Kesehatan Wanita

Tips Cara Cepat Hamil

TIPS CARA CEPAT HAMIL

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba untuk meningkatkan kemungkinan hamil:

  1. Periksa Kesehatan ke Dokter

Pemeriksaan kesehatan sebelum kehamilan bermanfaat untuk mengetahui kondisi tubuh dan mendeteksi permasalahan kesehatan. Sampaikan riwayat penyakit, gaya hidup, riwayat kesehatan serta obat/suplemen yang rutin dikonsumsi. Stop pemakaian alat KB untuk mengembalikan kesuburan. Kontrol kesehatan gigi secara teratur di dokter gigi. Tenaga kesehatan bisa memberikan berbagai nasehat serta arahan perubahan gaya hidup untuk lebih sehat. Pasangan yang sehat akan lebih cepat hamil. Baca tentang Persiapan Kehamilan disini.

  1. Buat rencana demi kehamilan sehat

Beberapa poin dalam perencanaan kehamilan sehat ini meliputi:

  • membuat target kehamilan disesuaikan dengan kondisi kehidupan saat ini
  • makan makanan sehat bergizi seimbang
  • lakukan aktivitas fisik dan teratur berolahraga secara aman
  • jaga berat badan sehat ideal terhadap tinggi badan
  • mengkonsumsi asam folat 400 mikrogram/hari untuk mencegah kecacatan mayor pada sistem saraf pusat janin
  • melindungi diri dari penyakit menular seksual
  • lakukan tindakan pencegahan infeksi
  • hindari zat kimia, logam dan material beracun yang ada di lingkungan sekitar
  • lengkapi imunisasi menggunakan vaksin sesuai kebutuhan
  • manajemen stress dan gangguan mental emosional lainnya
  • berhenti merokok dan jauhi paparan rokok
  • hindari pemakaian obat tanpa petunjuk dokter
  • hindari konsumsi alkohol
  • hentikan kekerasan terhadap perempuan dan kekerasan dalam rumah tangga
  • manajemen permasalahan kesehatan yang ada seperti asma, diabetes, hipertensi, dan kondisi penyakit lainnya
  • lalukan pemeriksaan kesehatan secara rutin termasuk tes pap smear
  1. Kenali waktu ovulasi

Catat jadwal menstruasi dan kenali waktu ovulasi. Ibu hanya mengalami satu kali ovulasi dalam sekali siklus menstruasi. Ibu bisa mengenali waktu ovulasi dengan cara merekam suhu temperatur basal tubuh dan perubahan lendir vagina. Mencatat pola ini akan membantu mengetahui waktu perkiraan ovulasi. Saat ini juga tersedia ovulation predictor kit yang mengenali waktu ovulasi dari kadar hormon di urin atau perubahan kadar klorida di saliva atau di kulit. Mengenali perkiraan waktu ovulasi bisa digunakan untuk menentukan jadwal berhubungan seksual bersama suami sehingga kesempatan cepat hamil lebih besar. Jika jadwal menstruasi tidak teratur sebaiknya konsultasikan ke dokter.

  1. Melakukan hubungan seksual di hari yang tepat

Berhubungan seksual di masa subur akan meningkatkan kesempatan untuk hamil. Masa subur seorang wanita yaitu 3 hari sebelum ovulasi dan di hari terjadi ovulasi. Umur sel sperma sekitar 3 – 7 hari di dalam saluran reproduksi wanita. Umur sel ovum hanya sekitar 1 hari (12 – 24 jam) saja. Lakukan hubungan seksual pada dua hari sebelum terjadi ovulasi dan di hari terjadinya ovulasi. Lakukan hubungan seksual secara teratur setiap 2 – 3 hari sekali akan membantu memperbanyak kemungkinan untuk hamil.

  1. Bantu kerja sperma supaya prima

Sperma yang prima akan bekerja dengan cepat tepat untuk membuahi sel telur sehingga jaga supaya sperma sehat, kuat dan produksinya berlimpah. Makan makanan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan energi, makronutrisi dan mikronutrisi. Jaga berat badan supaya sehat ideal terhadap tinggi badan. Hindari rokok, NAPZA dan alkohol. Jangan berendam air panas atau sauna sebab testis bekerja baik pada suhu 34-35°C. Sperma membutuhkan waktu untuk perbaikan. Perubahan gaya hidup sekarang akan berkontribusi untuk kualitas sperma 3 bulan ke depan.

  1. Berdoa dengan tulus ikhlas

Terus panjatkan doa dengan tulus ikhlas. Percaya bahwa Allah akan Memberikan rejeki anak pada saat yang tepat. Hal ini akan membantu tetap gembira, rileks serta jauh dari tekanan stress negatif. Stres psikologis juga beban pikiran akan mempengaruhi hasrat seksual serta relasi hubungan dengan pasangan sehingga makin menyulitkan usaha untuk punya anak.

Rileks! Rileks! Rileks! Tuntutan sosial serta target pribadi untuk memiliki anak terkadang membuat pasangan sangat stress. Stress bisa mempengaruhi kesuburan. Cobalah rileks dan berserah, semakin rileks kemungkinan berhasil bisa semakin tinggi. Ada 8 dari 10 pasangan berhasil hamil dalam waktu 6 bulan setelah mencoba tips di atas. Pasangan muda yang sehat memiliki kemungkinan hamil sekitar 20% dalam satu siklus menstruasi, sekitar 85% akan hamil setelah mencoba selama 1 tahun. Sebaiknya berkonsultasi ke ahli infertilitas jika anda bersama pasangan telah mencoba namun belum juga bisa hamil. 

Baca artikel tentang Kondisi Sulit Hamil disini

kehamilan4.jpg

Tulisan ini hadir berkat kerjasama antara dr. Annisa Karnadi dengan dr. Noorma Rina Hanifah, Sp.OG

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.