seperti tidak melakukan kunjungan rutin prenatal, tidak mengikuti saran tenaga kesehatan, dan lebih cenderung terlibat dalam perilaku negatif (contohnya seperti merokok, alkohol, atau penggunaan narkoba). Kondisi ini tentunya membahayakan ibu dan janin dalam rahim. Depresi postpartum dapat mempengaruhi kesehatan fisik, mental dan emosional ibu. Terjadi peningkatan risiko episode depresi di masa depan dengan dampak negatif pada perilaku parenting dan pengasuhan serta perkembangan fisik dan kognitif anak. Citra tubuh negatif juga membuat ibu mengalami kegagalan menyusui yang lebih tinggi.

Disinilah pentingnya ibu hamil memiliki citra tubuh yang sehat.

Bagi sebagian wanita, kehamilan dapat menyebabkan masalah dalam citra tubuh yang sebelumnya tidak pernah terjadi atau memperburuk masalah citra tubuh yang sudah dimiliki sejak dulu kala. Selama kehamilan, tubuh mengalami beberapa perubahan termasuk penambahan berat badan, muncuk stretch mark, beberapa bagian kulit lebih menghitam, berjerawat juga payudara makin besar. Perut semakin besar saat bayi tumbuh sehingga mengubah bentuk lekuk tubuh. Perubahan hormon akan menyebabkan payudara membesar sebab tubuh ibu bersiap untuk menyusui bayi.

Anda juga mungkin jauh lebih lelah dari biasanya disertai suasana hati lebih sering berubah. Suasana hati negatif dapat membuat lebih cenderung memiliki pikiran yang tidak sehat atau negatif tentang tubuh Anda.

Ibu harusnya bangga terhadap kondisi tubuh saat ini. Berkat tubuh yang luar biasa ini akhirnya bisa memelihara juga melahirkan bayi. Perubahan tubuh saat hamil memang tidak nyaman, namun semua ini demi mendukung pertumbuhan anak di dalam rahim. Lagipula kehamilan juga tidak akan berlangsung selamanya. Merasa nyaman menerima kondisi perubahan tubuh akan meringankan beban pikiran serta emosional dalam mendukung kerja fisik jasmaniah tubuh.

Lakukan beberapa saran berikut ini:

  • Fokus pada hal positif yang dilakukan oleh tubuh. Tubuh Anda berubah untuk membantu bayi tumbuh dan berkembang. Perubahan fisik tubuh saat kehamilan merupakan hal yang normal.
  • Ekspresikan perasaan Anda. Bicaralah dengan pasangan, keluarga, atau teman tentang perasaan juga pikiran yang mengusik Anda. 
  • Lakukan aktivitas fisik termasuk rutin olahraga sesuai kondisi kehamilan. Berenang atau berjalan kaki (selama dokter memperbolehkan) akan dapat bantu menjernihkan pikiran serta mengalihkan fokus dari citra tubuh. Pelajari lebih lanjut tentang aktivitas fisik selama kehamilan.
  • Gunakan baju yang membuat ibu nyaman. Saat ini tersedia banyak pilihan fashion bagi ibu hamil yang menarik juga nyaman.
  • Hindari berkomentar buruk terhadap kondisi tubuh orang lain sebab energi negatif hanya akan menular serta menjadi makin besar.
  • Hindari media, tontonan dan bacaan apapun yang makin membuat ibu merasa buruk serta terpaku ingin merubah diri seperti orang lain.
  • Cobalah yoga prenatal (jika dokter mengijinkan ibu melakukan yoga) dengan didampingi instruktur berkompeten. Yoga membantu untuk fokus pada hal-hal positif pada hubungan antara tubuh dan pikiran Anda.
  • Cobalah pijat khusus ibu hamil yang dilakukan oleh fisioterapis berkompeten (jika dokter mengijinkan ibu). Pijat dapat menghilangkan stres, gangguan kecemasan dan membantu merasa lebih nyaman menjadi diri sendiri.
  • Pelajari sebanyak mungkin tentang kehamilan. Mendidik diri sendiri membuat Anda akan tahu apa yang diharapkan sehingga bisa lebih memegang kendali terhadap situasi kehamilan.
  • Segera cari pertolongan profesional kesehatan kejiwaan. Cari bantuan dukungan kesehatan mental jika Anda membutuhkannya. Jangan malu untuk mencari bantuan demi kesehatan diri sendiri dan bayi Anda. Bicaralah dengan dokter atau bidan Anda tentang di mana bisa mendapatkan dukungan psikoterapi lebih lanjut.

Waspadai bagaimana media memengaruhi cara berpikir tentang diri sendiri. Pahami bahwa standar kecantikan media seringkali tidak realistis sehingga sebaiknya Anda berhenti membandingkan diri dengan sesuatu yang tidak nyata. Batasi melihat media yang tidak bermanfaat. Makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur sesuai kebutuhan tubuh. Perlakukan tubuh Anda dengan baik sehingga akan membuat merasa lebih kuat dan lebih bahagia. Fokus pada pencapaian, bukan penampilan. Cari teman-teman yang memiliki nilai hidup baik.

Tubuh manusia ada berbagai bentuk, ukuran, rupa dan warna kulit. Ada berbagai jenis tubuh normal. Perbedaan bentuk tubuh alamiah ini yang menjadikan manusia unik sebagai manusia. Nikmati masa-masa kehamilan ini sehingga menjadi pengalaman positif yang berharga. 

kehamilan12.jpg

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.