Kesehatan Wanita

Mengidam Makan Saat Hamil

IBU HAMIL MENGIDAM MAKANAN

Kehamilan mempengaruhi nafsu makan. Seringkali ibu jadi suka makanan tertentu atau juga tidak suka makan makanan tertentu. Ibu hamil terkadang mengidam ingin makan makanan yang bisa makanan favorit di masa kecil, makanan daerah atau bahkan makanan langka. Penyebab pasti mengidam sebenarnya belum diketahui. Penyebab mengidam, perubahan nafsu makan dan sebaliknya tidak suka makanan tertentu kemungkinan bisa disebabkan pengaruh hormon kehamilan.

Namun, tetap harus jaga diri serta makan dengan penuh kesadaran ya. Senang es krim bukan berarti artinya badan membutuhkan banyak lemak. Tidak senang makan sayur bukan berarti badan tidak membutuhkan serat, vitamin serta mineral.

BOLEH menuruti keinginan makan selama makanan aman serta keseimbangan asupan gizi tetap tercukupi. Pastikan tetap memakan makanan yang tidak membahayakan kehamilan dan masih terkendali sesuai rekomendasi pedoman gizi seimbang bagi ibu hamil. Dengan demikian, ibu tetap bisa menuruti keinginan mengidam makanan tertentu tanpa menganggu keseimbangan nutrisi tubuh. Komunikasikan bersama dokter dan tenaga kesehatan berkompeten jika ibu ragu keamanan makanan tersebut.

JANGAN menjadikan mengidam sebagai alasan untuk lepas kontrol kemudian makan tidak terkendali, misalnya makan es krim satu liter atau martabak porsi jumbo. Tetap batasi untuk memakan makanan tinggi kalori serta miskin nutrisi seperti permen, es krim, coklat, keripik, kerupuk, dll. Jika godaaan makan makanan tinggi kalori -miskin nutrisi ini muncul maka cobalah alihkan perhatian pikiran dengan aktivitas lain seperti membaca buku, jalan kaki, menulis atau hobi menyenangkan lain. Jaga peningkatan berat badan supaya tetap sehat sesuai kondisi ibu. Jangan sampai mengidam di luar batas kewajaran yang justru membahayakan kondisi kesehatan ibu atau anak. Jika perlu konsultasikan bersama dokter dan ahli gizi berkompeten.

Mengidam Makanan Tidak Normal

Sampaikan ke dokter jika ibu mengidam makanan tidak normal, contohnya ingin memakan benda-benda yang aneh, bukan makanan dan bahkan berbahaya. Mengidam tidak normal ini contohnya mengidam makan tanah liat, batu bata, kotoran, baking soda, tepung mentah, es batu atau bunga es di freezer, debu, beras mentah, kertas, rambut dan lainnya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh pica. Segera sampaikan pola makan tidak normal ini pada dokter anda. Pica bisa menjadi berbahaya.

Apakah berbahaya jika mengidam tidak kesampaian?

Tidak kesampaian mengidam sering dikaitkan dengan bayi keluar air liur. Faktanya semua bayi bisa keluar banyak air liur “ngeces” hingga usia 2 tahun namun tanpa gangguan kesehatan. . Menurut IDAI kondisi ini disebabkan kemampuan bayi dalam proses menelan dan kontrol terhadap pengeluaran air ludah masih berkembang. Kondisi ini akan menjadi sempurna seiring bertambahnya usia. Ngeces dapat juga merupakan gejala dari beberapa kondisi seperti keterlambatan perkembangan dan konsumsi obat-obatan tertentu yang berlebihan. Bayi yang keluar air liur tidak normal akibat gangguan beberapa kondisi kelainan kesehatan ini akan diterapi lebih lanjut bersama tim medis.

Ibu hamil biasanya mengidam makanan manis, asin, makanan siap saji, berkalori tinggi atau minuman tertentu. Jika makanan idaman sulit didapatkan, misalnya tiba-tiba di tengah malam ibu mengidam camilan asli daerah sementara saat ini tinggal di luar negri atau tinggal di daerah terpencil lalu mendadak mengidam makanan gerai tertentu maka otomatis akan sulit kesampaian makan. Tidak ada hubungannya ibu hamil tidak keturutan mengidam dan bayi ngeces. Kecuali jika ibunya mengidam akibat kelaparan tidak dapat makanan atau kurang asupan makanan bergizi seimbang saat hamil, maka tentu saja akan bisa mempengaruhi kualitas kesehatan anak secara umum. Jadi, poinnya pada memastikan terpenuhi kecukupan asupan makanan sehat bergizi seimbang pada ibu hamil.

Biasanya sinyal mengidam ini timbul ketika tubuh sedang membutuhkan asupan nutrisi spesifik, bukan makanan khusus. Mengidam berlebihan juga bisa terjadi akibat kondisi kurang gizi kurang asupan makanan, rangsangan bau atau juga gangguan mental emosional. Kondisi ini harus segera diatasi dengan bantuan dokter serta ahli berkompeten. Mengidam makanan tinggi kalori berlebihan hingga mengalami kenaikan berat badan kehamilan secara berlebihan juga tidak bagus bagi kesehatan. Mengidam makan bukan-makanan atau bahan makanan tidak lazim justru bisa sangat membahayakan kesehatan ibu dan anak.

Makan sehat saat hamil

Jika tidak kesampaian mengidam pun ibu tetap bisa melewati masa kehamilan secara sehat, bahagia dengan pengalaman positif tak terlupakan.

Memang menyenangkan jika suami atau keluarga perhatian bantu menyediakan menu makanan idaman. Namun, jauh lebih penting untuk memastikan ibu memakan aneka ragam bahan makanan secara aman untuk memenuhi kebutuhan asupan energi, nutrisi makro dan nutrisi mikro saat hamil. Bagi suami, keluarga dan kerabat juga ada banyak cara untuk memberikan perhatian kepada ibu hamil, termasuk memastikan ibu makan dengan sehat. Jangan lupa periksa kontrol asupan gizi juga kesehatan kehamilan secara teratur bersama dokter Anda. Segera sampaikan keluhan ini kepada dokter, termasuk jika mengalami permasalahan makan atau khawatir dengan asupan makanan.

Tulisan ini hadir berkat kerjasama antara dr. Annisa Karnadi dengan dr. Noorma Rina Hanifah, Sp.OG

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.