Kesehatan Kulit

Cara Meringankan Gatal di Kulit

Cara Meringankan Gatal di Kulit

Kulit gatal bisa disebabkan oleh eksim, dermatitis, reaksi alergi dan penyebab lain. Kulit gatal biasanya membaik sendiri, namun juga ada yang bisa membahayakan jika reaksi peradangan sangat berat. 

Jika gatal-gatal pada kulit sangat mengganggu sebaiknya periksa ke dokter. Selain melakukan pengobatan sesuai petunjuk dokter, sebaiknya juga berusaha menahan diri tidak menggaruk supaya mempercepat pemulihan kulit. Luka iritasi di kulit juga dapat meningkatkan risiko infeksi kulit

Supaya bantu meringankan gatal-gatal di kulit bisa coba lakukan tips berikut:

  • Kompres kulit dengan waslap bersih yang dicelupkan ke air dingin sekitar 10 menit atau hingga gatal mereda.
  • Jaga kelembaban kulit dengan memakai pelembab yang cocok. Pilih pelembab bebas additives, fragrances dan parfum.
  • Gunakan produk yang memiliki efek menyejukkan kulit seperti lotion yang mengandung menthol, calamine.
  • Jika memungkinkan bisa letakkan pelembab di lemari pendingin untuk mendapatkan efek pendinginan di kulit yang gatal. 
  • Gunakan obat pereda rasa gatal yang dianjurkan dokter Anda
  • Jaga kuku supaya tetap bersih dan dipotong pendek rapih

Hindari menggaruk saat merawat kulit Anda, karena hal ini akan semakin mengiritasi kulit dan dapat meningkatkan risiko infeksi kulit. Lakukan langkah-langkah untuk membantu mencegah kulit gatal:

  • Hindari pencetus gatal (beberapa orang memiliki pencetus kulit gatal yang telah diketahui).
  • Jangan mandi memakai air panas. Jika kedinginan maka bisa mandi memakai air hangat suam-suam kuku kemudian batasi waktu mandi atau shower sekitar 10 menit saja.
  • Selalu gunakan lotion, sabun dan deterjen berformula lembut tanpa pewangi untuk meminimalkan iritasi. Berhati-hatilah terhadap produk yang mungkin masih memiliki bahan kimia yang tidak cocok sehingga dapat mengiritasi kulit Anda. Lakukan tes kecocokan sebelum memakai produk.
  • Oleskan obat sebelum memakai pelembab seperti arahan dokter kulit. Setelah pakai obat baru kemudian oleskan pelembab.
  • Pakailah pakaian katun yang longgar. Wol dan kain kasar lainnya dapat mengiritasi kulit menyebabkan rasa gatal.
  • Hindari perubahan suhu secara ekstrem. Pertahankan suhu lingkungan yang relatif sejuk, nyaman, dengan kelembaban netral di rumah. Gunakan humidifier selama musim dingin jika kulit cenderung kering dan mengalami eksim.
  • Manajemen stres dengan baik karena stres dapat membuat gatal bertambah buruk.

Jika gatal Anda tidak hilang dengan perawatan di rumah sebaiknya segera kunjungi dokter spesialis kulit berkompeten. Ada sangat banyak sekali penyebab kulit gatal sehingga periksa ke dokter untuk menemukan penyebabnya dan menghilangkan rasa gatal. Gatal-gatal yang disertai sesak nafas, kulit bengkak angioedema, bibir bengkak, mata bengkak, atau tanda bahaya lain maka harus segera mendapat perawatan medis sehingga segera hubungi ambulans atau penyedia layanan medis darurat secepatnya ya. 

PhotoGrid_1533260301458

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.