Nutrisi dan Kebugaran

Diet Sangat Rendah Kalori

Diet Sangat Rendah Kalori

Diet sangat rendah kalori (very low calorie diet) mengatur asupan kalori dengan ketat dimana hanya dibatasi 800 kalori/hari. Kondisi ini akan menurunkan berat badan dengan sangat cepat lebih dari 1 kilogram per minggu. Diet ini dilakukan jika ada indikasi medis seperti pada pasien obesitas yang akan menjalani operasi plastik, terapi infertilitas atau atas indikasi kesehatan lain. Namun, tetap saja diet ini bukan pilihan pertama untuk dilakukan dalam proses penurunan berat badan dan harus dipantau ketat oleh ahli berkompeten.

Diet sangat rendah kalori luar biasa ekstrim sehingga harus dilakukan dengan pemantauan ketat dokter dan ahli gizi berkompeten. Pada diet sangat rendah kalori akan diresepkan makanan khusus dalam bentuk susu formula, shake, camilan, bubur dan sup khusus untuk menggantikan makanan reguler. Resep makanan khusus ini digunakan untuk memastikan tidak terjadi kekurangan asupan nutrisi serta tercapai target pembatasan kalori. Para ahli tidak merekomendasikan diet ini melebihan 12 minggu. Diet sangat rendah kalori hanya dilakukan sementara, terkadang intermitten dengan diet rendah kalori. 

Diet sangat rendah kalori dilakukan pada orang dewasa obesitas yang harus menurunkan berat badan demi alasan kesehatan, namun juga bukan pilihan terapi pertama. Keuntungan penurunan berat badan bisa menurunkan risiko terjadinya komplikasi kegemukan seperti penyakit diabetes, hipertensi dan gangguan kolesterol. Kelebihan metode ini penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat membuat klien senang, bahagia dan optimis. Sebenarnya juga ada banyak pilihan lain yang lebih nyaman, sehat serta berkelanjutan untuk dijalani. 

Ada banyak risiko pola makan diet sangat rendah kalori. Efek samping penurunan berat badan terlalu drastis dalam waktu sangat cepat antara lain bisa menimbulkan:

  • mulut kering
  • pusing
  • sakit kepala
  • batu empedu
  • gout
  • kelelahan, badan lemah, mudah capek
  • sembelit atau justru mengalami diare
  • mual
  • kram
  • penipisan rambut, rambut rontok

Tidak semua orang bisa menjalani diet ini. Diet ini berbahaya bagi anak-anak, remaja, ibu hamil, ibu menyusui, lansia atau memiliki kondisi kesehatan khusus. Penurunan berat badan lebih dari setengah hingga satu kilogram dalam satu minggu tidak aman bagi sebagian besar orang. Penurunan berat badan secara drastis menyebabkan kehilangan massa otot, cairan tubuh dan kepadatan tulang. Orang yang mengalami penurunan berat badan secara drastis juga berisiko kembali mengalami naik berat badan dengan cepat. Periksa konsultasikan pemilihan pola makan lebih lanjut bersama dokter dan ahli gizi berkompeten.

Baca juga artikel berikut ini:

Anda bisa periksa konsultasi bersama dokter dan ahli gizi berkompeten terkait pengaturan pola makan lebih lanjut sesuai kebutuhan kondisi tubuh, jika mengalami permasalahan kesehatan atau jika memiliki riwayat penyakit khusus.

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.