Kesehatan Umum

Bahaya Stres Bagi Kesehatan

STRES DAN KESEHATAN TUBUH

Stres adalah bagaimana tubuh bereaksi secara fisik maupun emosional terhadap situasi perubahan hidup tertentu, seperti ancaman bahaya dadakan atau tantangan jangka panjang.

Stres pada kondisi tertentu menjadi bagian normal dalam perasaan manusia. Tubuh memberikan reaksi untuk bertahan hidup. Pada situasi penuh tekanan ini tubuh melepaskan zat kimia yang disebut hormon, seperti adrenalin. Adrenalin memberi ledakan energi yang membantu tubuh untuk mengatasi dan merespons stres. Contohnya ketika sebuah mobil berhenti mendadak di depan, sentakan adrenalin ini membantu Anda dengan cepat menginjak rem untuk menghindari kecelakaan.

Contoh stres lainnya:

  • stres akibat rutinitas harian contohnya seperti tekanan di sekolah, tempat kerja, keluarga atau tugas tanggung jawab harian lain.
  • stres akibat peristiwa negatif mendadak contohnya seperti kehilangan pekerjaan, perceraian, sakit atau lain.
  • stres akibat peristiwa traumatik contohnya seperti mengalami bencana alam, kecelakaan, perang, percobaan pembunuhan atau peristiwa lain dimana kondisi ini berisiko menyebabkan luka atau kematian.

Stres dapat berkisar dari kondisi ringan dan jangka pendek hingga stres lebih ekstrem terjadi dalam waktu lama. Semua orang pernah mengalami stres, bahkan bayi baru lahir sekalipun bisa merasa stres. Stres bisa terjadi akibat berbagai pencetus. Orang-orang tertentu bisa mengatasi situasi stres dengan lebih baik dan lebih sukses, sementara yang lain tidak bisa keluar dari kungkungan situasi stresnya. Stres kronis (jangka panjang) dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara mental dan fisik.

Baca juga tanda gejala stres disini

Stres secara normal berfungsi penting bagi homeostasis sel dan spesies dalam kelangsungan hidup di alam. Banyak faktor penting berperan dalam tubuh merespons stres meliputi hormon, mediator neuroendokrin, peptida dan neurotransmiter. Respons biologis ini bisa muncul akibat pemicu stres dari dalam maupun luar tubuh. Respons tubuh ada berbagai bentuk mulai dari perubahan homeostasis hingga kondisi yang bisa merusak tubuh menimbulkan berbagai penyakit atau bahkan kematian.

Bahaya Stres Kronis

Masalah kesehatan dapat terjadi jika respons stres berlangsung terlalu lama atau menjadi kronis akibat sumber stres konstan atau jika respons tubuh terus berlanjut meski setelah bahaya mereda. Pada stres kronis respons-respons dalam tubuh yang semula bermanfaat akan dapat menekan sistem kekebalan, pencernaan, pola tidur dan reproduksi yang dapat menyebabkan gangguan fungsi secara normal. Sumber stres konstan ini seringkali sulit dikenali sebab bisa jadi terkesan sepele serta ringan. Namun, respons tubuh secara terus-menerus dari sumber stres rutin ini akan menimbulkan kerusakan hingga menjadi salah satu faktor risiko penyebab penyakit kronis seperti:

  • penyakit jantung
  • hipertensi
  • diabetes
  • gangguan pencernaan
  • permasalahan nyeri
  • gangguan mental emosional

Cara Mengatasi Stres

Setiap manusia pasti akan menemukan kondisi stres yang menyebabkan tekanan hidup. Stres bisa diatasi. Anda bisa mengambil langkah positif untuk menangani stres: 

  1. Tidur yang cukup
  2. Lakukan teknik relaksasi
  3. Gaya hidup sehat aktif dengan rutin melakukan olahraga latihan fisik secara aman
  4. Buat prioritas dan susun rencana terorganisir
  5. Berpikir positif
  6. Bangun dukungan sosial yang positif
  7. Segera cari pertolongan ahli dan tenaga kesehatan berkompeten 

Ada banyak cara untuk mengelola stres dengan baik termasuk mengidentifikasi pemicu stres, mempelajari teknik relaksasi, melakukan perubahan gaya hidup dan mencari dukungan positif dari orang lain. Jika Anda merasa kewalahan oleh stres dan tidak mampu mengatasinya maka segera periksa konsultasikan dengan konselor atau profesional kesehatan. 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.