Kesehatan Kulit

Kulit Sehat

Menjaga Kulit Sehat 

Beauty is confident with your own skin

Kulit sehat merupakan riasan terbaik di dunia. Kulit sehat juga merupakan pelindung tubuh yang berharga. Kulit melindungi tubuh dari bahaya fisik, kimiawi maupun serangan kuman penyebab infeksi. Lapisan kulit mati, berlapis-lapis sel kulit sehat, serta natural mosturizing factor penting bagi perlindungan tubuh. Kulit harus dijaga sehat supaya bisa menjalankan fungsi dengan baik. Menjaga kulit sehat bisa dilakukan dengan cara mudah serta terjangkau.

Baca tentang Tips Perawatan Kulit disini

Ada tiga jenis perawatan utama kulit, yaitu:

  1. menjaga kebersihan kulit
  2. merawat kulit tetap sehat
  3. mencegah timbulnya permasalahan kulit

Gaya hidup sehat seimbang akan membuat cantik paripurna bersinar dari dalam. Cara untuk menjaga kulit serta rambut tetap sehat dengan makan anekaragam bahan makanan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan asupan termasuk nutrisi untuk kulit, minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, lakukan aktivitas fisik teratur, manajemen stress secara baik, jaga kulit dari paparan sinar matahari, hindari minum alkohol, tidak merokok dan jangan mengkonsumsi NARKOBA. 

Merawat kulit sehat itu sebenarnya sederhana hingga terjangkau oleh semua kalangan. Mandi dua kali sehari menggunakan sabun berformula lembut sehingga tidak mengiritasi kulit. Bersihkan permukaan kulit dengan lembut tanpa perlu menggosok berlebihan. Jaga kelembaban kulit dengan minum air putih sehingga terhindar dari kekeringan juga dehidrasi. Gunakan pelembab, lotion dan krim sesuai dengan kebutuhan kulit. Jaga kulit dari paparan sinar matahari yang berpotensi merusak.

Baca juga tentang Tips Memilih Pelembab Kulit disini

Gunakan obat jerawat hanya dengan resep petunjuk dokter berkompeten. Terutama dengan pemakaian obat jerawat kuat. Baca tentang pengobatan jerawat disini. Pantau kondisi kesehatan kulit secara teratur. Segera periksa ke dokter jika terjadi gangguan atau perubahan pada kulit yang mengarah pada permasalahan kesehatan. Beberapa jenis obat mempengaruhi kulit sehingga pastikan memakai obat sesuai petunjuk dokter.

Paparan sinar matahari berlebihan berisiko menyebabkan kulit rusak seperti luka bakar sunburn, penuaan dini hingga kanker kulit. Namun juga direkomendasikan untuk meluangkan waktu di luar rumah supaya mendapatkan vitamin D. Lakukan aktivitas di luar rumah dengan aman.  Gunakan tabir surya jika melakukan kegiatan di luar rumah. Pilih tabir surya dengan kekuatan di atas 30 dengan daya proteksi terhadap UVA dan UVB untuk mengeblok sinar ultraviolet (UV) yang merusak. Gunakan pakaian tidak tembus pandang serta topi yang lebar sehingga bisa melindungi dari paparan sinar matahari saat beraktivitas di luar rumah. Hindari berjemur maupun menggelapkan kulit dengan indoor tanning.

Cek tentang Kanker Kulit lebih lanjut disini

Pantau perubahan kulit yang dipengaruhi oleh paparan sinar matahari secara teratur. Kulit, rambut dan kuku bisa menjadi penanda kesehatan tubuh. Kuku yang sehat itu halus, rata, kuat dan warnanya normal. Jaga kesehatan kuku dengan menjaganya tetap bersih, kering dan dipotong rapih. Kondisi kuku juga bisa memberikan informasi kesehatan seseorang. Segera periksa konsultasikan ke dokter jika kuku mengalami perubahan menjadi rapuh, mudah patah, terjadi perubahan bentuk, terjadi perubahan warna atau nyeri. Beberapa penyakit bisa mengakibatkan perubahan pada kuku seperti penyakit jantung dan diabetes mellitus.

Cara merawat Rambut Sehat bisa dibaca disini

Tip cerdas memilih kosmetik membantu konsumen dalam membeli produk aman. Belilah produk kosmetik aman, sudah dipastikan asli dan terjamin mutunya. Jangan mudah tergiur dengan testimoni juga harga barang murah lebih rendah dari harga pasar. Pastikan teliti sebelum membeli, teliti legalitas produk, teliti membaca komposisi bahan penyusun, teliti memastikan pembuat dan penyalur produk terpercaya juga teliti mengecek masa pakai produk. Hati-hati dalam memilih produk kecantikan juga perawatan kulit. Diskusikan selalu tindakan serta pengobatan bersama dokter spesialis kulit berkompeten.

Beberapa kondisi kulit butuh perawatan ekstra sehingga sebaiknya segera periksa konsultasikan lebih lanjut bersama dokter spesialis kulit berkompeten untuk penanganan terbaik sesuai kondisi kulit.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.