Kesehatan Umum

Psoriasis

PSORIASIS

Pengertian Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit kronis akibat proses autoimun. Pada psoriasis siklus pertumbuhan sel-sel kulit dipercepat. Kulit menjadi merah bersisik yang bisa disertai keluhan terasa sakit, bengkak, atau panas. Psoriasis bukan penyakit menular sehingga penyakit proriasis tidak menular dengan kontak (misalnya menyentuh bercak di kulit) dengan penyandang. 

Penyebab dan Faktor Risiko Psoriasis

Penyakit psoriasis disebabkan proses autoimun sehingga terjadi siklus pertumbuhan sel-sel kulit yang dipercepat. Penyakit autoimun terjadi akibat sistem kekebalan tubuh menjadi terlalu aktif kemudian menyerang jaringan normal di dalam tubuhnya sendiri. Sel limfosit T menjadi sangat aktif sehingga mencetuskan respons imunitas menyerang sel-sel kulit sendiri menyebabkan peradangan, pembengkakan dan siklus pertumbuhan sel dipercepat. Sel-sel kulit bertambah serta naik dengan cepat menumpuk di permukaan sehingga menimbulkan penampakan merah bersisik.

Siapa pun bisa terkena psoriasis. Sebagian besar psoriasis terjadi pada orang dewasa, tetapi anak-anak juga bisa mengalami. Pria dan wanita memiliki risiko yang sama mengalami psoriasis. Psoriasis kemungkinan juga dipengaruhi genetik tertentu sehingga jika dalam keluarga terdapat riwayat psoriasis maka risiko sakit bisa lebih tinggi. Keluhan gejala psoriasis bisa hilang-timbul sebagaimana penyakit autoimun lain yang mengalami episode remisi dan flare.

Beberapa pencetus flare dimana kondisi psoriasis memberat di suatu waktu:

  • infeksi
  • stres
  • perubahan cuaca dimana menyebabkan kulit menjadi lebih kering
  • pengaruh obat tertentu
  • luka cidera pada kulit: terpotong, teriris, tergores, terbakar matahari (sunburn), dll

Tipe Psoriasis

Psoriasis bisa muncul berbagai macam tipe antara lain:

  • Plaque psoriasis: menyebabkan bercak kulit berwarna merah di pangkal dan ditutupi oleh sisik keperakan.
  • Guttate psoriasis: menyebabkan lesi kecil berbentuk titik-titik pada tubuh, anggota badan, dan kulit kepala. Jenis psoriasis ini paling sering dipicu oleh infeksi saluran pernapasan atas, seperti radang tenggorokan Strep throat.
  • Pustular psoriasi: menyebabkan munculnya lesi lepuhan berisi nanah. Serangan flare dapat disebabkan oleh obat-obatan, infeksi, stres, atau bahan kimia tertentu.
  • Inverse psoriasis: menyebabkan bercak merah halus di lipatan kulit dekat alat kelamin, di bawah payudara atau di ketiak. Gesekan dan berkeringat dapat membuat psoriasis jenis ini lebih buruk.
  • Erythrodermic psoriasis: menyebabkan munculnya kulit merah dan bersisik di sebagian besar tubuh. Kondisi ini bisa menjadi reaksi terhadap sengatan matahari yang berlebihan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, penyakit tidak terkontrol dengan baik. Jenis psoriasis ini bisa sangat fatal, sehingga harus segera ke dokter.

Tanda dan Gejala Psoriasis

Psoriasis biasanya menyebabkan bercak kulit tebal dan merah dengan sisik keperakan yang terasa gatal atau terasa sakit. Bercak ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Bagian paling sering terjadi di siku, lutut, kaki, kulit kepala, punggung bagian bawah, wajah, telapak tangan, dan telapak kaki. Bercak juga dapat muncul keluhan di kuku, rambut, alat kelamin, dan di dalam mulut. Anda mungkin menemukan bahwa kulit Anda memburuk untuk sementara waktu, yang disebut suar, dan kemudian membaik. Penderita merasa gatal dan kesakitan hingga sulit tidur bahkan beraktivitas.

Psoriasis juga bisa disertai kondisi antara lain:

  • Artritis psoriatik yang menyebabkan peradangan sendi
  • Masalah kardiovaskular yang mempengaruhi jantung dan sistem sirkulasi darah
  • Kegemukan atau obesitas
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes

Artritis psoriatik memiliki banyak gejala menyerupai jenis radang sendi lain. Banyak kondisi penyakit bisa mengalami tanda gejala serupa sehingga sebaiknya segera periksa ke dokter jika mengalami salah satu gejala penyakit untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Penyandang psoriasis bisa juga memiliki permasalahan psikologis seperti depresi. Jika muncul tanda kegawatan segera periksa ke UGD rumah sakit untuk mendapatkan bantuan medis secepatnya.

Pemeriksaan dan Diagnosis Psoriasis

Psoriasis termasuk kondisi yang sulit didiagnosis. Terlebih pada gejala ringan bisa menyerupai bentuk penyakit lain. Dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Kulit diperiksa dengan mengambil contoh jaringan untuk dilihat memakai mikroskop.

Terapi dan Tata Laksana Psoriasis

Penanganan psoriasis dilakukan sesuai tingkat keparahan gejala. Secara umum pilihan terapi psoriasis antara lain:

  • terapi topikal dengan pemberian krim oles untuk kulit
  • fototerapi memakai sinar ultraviolet khusus yang bisa diatur dosisnya
  • terapi sistemik dengan pemberian obat minum atau injeksi

Psoriasis ringan bisa diresepkan krim. Pada psoriasis lainnya akan diberikan terapi kombinasi. Perawatan arthritis psoriatik biasanya melibatkan penggunaan obat-obatan (seperti methotrexate). Penyakit psoriatik (ketika seseorang menderita psoriasis atau radang sendi psoriatik) dapat diobati dengan obat-obatan (seperti metotreksat) atau kombinasi obat-obatan dan krim atau salep. Banyak penyandang psoriasis juga memiliki kondisi kesehatan yang serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan depresi sehingga juga butuh penanganan lebih lanjut.

Psoriasis adalah penyakit kronis sehingga akan berlangsung lama menetap seumur hidup. Ambil peran aktif dalam merawat psoriasis Anda. Edukasi diri secara menyeluruh dan diskusi konsultasikan tentang keputusan terapi penyakit bersama tim dokter. Semua pengobatan, suplemen, herbal, jamu atau terapi alternatif sebaiknya hanya dilakukan dengan diskusi konsultasi bersama dokter. Jaga kulit supaya tetap bersih dan lembab. Lakukan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bergabung dengan kelompok pendukung atau lakukan terapi konseling untuk membantu merasa lebih baik. Lakukan kontrol kesehatan secara teratur. Segera periksa konsultasikan bersama tim dokter saat mengalami kekambuhan atau kemunculan tanda gejala keluhan baru. Diskusikan tentang efek pengobatan, keluhan pengobatan, dan jika ada keluhan lainnya. 

1550629962610

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.