Kesehatan Umum

Keluhan Nyeri Tanpa Penyebab Yang Jelas

Keluhan Nyeri Tanpa Penyebab Yang Jelas

Banyak orang memiliki keluhan gangguan fisik yang menetap persisten, seperti pusing atau sakit lainnya, namun hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan kondisi fisik tubuh semua masih dalam batas normal. Contoh keluhan gejala bisa meliputi:

  • sakit kepala atau migrain
  • sakit punggung
  • sensasi nyeri tajam kesemutan di tangan atau kaki
  • tremor pada satu atau kedua lengan
  • perubahan penglihatan, seperti penglihatan kabur atau melihat lampu berkedip

Kondisi ini rentan dialami oleh beberapa kelompok, antara lain:

  • wanita
  • usia muda
  • riwayat memiliki penyakit atau mengalami infeksi
  • riwayat anggota keluarga sedang sakit atau meninggal
  • kondisi depresi, gangguan kecemasan

Banyak orang dengan keluhan gejala kelelahan, nyeri, jantung berdebar terkadang juga memiliki kondisi depresi atau gangguan kecemasan (anxietas). Nyeri dan depresi sangat berkaitan erat. Depresi bisa muncul menyebabkan rasa sakit. Sementara itu, nyeri kesakitan bisa menyebabkan muncul depresi. Selanjutnya terjadi lingkaran setan dimana rasa sakit memperburuk depresi kemudian depresi makin memperparah kondisi penyakit.

Terkadang keluhan nyeri yang dirasa juga bisa menjadi bagian dari sindroma seperti:

  • sindroma kelelahan kronis
  • irritable bowel syndrome
  • fibromyalgia

Tidak memahami secara pasti penyebab sakit dapat membuat penderita semakin tertekan dan sulit untuk mengatasi keluhan sakitnya. Ketika gejala keluhan misterius ini tampaknya disebabkan oleh masalah pada sistem saraf tetapi tidak memiliki kondisi neurologis tertentu, dokter dapat merujuk gejala Anda sebagai ‘gangguan neurologis fungsional’.

Dokter biasanya akan melakukan anamnesis riwayat sakit, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Jika hasil pemeriksaannya normal semua maka kemungkinan besar bisa terkait dengan gejala psikogenik. Jika tidak puas maka minta rujukan untuk pemeriksaan second opinion ke dokter ahli lebih lanjut.

Penanganan keluhan nyeri fisik yang terkait dengan kondisi depresi meliputi:

  • pengobatan antidepresi: obat antidepresi ternyata juga bisa untuk mengurangi rasa sakit sebab kedua kondisi (yaitu depresi dan nyeri) memiliki komponen kimiawi pembawa pesan yang sama di otak
  • psikoterapi
  • teknik relaksasi untuk manajemen stres: olahraga, latihan fisik, menulis, mempelajari kemampuan untuk mengatasi tekanan stres, strategi relaksasi lainnya sesuai kondisi kesehatan tubuh
  • program rehabilitasi nyeri secara menyeluruh

Banyak orang berhasil terbantu mengurangi nyeri kronis dengan teknik meditasi, relaksasi dan mengalihkan perhatian.

Luangkan waktu untuk beribadah, berdoa dan dzikir dengan khusyuk. Usahakan untuk tetap aktif dalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan sosial. Rasa sakit atau rasa takut akan rasa sakit dapat membuat orang berhenti melakukan hal-hal yang mereka sukai, mengasingkan diri dan menjauh dari lingkungan. Penting untuk tidak membiarkan rasa sakit menguasai hidup Anda. Ketahui batas kemampuan diri, kemudian teruslah hidup sehat aktif secara berkelanjutan disesuaikan kondisi Anda. Buat rencana tertulis tentang terapi, pengobatan maupun cara mengelola rasa sakit bersama tim dokter Anda. Jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas maupun kegiatan lebih dari yang bisa Anda tangani.

Tetap sehat dengan olahraga intensitas ringan seperti latihan peregangan, yoga, berjalan kaki dan berenang. Minta fisioterapis dan ahli olahraga berkompeten untuk mengajarkan gerakan yang tepat. Buat koneksi sosial bersama anggota keluarga, teman, tetangga juga bergabung dengan kelompok pendukung yang positif. Undang teman untuk makan siang atau buat pertemuan untuk makan bersama dengan karib-kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Dukungan sosial yang positif membuat seseorang mampu lebih kuat, lebih tangguh dan mengalami lebih sedikit depresi atau gangguan kecemasan. Minta bantuan ketika Anda membutuhkannya.

Jalani pola makan sehat bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian tubuh. Jangan merokok. Hindari alkohol. Batasi minum kopi. Latihlah diri menghadapi rasa sakit yang menyambar tiba-tiba atau nyeri yang enggan pergi dengan cara sehat yang positif. Temukan cara untuk mengalihkan pikiran dengan menonton film, berjalan-jalan, melakukan hobi atau mengunjungi museum. Pengalaman yang menyenangkan dapat membantu mengatasi rasa sakit.

Jangan kehilangan harapan. Minum obat sesuai petunjuk serta resep dokter. Tuliskan dalam buku tentang keluhan, pengobatan, aktivitas, suasana perasaan atau informasi penting sehari-hari. Segera periksa konsultasikan ke tim dokter jika mengalami efek tidak menyenangkan dari pengobatan, kekambuhan sakit atau muncul gejala baru. Perawatan medis secara menyeluruh meliputi fisik maupun psikologis yang tepat mampu menolong banyak orang belajar mengelola rasa sakit dan memikirkannya dengan cara yang berbeda.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.