Kesehatan Wanita

Persiapan Kehamilan

PERSIAPAN KEHAMILAN

Hadiah terindah bagi sang generasi penerus kehidupan: memulai dengan awalan terbaik

Memiliki anak sebagai penerus keturunan menjadi salah satu tujuan pernikahan sebagian besar pasangan. Tentu saja setiap orang tua pasti menginginkan hal terbaik bagi anak-anaknya. Jika kita berbicara tentang kehamilan maka pilih persiapan diri terbaik sejak dini, supaya anak mendapatkan banyak kebaikan sedari awal kehidupannya. Saat ini, semua keputusan ayah-ibu bisa memberikan dampak bagi kehidupan calon anak, bahkan hingga kelak di masa tua mereka.

Perawatan kesehatan dan kondisi kesehatan pra-kehamilan merupakan cara untuk fokus mempersiapkan kehamilan sebelum hamil atau diantara kehamilan supaya kesempatan melahirkan anak sehat lebih besar. Setiap kehamilan harus dipersiapkan sebaik mungkin, mau itu anak pertama, kedua, ketiga atau seterusnya.

Berikut ini langkah penting untuk dijalani:

Keluarga Berencana

Memiliki anak tentunya harus direncanakan sebaik mungkin. Seribu hari pertama kehidupan dimulai di hari pertama pembuahan akan membawa pengaruh sangat besar bagi masa depan seorang manusia. Tubuh sehat dengan perencanaan keluarga matang sangat penting untuk proses kehamilan dan persalinan sehat. Terlebih setiap anak berhak atas kehidupan layak supaya bisa bertumbuh kembang optimal. Merencanakan kehamilan sehat artinya memberikan awalan terbaik bagi sebuah kehidupan baru. Jika berencana hamil maka lakukan langkah-langkah untuk kehamilan sehat dan bayi yang sehat.

Periksa ke Dokter

Kondisi kesehatan ibu sangat berpengaruh pada kehamilan. Segera periksa ke dokter untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum hamil. Dokter akan mendiskusikan  riwayat kesehatan dan kondisi kesehatan terkini termasuk pengobatan rutin, vaksinasi dan langkah pencegahan kecacatan anak. Diskusikan juga permasalahan kehamilan sebelumnya dan hal-hal yang ingin Anda pastikan keamanannya bagi kehamilan (gaya hidup, nutrisi, produk perawatan kecantikan, obat, jamu, suplemen dan lainnya). 

Konsumsi obat dengan bijak. Ibu dengan riwayat penyakit kronis sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dalam perencanaan kehamilan. Beberapa kondisi termasuk:

  • penyakit menular seksual
  • diabetes
  • penyakit tiroid
  • hipertensi 
  • phenylketonuria
  • gangguan kejang
  • gangguan makan
  • arthritis
  • penyakit kronis atau gangguan kesehatan lainnya

Pemakaian obat maupun jamu herbal bisa berpotensi menyebabkan kecacatan pada anak. Pengobatan rutin akan disesuaikan sehingga tidak membahayakan anak. Pastikan kondisi gangguan kesehatan yang dimiliki telah terkontrol dan diobati sebelum hamil. Perhatikan juga pemakaian obat bebas, jamu, herba, suplemen atau ramuan pengobatan alami lain. Semua yang ibu konsumsi bisa berpotensi mempengaruhi kehamilan. Berhati-hati sebelum terlambat tentu lebih baik.

Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sangat penting bagi calon ibu. Berhenti merokok, hindari paparan asap rokok. Hindari konsumsi alkohol, stimulant, NARKOBA. Lakukan hubungan seks secara aman. Jaga berat badan dan status gizi baik. Lengkapi status imunisasi menggunakan vaksin sesuai kebutuhan.

Investasi Nutrisi Calon Ibu

Makanan yang ibu makan bukanlah sekedar pengisi perut, sebab setiap suapan bisa menjadi penuh arti. Konsumsi aneka ragam bahan makanan bergizi seimbang yang mudah terjangkau. Makanan bergizi bukan berarti makanan mahal kekinian. Ada banyak bahan makanan lokal yang kaya nutrisi mudah dijangkau dari lingkungan sekitar. Olah makanan sesuai kaidah gizi sehingga aman dikonsumsi. Perhatikan asupan energi, asam folat, zat besi, kalsium, yodium serta protein. Hindari bahan pangan berbahaya. Dokter akan meresepkan asam folat 400 mikrogram setidaknya sejak 1 bulan sebelum kehamilan hingga masa kehamilan untuk mencegah kecacatan mayor pada otak dan sumsum tulang belakang anak.

Menjaga Kebugaran Fisik Prima

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehamilan dan persalinan merupakan kerja fisik. Olah tubuh supaya memiliki kesehatan fisik prima. Lakukan gaya hidup sehat aktif dengan rutin melakukan gerak jasmani. Aktivitas fisik bantu jaga kebugaran tubuh, menambah energi dan membuat ibu lebih sehat. Lakukan aktivitas fisik secara aman . Olahraga latihan fisik harus dilakukan dengan aman, baik, benar, terukur dan teratur secara berkelanjutan. Jika ibu tidak aktif maka sekarang saatnya menambahkan kebiasaan olahraga secara teratur. Lakukan secara bertahap hingga bisa mampu memenuhi target rekomendasi waktu sekitar 150 menit dalam satu minggu sesuai kondisi tubuh.

Perencanaan Karir dan Pekerjaan

Bagi seorang wanita karir, perencanaan kehamilan akan sangat bermanfaat. Memiliki anak bukan halangan untuk tetap aktualisasi diri mengembangkan karir pekerjaan, namun tentunya akan butuh penyesuaian. Mulai bekali diri dengan informasi tentang kebijakan peraturan di tempat kerja serta fasilitas penunjang bagi ibu bekerja. Seimbang antara menjadi ibu dan wanita karir memang butuh perjuangan ekstra, namun bukan hal yang tak mungkin.

kehamilan-dan-ibu-bekerja.jpg

Jika dihitung secara materi, tentunya tidak ada yang benar-benar siap menjadi orang tua. Lagipula anak tidak butuh orang tua sempurna. Anak membutuhkan kedua orang tua yang siap untuk mengambil tanggung jawab komitmen mengasuh, mencintai, merawat juga mau terus belajar menjadi lebih baik. Ikhtiar terbaik di masa persiapan kehamilan akan menjadi investasi tak ternilai hingga kelak di masa depan.

Kondisi kesehatan hingga potensi kesejahteraan anak di masa mendatang bergantung pada kedua orang tua, bahkan sebelum kehamilan terjadi. Inilah yang disebut sebagai kesempatan emas seribu hari pertama kehidupan.

Tulisan ini hadir berkat kerjasama antara dr. Annisa Karnadi dengan dr. Noorma Rina Hanifah, Sp.OG

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.