Kesehatan Umum

Perawatan Kaki Diabetes

Perawatan Kaki Diabetes

Kaki diabetes adalah kelainan tungkai kaki bawah akibat kadar gula darah pada pasien dibetes yang tidak terkendali. Kelainan kaki diabetes melitus dapat disebabkan adanya gangguan pembuluh darah, gangguan persyarafan dan adanya infeksi. 

Gangguan kerusakan saraf kaki membuat penderita tidak bisa merasakan nyeri jika terjadi luka. Gangguan peredaran darah menyebabkan penurunan kekebalan tubuh, pasokan oksigen dan nutrisi ke kaki. Akibatnya kaki rentan mengalami infeksi. Jika terjadi luka maka sering tidak disadari dan pemulihan luka terhambat sehingga muncul komplikasi infeksi sekunder. Pada tahapan berat terjadi kematian jaringan yaitu gangren yang menyebabkan kaki harus segera diamputasi.

Cegah komplikasi sebelum terlambat. Perawatan paling penting yaitu mengecek kaki setiap hari untuk mendeteksi perubahan atau gangguan sedini mungkin. Atur jadwal tetap untuk mengecek kaki setiap hari.

Tips perawatan kaki:

  • Periksa kaki setiap hari, apakah ada kulit retak, melepuh, luka, perdarahan. Gunakan cermin untuk melihat bagian bawah kaki, atau minta bantuan orang lain untuk memeriksa. 
  • Cuci kaki memakai air dan sabun setiap hari lalu keringkan dengan seksama terutama sela-sela jari. 
  • Oleskan pelembab pada daerah kaki yang kering agar kulit tidak menjadi retak, tapi jangan disela-sela jari kaki karena akan lembab dan dapat menimbulkan jamur
  • Gunting kuku kaki lurus mengikuti bentuk normal jari kaki, tidak terlalu dekat dengan kulit, kemudian kikir dengan hati-hati agar ujung kuku tidak tajam. Jika kesulitan menggunting kuku atau mengatasi kapalan/callus maka segera minta tolong kepada petugas kesehatan berkompeten.
  • Pakai alas kaki sepatu atau sandal untuk melindungi kaki agar tidak terjadi luka. Selalu gunakan sepatu atau sandal yang baik, sesuai dengan ukuran dan enak untuk dipakai, dengan ruang sepatu yang cukup untuk jari-jari. Pilih alas kaki yang tidak licin saat berjalan. Pastikan tidak ada benda tajam (kerikil, duri, dll) di dalam sepatu sebelum menggunakannya.
  • Jika beli sepatu baru maka lakukan di petang hari ketika ukuran kaki lebih besar. Pilih sepatu yang pas nyaman dipakai. Gunakan sepatu baru secara perlahan seperti dua kali sepekan selang-seling dengan sepatu lama kemudian tambah frekuensi pemakaian. Lepas sepatu setiap 4-6 jam serta gerakkan  pergelangan  kaki dan jari-jari kaki agar sirkulasi darah tetap baik terutama pada pemakaian sepatu baru.
  • Pakai stocking atau kaos kaki untuk mencegah muncul lepuhan. Hindari pakai stocking dari nilon atau kaos kaki yang ketat sebab bisa mengganggu aliran sirkulasi darah ke kaki.
  • Jaga aliran sirkulasi darah ke kaki supaya tetap lancar. Sangga kaki hingga posisinya di atas saat beristirahat, gerak-gerakkan jari-jemari dan gerakkan kaki naik-turun.
  • Jika ada luka segera periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan secepatnya. 
  • Penyandang diabetes sebaiknya tetap rutin periksakan kesehatan kaki ke dokter setidaknya setahun sekali meski tanpa keluhan gejala kaki diabetes.

1551973422576

Perawatan kaki diabetes (sumber gambar Medline Plus)

Senam kaki dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot-otot kecil kaki dan mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki (deformitas). Latihan senam kaki dapat dilakukan dengan posisi berdiri, duduk, atau berbaring. Senam kaki dapat dilakukan dengan cara menggerakkan kaki dan sendi-sendi kaki misalnya berdiri dengan kedua tumit diangkat, mengangkat kaki dan menurunkan kaki. Gerakan dapat berupa gerakan menekuk, meluruskan, mengangkat memutar keluar atau kedalam. Selain itu gerakan mencengkram dan meluruskan jari-jari kaki juga menjadi bagian dari senam kaki diabetes. Latihan senam kaki diabetes dapat dilakukan setiap hari secara teratur, dimana saja. Bisa sambil bersantai bersama keluarga maupun menonton televisi. Minta dokter fisioterapis untuk mengajarkan cara melakukan senam kaki diabetes.

Lakukan gaya hidup sehat serta pengobatan diabetes secara rutin. Diabetes merupakan penyakit kronis. Pengobatan dilakukan untuk mengontrol penyakit supaya tidak menimbulkan keluhan, tidak terjadi komplikasi dan bisa meningkatkan kualitas hidup. Penyandang diabetes akan ditangani oleh tim tenaga kesehatan sehingga diharapkan mampu mendapatkan perawatan secara menyeluruh. Catat keluhan dan buat daftar pertanyaan setiap akan kontrol. Jalin komunikasi secara baik bersama tim kesehatan Anda. Lakukan pemeriksaan serta kontrol kesehatan secara teratur sesuai rekomendasi dokter. Minta dokter mengajarkan tata cara perawatan kaki diabetes dengan benar.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.