Kesehatan Wanita

Cara Mengatasi Keluhan Mudah Capek dan Lelah Pada Ibu Hamil

MUDAH CAPEK SAAT HAMIL

Kelelahan mudah capek menjadi keluhan umum selama kehamilan. Ibu hamil cenderung lebih mudah capek bahkan saat melakukan aktivitas yang dulunya biasa saja. Beberapa wanita mungkin merasa capek, sementara beberapa lainnya mungkin merasa lelah tidak bergairah sama sekali. Derajat kelelahan bervariasi, namun pada hampir semua ibu hamil akan merasa lebih mudah capek dari biasanya dibandingkan sebelum masa kehamilan. Kelelahan selama kehamilan paling sering terjadi selama trimester pertama. Kondisi kelelahan cenderung hilang selama trimester kedua, tetapi biasanya akan kembali muncul pada trimester ketiga.

Kelelahan Selama Kehamilan Trimester Pertama

Perubahan hormonal di tubuh ibu hamil kemungkinan menjadi penyebab munculnya kelelahan. Tubuh memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi ke janin yang sedang tumbuh dalam rahim. Kadar gula darah dan tekanan darah juga lebih rendah. Hormon, terutama peningkatan kadar progesteron, memberi efek samping jadi mudah mengantuk. Mual, sulit makan terlebih jika disertai muntah juga membuat ibu lebih mudah merasa capek.

Selain perubahan fisik, perubahan emosional dapat berkontribusi terhadap penurunan energi. Ibu hamil cenderung mudah cemas, terlepas dari apakah kehamilan itu direncanakan atau tidak direncanakan. Ibu khawatir tentang kesehatan bayi, kesehatan ibu, kesejahteraan keluarga atau bahkan mengalami perasaan negatif yang bertentangan tentang kehamilan sehingga menjadi kurang bergairah. Kondisi perubahan perasaan emosional bisa mempengaruhi kebugaran fisik. Perubahan fisik tertentu bisa menjadi bagian alami dari kehamilan. 

Kelelahan Selama Kehamilan Trimester Kedua

Trimester kedua biasanya keluhan kelelahan membaik. Trimester yang menyenangkan dimana inilah saatnya memperbarui energi. Banyak hal bisa ibu lakukan. Banyak wanita memanfaatkan waktu ini selama kehamilan untuk menyelesaikan tugas-tugas penting, karena tingkat energi kemungkinan akan menurun lagi pada trimester ketiga. Ibu juga bisa memulai untuk lebih giat melakukan aktivitas fisik. Namun tetap saja kondisi tubuh ibu hamil tidak selincah sebelumnya sehingga tetap berhati-hati resonsif melihat kemampuan tubuh.

Kelelahan Selama Kehamilan Trimester Ketiga

Pada akhir kehamilan, kemungkinan besar ibu akan mulai merasa lebih mudah capek kelelahan lagi. Perut semakin membesar, tubuh terasa berat, pinggang sakit, gangguan asam lambung, sering kencing, kaki kram, restless legs syndrome, sulit tidur. Ibu juga sering terbangun akibat tendangan bayi atau ingin kencing di malam hari.

Cara Mengatasi Badan Mudah Capek Kelelahan

Mudah capek dan lelah merupakan tanda bahwa ibu hamil membutuhkan kesempatan untuk beristirahat. Berikut ini hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan:

1. Periksa kontrol kesehatan kehamilan secara teratur

Waspada dengan anemia, depresi atau kondisi lain yang menyebabkan kelelahan tidak normal. Periksa kontrol kehamilan secara rutin memastikan kondisi kehamilan terjaga sehat. Komunikasikan keluhan-keluhan yang ibu alami bersama dokter atau bidan. Lakukan pemeriksaan kehamilan yang diperlukan. Tanyakan hal-hal penting untuk diperhatikan serta dilakukan supaya ibu bisa tetap sehat.

2. Istirahat

Pastikan ibu bisa meluangkan waktu berbaring untuk istirahat saat sedang merasa kelelahan ini. Beristirahat di siang hari, tidur jika bisa tidur siang dan duduk bersantai jika tidak bisa tidur. Tidur lebih cepat di malam hari. 

3. Sesuaikan jadwal aktivitas harian

Introspeksi diri apakah padatnya jadwal aktivitas harian menjadi penyebab ibu semakin mudah capek. Jika aktivitas sangat mengganggu kesehatan, maka ini saatnya untuk menyusun ulang jadwal menyesuaikan kondisi kehamilan. Hindari mengambil tanggung jawab pekerjaan ekstra. Minta bantuan orang lain untuk melakukan tugas pekerjaan di kantor atau di rumah. Berbagi tugas dengan suami dalam mengurus pekerjaan rumah tangga. 

4. Makan makanan bergizi seimbang

Kelelahan bisa terjadi jika ibu kurang gizi atau mengalami anemia. Pastikan konsumsi beraneka ragam bahan makanan bergizi seimbang untuk memberi energi dalam beraktivitas harian. Konsumsi bahan makanan sumber kalori, protein dan zat besi yang menyehatkan ibu hamil. Makanan bergizi bukan berarti bahan pangan mahal sulit terjangkau. Ada banyak pilihan bahan makanan bernutrisi tinggi yang mudah terjangkau di lingkungan. Pastikan kecukupan asupan air putih sebab dehidrasi bisa membuat ibu lemas juga berbahaya bagi kehamilan.

5. Lakukan aktivitas fisik secara aman

Kehamilan bukan halangan untuk hidup aktif, namun lakukan penyesuaian supaya aman. Berolahraga secara rutin. Lakukan olahraga latihan fisik intensitas ringan hingga sedang seperti jalan kaki 30 menit sehari. Olahraga sangat baik bagi ibu hamil, kecuali jika dokter melarang ibu untuk melakukan aktivitas fisik dan olahraga. Responsif memahami kondisi serta kemampuan tubuh ibu saat masa hamil ini. Dengarkan tubuh Anda dan jangan memaksakan diri.

kehamilan5.jpg

Mudah capek memang sangat mengganggu, terlebih jika sebelumnya ibu tipe wanita energik yang bersemangat dengan segudang aktivitas. Pada kondisi umum, tubuh ibu akan semakin membaik. Mendengarkan keinginan tubuh untuk lebih banyak beristirahat sesuai kebutuhan akan baik bagi janin serta kesehatan ibu.

Sampaikan keluhan ini kepada dokter, terutama jika rasa capek terasa mengganggu. Beberapa kondisi bisa disebabkan oleh hiperemesis gravidarum, anemia, depresi, chronic fatigue syndrome atau penyebab lain. Kontrol periksa rutin ke dokter sehingga kesehatan terpantau dengan baik. Dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah terdapat anemia. Segera periksa konsultasi ke dokter akan bantu mengetahui penyebab keluhan dan cara mengatasi keluhan yang mengganggu Anda.

Tulisan ini hadir berkat kerjasama antara dr. Annisa Karnadi dengan dr. Noorma Rina Hanifah, Sp.OG

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.