Kesehatan Umum, Kesehatan Wanita

Kelemahan Otot Panggul

KELEMAHAN OTOT PANGGUL

Otot Panggul

Otot-otot dasar panggul terletak di antara tulang ekor (tulang ekor) dan tulang kemaluan di dalam panggul. Fungsi otot panggul untuk menopang organ panggul seperti usus rektum, kandung kemih, urethra juga pada wanita akan berfungsi menopang rahim dan vagina.

Sphincter sebuah pita otot melingkari uretra, vagina dan anus saat melewati dasar panggul. Ketika otot-otot dasar panggul berkontraksi maka organ-organ internal terangkat dan sfingter mengencangkan bukaan vagina, anus, dan uretra. Fungsi otot dasar panggul memungkinkan manusia mengatur proses buang air kecil, tinja dan kentut (udara). Pada wanita juga penting dalam meningkatkan kepuasan seksual.

Penyebab dan Faktor Risiko Kelemahan Otot Panggul

Penyebab umum dari dasar panggul yang melemah termasuk pertambahan usia, kehamilan, persalinan, perawatan kanker prostat pada pria, obesitas, penyebab terkait sembelit kronis dan pada kondisi jarang ada tumor di panggul. Banyak faktor bisa mengakibatkan kelemahan otot panggul, antara lain:

  • Proses kehamilan: otot harus menopang uterus yang terus semakin bertambah berat selama kehamilan
  • Proses persalinan normal: bisa terjadi peregangan otot, gangguan peredaran darah ke otot juga otot cidera atau bahkan robek parah saat dilewati tubuh bayi
  • Obesitas: tekanan dalam perut akan menambah beban otot panggul
  • Sembelit kronis: otot harus berupaya keras untuk melancarkan proses pengeluaran tinja
  • Batuk kronis terus menerus
  • Beberapa proses operasi yang mengakibatkan pemotongan otot (termasuk perawatan kanker prostat pada pria)
  • Kadar estrogen yang lebih rendah setelah wanita menopause

Harap diperhatikan bahwa memiliki faktor risiko belum tentu akan mengalami sakit dan tidak memiliki faktor risiko juga belum tentu bebas dari kemungkinan bisa sakit. Semua orang berisiko mengalami kelemahan otot panggul sehingga penting untuk meningkatkan kesadaran mengenali kondisi serta responsif melihat tanda-gejala tubuh sehingga bisa diatasi dengan tepat.

Tanda dan Gejala Kelemahan Otot Panggul

Keluhan tanda gejala dari dasar panggul yang melemah antara lain: 

  • mengompol, kesulitan menahan kencing, bocor sedikit urine saat batuk, bersin, tertawa atau olahraga
  • gagal menahan hajat buang kotoran hingga mencapai toilet 
  • mengompol, tapi bisa juga kesulitan kencing atau mengosongkan urin hingga tuntas
  • terjadi keluhan infeksi saluran kencing berulang
  • keluar angin dari anus atau vagina secara tidak terkendali saat membungkuk atau mengangkat
  • sensasi vagina berkurang sehingga sulit menikmati hubungan seksual
  • tampon terlepas keluar
  • ada tonjolan yang berbeda keluar dari pembukaan vagina
  • terasa sensasi tekanan yang berat atau sesuatu jatuh keluar dari vagina. 

Kehilangan kontrol kandung kemih dimana tidak bisa menahan kencing menjadi gejala umum dari kelemahan otot dasar panggul. Beberapa orang mengalami inkontinensia usus dimana tidak selalu dapat mengendalikan aliran angin atau tinja. Otot dasar panggul yang lemah juga dapat menyebabkan kesulitan seksual seperti sensasi vagina menjadi berkurang. 

Jika otot dasar panggul terus melemah maka organ-organ internal tidak lagi sepenuhnya tertopang sehingga juga tidak dapat mengendalikan keluarnya urin, feses, atau udara (kentut).

Pada kasus parah bisa terjadi pelepasan organ dalam sehingga kandung kemih dan rahim dapat meluncur keluar ke vagina. Ini disebut prolapsus organ pelvis, disebut prolapsus uteri jika rahim yang mengalami keluar. Terasa tonjolan berbeda pada vagina disertai nyeri yang dalam dan persisten sering menjadi tanda gejala prolapsus. Bisa juga terjadi cystocele, enterocele, rectocele, prolapsus uteri hingga prolapsus vagina. 

Segera periksa ke dokter jika ada salah satu atau lebih tanda kelemahan otot panggul.

Pemeriksaan dan Diagnosis Kelemahan Otot Panggul

Dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik dan bila diperlukan juga dilakukan pemeriksaan penunjang. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan pada perut, panggul, periksa dalam vagina dan periksa anus. Pemeriksaan dilakukan dalam posisi berbaring atau berdiri. Juga dilakukan tes batuk atau mengedan untuk melihat kebocoran urin. Pemeriksaan pengosongan kandung kemih. 

Terapi dan Tata Laksana Kelemahan Otot Panggul

Perawatan terapi kelemahan otot panggul sesuai dengan kondisi juga penyebab. Jika penyebabnya batuk kronis maka dilakukan pengobatan batuk. Jika penyebab otot lemah karena obesitas maka dilakukan penurunan berat badan secara bertahap memakai gaya hidup sehat. Lakukan pola makan bergizi seimbang dengan makan buah sayur juga minum air putih mencukupi kebutuhan asupan, juga supaya terhindar dari sembelit. 

Rujukan ke fisioterapi bisa dilakukan untuk memperkuat otot dasar panggul. Latihan otot senam Kegel untuk memperkuat otot dasar panggul secara teratur selama 4 – 6 minggu bisa bantu memperbaiki kondisi kelemahan otot panggul ringan. Jika sudah terjadi kerusakan otot panggul seperti prolapsus maka dilakukan pemasangan vaginal pessary atau tindakan operasi.

Baca tentang Cara Senam Kegel disini

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.