Kesehatan Gigi

Karang Gigi

KARANG GIGI

Pengertian Karang Gigi

Gigi ditutupi dengan film lengket yang disebut plak. Plak gigi dapat berkontribusi terhadap kerusakan gigi dan penyakit gusi. Plak mengandung bakteri, yang setelah makan atau ngemil bahan makanan yang mengandung gula, dapat melepaskan asam. Streptococcus dan bakteri anaerob di rongga mulut akan mengubah sisa-sisa glukosa/karbohidrat menjadi asam melalui proses fermentasi.

Kombinasi antara bakteri, sisa makanan dan air liur ini akan membentuk substansi lapisan film berwarna kekuningan melekat pada permukaan gigi yang disebut plak.

Asam hasil fermentasi bakteri bersifat merusak enamel gigi. Serangan berulang dapat menyebabkan enamel rusak, akhirnya mengakibatkan gigi berlubang. Plak yang tidak dihilangkan dengan penyikatan harian secara cermat disertai pembersihan sela gigi akhirnya mengeras menjadi kalkulus atau karang gigi. Kalkulus karang gigi membuat kondisi lebih sulit untuk menjaga gigi tetap bersih.

1545190176673Gambar karikatur gigi sehat dan gigi sakit (sumber gambar @nihgov)

Bahaya Karang Gigi

Plak mengalami mineralisasi dalam waktu lama membentuk kalkulus atau yang disebut karang gigi. Karang gigi ini tajam sehingga akan melukai jaringan disekitar gigi menimbulkan komplikasi berupa:

  • iritasi gusi,
  • gusi berdarah,
  • gusi bengkak (gingivitis)
  • periodontitis
  • gigi goyang hingga gigi lepas

Pada saat karang gigi berkumpul di atas garis gusi maka jaringan gusi dapat menjadi bengkak sehingga mudah berdarah. Peradangan gusi disebut gingivitis tahap awal dari penyakit gusi. Jika tidak diobati, peradangan akibat plak dapat merusak serat jaringan dan tulang yang menahan gigi pada tempatnya. Kerusakan yang mengenai jaringan sekitar gigi dan tulang bisa menyebabkan gigi goyang bahkan hingga lepas dari tulang.

Cara Mengatasi Karang Gigi 

Karang gigi bisa dicegah serta diatasi. Jaga kebersihan gigi dengan rutin membersihkan gigi. Periksa ke dokter gigi secara teratur. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan rutin dan membersihkan karang gigi sehingga gigi juga mulut terjaga sehat.

Cegah penumpukan plak serta jaga gigi sehat dengan:

  • mengunjungi dokter gigi secara teratur
  • menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride
  • membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi setiap hari
  • atur asupan makan dengan membatasi konsumsi gula

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.