Kesehatan Kulit

Kulit Kepala Gatal Berketombe

KETOMBE

Pengertian Ketombe

Ketombe merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi Ketombe merupakan gangguan kronis pada kulit kepala. Ketombe juga sering terjadi, sekitar 50 persen populasi pernah mengalami ketombe di suatu waktu dalam kehidupan. Ketombe biasa memang terlihat jorok, tidak nyaman dan memalukan namun sebenarnya tidak menular dan tidak berbahaya. Ketombe ringan biasanya diatasi dengan sampo anti-ketombe.

Penyebab dan Faktor Risiko Ketombe

Penyebab ketombe bisa karena salah satu kondisi berikut ini:

  • iritasi kulit berminyak pada dermatitis seborrhoik
  • jarang keramas hingga bersih
  • jamur malassezia
  • kulit kering
  • dermatitis kontak akibat produk perawatan dan kosmetik rambut

Ketombe sering terjadi. Keluhan kepala berketombe biasanya dimulai setelah remaja. Pria lebih sering mengalami ketombe dibandingkan wanita. Jenis kulit berminyak lebih sering menyebabkan ketombe sebab jamur Malassezia senang dengan minyak di kulit kepala. Ketombe juga bisa menjadi salah satu tanda gejala dari dermatitis seborrhoik. Riwayat terdapat penyakit penyakit saraf seperti Penyakit Parkinson, infeksi HIV atau kelemahan kekebalan tubuh meningkatkan risiko mengalami ketombe.

Proses Terjadinya Ketombe

Lapisan atas kulit terus-menerus mati digantikan oleh sel-sel kulit baru. Sel-sel kulit mati yang lepas satu persatu biasanya tidak terlihat. Proses peradangan kulit kepala dapat menyebabkan sel-sel saling menempel sehingga akan lepas menjadi serpihan kulit yang dapat terlihat. Ketombe terlihat sebagai serpihan kulit kepala yang terlepas kemudian menyebar di rambut, bahu, serta punggung.

Tanda dan Gejala Ketombe

Terjadi pengelupasan kulit kepala dimana terlihat serpihan-serpihan kulit berwarna putih atau kuning. Ketombe disertai keluhan bersisik dan berkerak pada kulit kepala. Keluhan kulit kepala gatal sangat sering ditemukan. Kulit kepala kering dan gatal. Banyak orang akan menggaruk untuk mengatasi gatal di kulit sehingga justru menimbulkan lecet goresan luka kecil di seluruh kulit kepala. Ketombe bisa menyebabkan kulit kepala gatal.

ketombe.jpg

Ketombe di kulit kepala (sumber gambar NHS)

Keluhan ketombe bisa dialami hingga seumur hidup. Ada juga banyak kondisi gangguan kulit lainnya yang dapat menimbulkan gejala gatal di kulit kepala seperti dermatitis seborrhoik dan psoriasis. Sebaiknya segera periksa ke dokter kulit jika mengalami salah satu atau lebih keluhan:

  • ketombe sangat parah dan kulit kepala gatal
  • ketombe tidak teratasi dengan sampo biasa
  • kulit kepala bengkak kemerahan
  • peradangan pada kulit kepala
  • ada riwayat penyakit lain atau gangguan kekebalan tubuh

Diagnosis dan Pemeriksaan Ketombe

Dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Kulit kepala dan rambut diamati memakai kaca khusus. Jika dicurigai terdapat penyakit lain akan dilakukan pemeriksaan dan rujukan lebih lanjut.

Terapi dan Tata Laksana Ketombe

Ketombe merupakan gangguan kronis yang sulit disembuhkan, namun gejalanya bisa dikontrol. Perawatan untuk ketombe dan kulit kepala gatal dilakukan dengan mencuci kulit kepala secara teratur memakai sampo anti-ketombe.

Keluhan ketombe ringan biasanya bisa dikendalikan cukup memakai sampo anti-ketombe biasa. Pada keluhan ketombe berat yang membandel butuh sampo khusus yang mengandung obat aktif. Saat ini sudah banyak sampo anti-ketombe yang mengandung zat aktif lebih aman, berformula lembut dan berbau wangi. Sampo ketombe jaman dulu baunya tidak disukai. 

Sampo anti-ketombe sering mengandung:

  • zinc pyrithione atau zinc omadine
  • selenium sulfida
  • piroctone olamine sebagai zat obat aktif agen anti-ketombe ‘generasi kedua’ yang bersifat kurang toksik daripada zinc pyrithione sehingga lebih aman untuk penggunaan keluarga
  • agen antijamur
  • tar – sampo mengandung tar telah digunakan selama bertahun-tahun, biasanya untuk kondisi gangguan kulit kepala yang lebih parah.

Gunakan sesuai petunjuk pemakaian produk dan kondisi kulit. Beberapa produk memiliki formula cukup ringan sehingga bisa digunakan setiap hari, sementara produk lain hanya boleh digunakan seminggu sekali. Frekuensi menggunakan sampo untuk menjaga ketombe tetap terkendali juga bergantung pada keparahan kondisi yang dialami. Pada kulit kepala bersisik gejala berat biasanya butuh keramas setiap hari. Keramas tidak teratur dapat menyebabkan penumpukan kerak sehingga makin memperburuk gejala.

Gunakan produk kondisioner setelah memakai sampo untuk mencegah pengeringan rambut berlebihan. Pastikan memilih kondisioner anti-ketombe supaya meningkatkan efek sampo sebesar lima hingga 10 persen. Pemakaian jenis kondisioner yang tidak cocok dapat menonaktifkan zat obat dalam sampo. Biasanya dibutuhkan 5 – 10 kali pencucian untuk membersihkan ketombe. Ketombe biasa seringkali sudah teratasi dalam waktu 1 bulan dengan perawatan yang tepat.

Pada keluhan ketombe gejala lebih berat maka dokter akan meresepkan terapi yang lebih kuat. Biasanya dokter akan meresepkan kombinasi resep dari asam salisilat, minyak kelapa, lotion steroid, sampo atau hair mousse khusus. 

Ketombe memang kondisi gangguan kulit kepala kronis. Keluhan ketombe bisa dialami hingga seumur hidup, namun bisa dikontrol sehingga tidak menimbulkan keluhan gejala. Segera periksa ke dokter kulit jika ketombe tidak hilang dengan rutin keramas. Pada kondisi ketombe membandel terkadang disebabkan oleh penyakit lain yang harus diobati lebih lanjut.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.