Kesehatan Kulit

Kapalan

KAPALAN DAN CALLUS

Pengertian Kapalan dan Callus

Kapalan dan callus merupakan penebalan pada bagian kulit akibat penekanan atau gesekan berulang dalam waktu lama. Kulit tumbuh tebal, berlapis, keras, dan kering. Sering terjadi pada telapak tangan dan kaki. Biasanya tidak berbahaya juga tidak ada keluhan namun pada kondisi tertentu bisa menyebabkan nyeri.

20190217_090326-01.jpeg

Penyebab Kapalan dan Callus

Kapalan/callus tumbuh karena tekanan tulang pada kulit. Kapalan merupakan pertumbuhan alami lapisan kulit sebagai mekanisme perlindungan tubuh untuk melindungi kulit di bawahnya. Kapalan/callus dapat berkembang di bagian tubuh mana saja di mana terjadi gesekan berulang, seperti ujung jari pemain gitar, jari kaki wanita yang sering pakai sepatu sempit atau telapak tangan mekanik. Kapalan/callus paling sering tumbuh di telapak tangan, bagian atas jari kaki, sisi jari kaki dan pada tumit kaki. Penyebab paling sering timbulnya kapalan/callus adalah artritis atau sepatu yang tidak pas.

Tanda dan Gejala Kapalan/Callus

Kapalan/callus bisa berupa lapisan kulit menebal, teraba keras, kering atau lunak juga lembek. 

Tips Kiat Mengobati Kapalan/Callus

  • Rendam bagian kulit yang terkena kapalan/callus dalam air hangat sekitar 5 – 10 menit atau hingga kulit melembut. 
  • Gosok lembut bagian kapalan/callus dengan batu apung atau waslap. Pertama-tama celupkan batu apung/waslap ke dalam air hangat kemudian gunakan untuk menggosok lembut kulit yang menebal atau kapalan. Gunakan gerakan memutar atau menyamping untuk menghilangkan kulit mati secukupnya. 
  • Hati-hati jangan sampai melepas terlalu banyak kulit sebab bisa menyebabkan keluar darah dan terjadi infeksi. Jangan pernah mencukur atau mengiris penebalan kulit atau kapalan tersebut.
  • Oleskan lotion atau krim pelembab ke daerah kapalan/callus tersebut setiap hari. Gunakan lotion atau krim pelembab mengandung asam salisilat, amonium laktat, atau urea yang cocok dengan jenis kulit. Asam salisilat, amonium laktat, atau urea ini akan membantu melunakkan kapalan dan penebalan kulit secara bertahap dengan eksfoliasi kulit. 
  • Gunakan bantalan pelindung untuk melindungi kapalan dari iritasi gesekan atau tekanan selama aktivitas. Pakai sarung tangan jika melakukan aktivitas tertentu seperti naik motor, berkebun atau olahraga angkat beban. 
  • Pakai sepatu pas yang nyaman di kaki. Penyebab umum kapalan/callus adalah sepatu yang ukuran serta bentuknya tidak pas untuk kaki. Beli sepatu di sore hari ketika ukuran kaki paling besar karena kaki sedikit bengkak setelah beraktivitas seharian. Minta bantuan petugas toko sepatu untuk mengukur kaki. Pilih sepatu yang tidak terlalu longgar atau juga tidak terlalu kencang. 
  • Jaga agar kuku kaki tetap terpotong rapi sebab kuku jari kaki yang terlalu panjang dapat memaksa jari-jari kaki terdorong ke atas menekan ke arah sepatu sehingga dalam waktu lama menyebabkan pembentukan kapalan.

Sebagian besar penebalan kulit dan kapalan berangsur-angsur hilang ketika gesekan atau tekanan penyebabnya dihilangkan.

Periksa ke dokter kulit jika ada salah satu atau lebih kondisi berikut ini:

  • Curiga dengan penebalan kulit yang terbentuk
  • Tidak yakin penyebab penebalan kulit
  • Keluhan sakit atau nyeri pada kulit yang mengeras 
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes
  • Memiliki riwayat penyakit gangguan pembuluh darah atau peredaran darah

Beberapa kondisi bisa menimbulkan tanda gejala menyerupai kapalan/callus. Segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain yang sekiranya diperlukan.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.