Kesehatan Umum

Ayo Kita Sehat!

SEHAT

Sehat itu…

suatu kondisi fisik, mental dan sosial yang sejahtera secara keseluruhan 

Kesehatan

The World Health Organization (WHO) mendefinisikan “Kesehatan” sebagai keseluruhan keadaan fisik, mental dan sosial yang sejahtera. Kesehatan bukan hanya ditentukan dengan tidak adanya penyakit atau kelemahan sebab banyak penyandang penyakit selama dikelola dengan baik akan bisa hidup dengan kondisi fisik, mental dan sosial yang sejahtera.

Sehat berarti bahwa seseorang dianggap ‘sehat’ ketika dia:

  • Bugar secara fisik
  • Mental stabil
  • Mampu berfungsi secara damai dan efektif di masyarakat
  • Mampu untuk melakukan fungsi harian di rumah dan di tempat kerja
  • Mampu menjalani kehidupan sosial dan ekonomi secara produktif serta hidup dengan puas.

Saat ini paradigma sehat menjadi bermakna lebih luas. Kesehatan tidak hanya diartikan sebagai kondisi tidak sakit dan bebas kelemahan. Jauh lebih dari itu. Kesehatan diartikan sebagai kondisi tubuh paling terbaik dengan berbagai latar-belakang keadaan yang ada.

Banyak budaya Asia percaya bahwa “kesehatan” berarti “pikiran yang sehat, dalam tubuh yang sehat, dalam keluarga yang sehat, dalam lingkungan yang sehat”. Disinilah pentingnya memperhatikan tubuh, pikiran, keluarga dan lingkungan secara menyeluruh demi tercapai kehidupan sehat bagi semua.

Jika belum sakit maka lakukan upaya pencegahan supaya tidak sakit. Jika mengalami sakit maka lakukan pengobatan supaya sehat. Pengobatan pada penyakit kronis ditujukan untuk memelihara fungsi tubuh dimana perjalanan penyakit lebih terkontrol, serta mencegah komplikasi sehingga penyandang bisa tetap hidup dengan baik. 

Sebagian besar penyakit kronis bisa dicegah dengan pola makan sehat, gaya hidup aktif, istirahat teratur, kelola stres, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin serta menghindari rokok, alkohol dan NAPZA. Penyakit menular bisa dicegah dengan melindungi diri dari kuman penyakit seperti melengkapi imunisasi memakai vaksin sesuai kebutuhan, jaga kebersihan makanan, cuci tangan pakai sabun, jangan berbagi barang pribadi, jaga sanitasi lingkungan dan melakukan hubungan seksual secara aman. 

Baca juga artikel tentang PHBS dan Aksi CERDIK sebagai ikhtiar pencegahan berbagai penyakit. 

Ada banyak faktor kondusif mendukung kesehatan yang baik dengan memilih gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat dapat mencegah banyak penyakit, atau menunda timbulnya dan meringankan keparahan penyakit yang ada. Jika seseorang menjaga kesehatannya, dia cenderung jarang jatuh sakit. Namun, jika penyakit tetap timbul maka perawatan dengan manajemen kesehatan secara tepat dapat membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri, mengontrol keluhan gejala, memperlambat perburukan atau mencegah timbul komplikasi.

Tidak semua penyakit bisa dicegah, namun dengan secara aktif memilih gaya hidup sehat berkelanjutan akan bantu menurunkan risiko mengalami sakit. Manusia memiliki peran dalam membuat pilihan di hidupnya. Pilih pilihan-pilihan sehat supaya mampu menikmati hidup. Pilihan-pilihan sehat ini dimungkinkan jika seseorang mampu melakukan perawatan diri dengan benar. Dengan perawatan diri, kita dapat mengendalikan kesehatan secara menyeluruh sehingga dapat menjalani kehidupan yang aktif dan sehat!

SmartSelectImage_2019-03-25-08-06-16-01

Hidup sehat seimbang selaras dengan alam lingkungan sekitar (sumber gambar CDC)

Perawatan Diri

WHO telah mendefinisikan “perawatan diri” sebagai “kemampuan individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, menjaga kesehatan, dan untuk mengatasi penyakit dan kecacatan dengan atau tanpa dukungan dari penyedia layanan kesehatan”.

Ada 3 faktor penting berkontribusi pada perawatan diri sehingga bisa menunjang kesehatan secara umum, yaitu:

  1. pola makan
  2. olahraga latihan fisik
  3. kondisi pikiran dan mental emosional

Lingkup perawatan diri meliputi:

  • promosi kesehatan
  • pencegahan dan pengendalian penyakit
  • pengobatan diri sendiri secara tepat
  • memberikan perawatan kepada orang-orang yang membutuhkan
  • mencari perawatan ke pusat pelayanan kesehatan, rumah sakit atau rujukan spesialis saat diperlukan
  • rehabilitasi
  • perawatan paliatif
Perawatan diri mencakup dengan edukasi tentang kesehatan dari sumber terpercaya sehingga bisa melakukan langkah-langkah preventif secara nyata. Jika sakit diharapkan mampu melakukan pengobatan secara rasional, termasuk periksa ke tenaga kesehatan berkompeten tepat waktu. Pada kondisi mengalami sakit atau cidera mampu melakukan langkah rehabilitatif untuk memulihkan fungsi tubuh kembali. Perawatan paliatif dilakukan untuk memberi pengobatan atas ketidaknyamanan gejala, dan stres akibat penyakit serius. 

Setiap orang ingin tetap memiliki tubuh kuat, energik dan sehat hingga seumur hidupnya. Stamina, daya tahan dan terbebas dari kesakitan bisa memungkinkan kita melakukan ibadah, beraktivitas, merawat diri sendiri, mengurus orang lain yang menjadi tanggung jawab kita dan aktualisasi diri memberi kemanfaatan ke dunia sekitar.

Manusia memiliki peran aktif membuat pilihan sehat dalam hidupnya. Jaga tubuhmu sebab tubuh ini menjadi satu-satunya rumah bagi ruhmu selama hidup di dunia.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.