Kesehatan Kulit

Merawat Rambut Rusak

MERAWAT RAMBUT RUSAK

Rambut bagaikan mahkota. Banyak orang bereksperimen melakukan aneka perawatan supaya rambut makin menarik sehingga penampilannya makin rupawan menawan hati. Namun sayangnya banyak perawatan salah berujung pada rambut rusak.

Baca juga pembahasan tentang Rambut Sehat disini

Rambut rusak menjadi rapuh, mudah patah, bercabang, kasar dan bahkan mengalami kerontokan parah hingga kepala pitak. Pemakaian cat rambut, model penataan rambut, produk serta alat untuk hair styling, hair extension juga kesalahan cara merawat rambut bisa menjadi penyebab kerusakan. 

Sepuluh kebiasaan buruk yang bisa merusak rambut:

  1. Menggesek helaian-helaian rambut saat cuci rambut
  2. Tidak memakai kondisioner
  3. Mengeringkan rambut dengan menggesekkan helaian rambut memakai handuk
  4. Kesalahan saat menyisir rambut
  5. Kebiasaan berenang tanpa melindungi rambut
  6. Terlalu sering memakai alat pemanas seperti hot comb, blow dryer, setrika rambut
  7. Terlalu lama memakai produk styling rambut 
  8. Terlalu kencang menarik rambut saat menata gaya rambut seperti menguncir gaya ponytail, pakai konde, membentuk konde rambut
  9. Mewarnai, mengeriting atau meluruskan rambut
  10. Memiliki kebiasaan menarik-narik rambut 

Rambut, kulit dan kuku juga bisa menandakan kondisi kesehatan sehingga permasalahan rambut ada juga yang disebabkan oleh penyakit atau gangguan kesehatan tubuh. Responsif rutin memantau kondisi seluruh tubuh menjadi bagian penting dalam deteksi dini penyakit.

Tips Kiat Mencuci Rambut

Cara mencuci rambut serta pemilihan produk untuk mencuci rambut bisa bantu menjaga kesehatan kulit kepala juga rambut sehat halus berkilau. Lakukan langkah sederhana berikut ini saat mencuci rambut:

  • Pijat lembut kulit kepala saat memakai sampo di kepala
  • Bilas sampo hingga mengalir ke seluruh rambut
  • Tahan godaan untuk menggesek-gesekkan helaian rambut saat mencuci rambut
  • Gunakan kondisioner setiap kali selesai pakai sampo
  • Pilih produk sampo dan kondisioner sesuai kebutuhan jenis rambut serta gunakan sesuai petunjuk pemakaian produk
  • Kulit kepala tidak perlu banyak kondisioner sehingga aplikasikan lebih banyak kondisioner di rambut. Pakai kondisioner hingga merata dari pangkal hingga ke ujung rambut. Berkebalikan dengan kondisioner, gunakan sampo lebih banyak di kulit kepala.
  • Rambut berminyak dengan kulit kepala sangat berminyak bisa jadi perlu dicuci lebih sering, bahkan sehari sekali
  • Rambut kering dicuci lebih jarang dibandingkan rambut berminyak

Keringkan rambut dengan membungkusnya memakai handuk kering yang bersih sehingga air terserap. Kemudian biarkan rambut mengering secara alami. Aliran udara serta suhu ruangan sekitar akan membuat rambut mengering sendiri secara alami. Gunakan sisir bergigi renggang untuk menyisir rambut. Sisir rambut secukupnya, tidak perlu hingga 100 kali hitungan saat menyisir rambut. Jangan tarik-tarik paksa rambut saat sedang menyisir. Jika punya rambut lurus maka sisir rambut ketika sudah agak kering. Jika rambut sangat keriting maka sisir rambut saat masih basah. 

Tips Kiat Menjaga Rambut Saat Berenang

Zat kimia di kolam renang bisa merusak rambut. Lakukan langkah berikut ini untuk menjaga rambut saat berenang:

  • Gunakan swim cap untuk melindungi rambut
  • Segera bilas cuci rambut setelah selesai berenang
  • Gunakan produk sampo khusus perenang dan kondisioner sesuai jenis rambut

Tips Memakai Alat Pengering Rambut

Pengering rambut, hot comb, flat iron memang membantu untuk penataan gaya rambut kekinian. Namun demikian, pemakaian tidak tepat atau terlalu sering bisa merusak rambut. Lakukan langkah berikut ini:

  • Jika bisa, biarkan rambut mengering secara alami 
  • Gunakan kekuatan panas paling minimal
  • Batasi waktu sesingkat mungkin alat bersentuhan dengan rambut
  • Batasi frekuensi pemakaian alat

Semakin jarang memakai alat akan semakin baik bagi kesehatan rambut. 

Tips Kiat Mewarnai, Mengeriting dan Meluruskan Rambut

Pilihan aneka gaya rambut masa kini terlalu menggoda kita. Hingga akhirnya rambut harus tabah menjalani aneka prosedur demi menunjang gaya. Lakukan langkah berikut ini saat ingin menata rambut:

  • Pilih gaya potongan rambut yang tidak perlu banyak prosedur alat maupun produk untuk penataan tambahan
  • Minta nasehat hair stylist profesional saat memilih potongan rambut sesuai dengan bentuk wajah
  • Beri jarak lebih lama misalnya 8 hingga 10 minggu jika ingin mewarnai ulang atau touch-ups warna rambut. Terlebih di cuaca dengan udara kering atau di musim dingin
  • Lakukan satu saja: mewarnai atau mengeriting atau meluruskan rambut. Jika ingin meluruskan/mengeriting rambut sekaligus mengubah warnanya maka beri jarak sekitar 2 minggu. Lakukan pelurusan atau pengeritingan rambut terlebih dahulu, lalu 2 minggu kemudian baru mewarnai rambut
  • Gunakan produk kondisioner khusus dengan tambahan tabir surya untuk rambut supaya terlindungi dari paparan sinar ultraviolet 

Perlakukan rambut dengan lemah-lembut. Segera ubah cara perawatan rambut supaya kerusakan tidak semakin parah. Jika rambut tetap bermasalah, rontok atau semakin menipis segera periksa ke dokter spesialis kulit. Terkadang permasalahan rambut menjadi salah satu tanda gejala adanya penyakit. Semakin cepat diperiksakan akan semakin dini ditangani sehingga hasilnya lebih baik. Jika khawatir dengan masalah kulit kepala, ketombe, rambut kering, rambut rusak, rambut rontok atau rambut rapuh bisa periksa konsultasikan ke dokter atau dokter spesialis kulit berkompeten.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.