Kesehatan Kulit

Perawatan Kulit

PERAWATAN KULIT

Merawat Kulit Sehat

Kulit sehat merupakan riasan terbaik di dunia. Kulit sehat juga merupakan pelindung tubuh yang berharga. Kulit melindungi tubuh dari bahaya fisik, kimiawi maupun serangan kuman penyebab infeksi. Lapisan kulit mati, berlapis-lapis sel kulit sehat, serta natural mosturizing factor penting bagi perlindungan tubuh. Kulit harus dijaga sehat supaya bisa menjalankan fungsi dengan baik. Menjaga kulit sehat bisa dilakukan dengan cara mudah serta terjangkau.

Ada tiga jenis perawatan utama kulit, yaitu:

  1. menjaga kebersihan kulit
  2. merawat kulit tetap sehat
  3. mencegah timbulnya permasalahan kulit

Membersihkan Kulit 

Membersihkan kulit wajah dengan baik akan membawa perbedaan besar terhadap penampilan. Membersihkan kulit dengan cara cleansing dan exfoliating menjadi tahapan awal perawatan kulit. Cleansing akan membersihkan bagian permukaan kulit, exfoliating akan membersihkan hingga ke lapisan kulit lebih dalam.

Proses cleansing dilakukan untuk membersihkan kosmetik dan produk perawatan sebelumnya. Lakukan cleansing untuk membersihkan kosmetik yang telah seharian menempel sebelum tidur malam. Produk cleansing antara lain:

  • produk berbahan dasar oil
  • produk berbentuk lotion pembersih
  • pembersih wajah berbahan dasar air seperti micellar water
  • sabun khusus untuk mencuci wajah

Pilih produk pembersih wajah berformula lembut sehingga tidak merusak kulit. Jika bisa sebaiknya hindari produk pembersih yang mengandung alkohol. Basahi kulit lalu bersihkan wajah dengan pembersih memakai ujung jari. Jangan menggosok kulit berlebihan sebab berisiko menyebabkan luka iritasi. Bilas hingga bersih. Keringkan menggunakan handuk bersih berbahan lembut. Cara mengeringkan dengan gerakan menepuk lembut secara perlahan supaya tidak menimbulkan goresan. 

Pilih produk pembersih wajah sesuai jenis kulit. Membersihkan wajah pada kondisi normal bisa dua kali sehari yaitu di pagi dan malam hari. Sebaiknya juga segera bersihkan wajah setelah melakukan aktivitas yang menyebabkan keringat berlebihan seperti setelah berolahraga. Gunakan pelembab segera setelah selesai membersihkan wajah untuk mengunci kesegaran. 

Proses exfoliating (eksfoliasi) dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Eksfoliasi tidak boleh dilakukan terlalu sering, jadi kira-kira cukup satu kali dalam seminggu. Lapisan sel kulit mati merupakan bagian dari barrier pelindung fisik lapisan kulit. Produk yang bisa digunakan berupa toner, lotion atau krim mengandung AHA, BHA, atau PHA. Pemakaian produk eksfoliasi memiliki risiko iritasi kulit. Hati-hati saat menggunakan produk berbentuk scrub, terutama jika sedang memakai krim malam. Proses eksfoliasi secara sembarangan memakai produk atau alat yang tidak tepat hanya akan membuat kondisi kulit makin buruk. Konsultasikan lebih lanjut bersama dokter spesialis kulit berkompeten sebelum melakukan eksfoliasi.

Pentingnya Tabir Surya

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet UVA dan UVB. Paparan sinar matahari akan menyebabkan kulit terbakar sehingga menjadi lebih gelap, mudah kusam, cepat keriput, muncul bintik-bintik hitam dan bahkan kanker kulit. Pemakaian tabir surya serta tetap menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara tepat bisa merawat kesehatan kulit juga mencegah penuaan dini.

Tabir surya sangat penting bagi kesehatan kulit. Pilih tabir surya berspektrum luas dengan SPF minimal 30 dan PA ++, serta tahan air (AAD, Perdoski). Bisa juga menggunakan tabir surya dengan SPF 50. Gunakan tabir surya 20 – 30 menit sebelum terpapar matahari. Aplikasikan ulang setiap 2 jam, bahkan ketika cuaca mendung. Air, salju, pasir bisa memantulkan sinar ultraviolet sehingga meski berwisata ke daerah bersalju juga harus pakai tabir surya. Tetap gunakan tabir surya sebelum dan sesudah berenang, atau berkeringat agar perlindungan selalu optimal.

Menurut Perdoski, oleskan 2 mg tabir surya per senti meter persegi kulit. Jumlah ini sekitar 1 sendok teh tabir surya untuk dapat melindungi area wajah, leher, dan kepala. Demikian pula untuk area tangan. Sementara untuk area dada depan, punggung belakang, sekujur paha hingga kaki masing-masing membutuhkan sekitar 2 sendok teh tabir surya. Gunakan produk lipstik yang sekaligus mengandung tabir surya pada bibir. Gunakan kacamata hitam yang memiliki kemampuan mengeblok sinar UVA dan UVB untuk melindungi mata. Perhatikan bagian area tubuh yang tidak tertutup pakaian dan tanpa perlindungan. Area terbuka tersebut harus diberi tabir surya. Pilih pakaian dengan kain tidak tembus pandang. Gunakan topi lebar atau payung sebagai perlindungan ekstra. 

Manfaat Pelembab Kulit

Perawatan wajah dimulai dengan proses cleansing kemudian dilanjutkan dengan proses hidrasi memakai pelembab. Pelembab berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Kulit yang terjaga kelembabannya akan sehat cantik berseri. Gunakan lotion pelembab untuk menjaga hidrasi kulit. Gunakan lip balm untuk melembabkan bibir. Memilih produk pelembab cocok sesuai jenis kulit akan membuat kulit kenyal, nyaman, tidak kering namun juga tidak lengket. Pelembab juga bisa mengurangi iritasi.

Beberapa bagian kulit tampak lebih kusam, bersisik bahkan pecah-pecah. Produk pelembab mengandung petroleum jelly untuk kulit merupakan salah satu jenis produk perawatan kulit dengan harga terjangkau. Manfaat produk petroleum jelly mulai dari mengatasi permasalahan seperti telapak kaki kering pecah-pecah, kulit lutut kasar, kulit siku kering kasar, bibir kering, kutikula kuku kering, mencegah luka akibat goresan/gosokan mekanik saat berolahraga, mencegah ruam popok hingga perawatan peeling kuku.

Pada siang hari setelah langkah hidrasi memakai pelembab maka lanjutkan dengan memakai produk proteksi mengandung tabir surya. Krim malam dan serum yang mengandung nutrisi juga anti-aging digunakan setelah langkah hidrasi. Perawatan dengan menjaga kelembaban kulit bertujuan untuk memperbaiki tekstur dan kekencangan kulit. Jika kulit sedang menjalani perawatan atas permasalahan kesehatan maka tanyakan kepada dokter tatacara memakai semua produk untuk perawatan kulit.  

Memilih Produk Perawatan Kulit

Memilih produk perawatan sehingga cocok di kulit memang gampang-gampang susah. Produk perawatan mahal tidak menjamin akan cocok bekerja sesuai harapan. Semua produk tetap harus dianalisa kandungan isi juga keamanannya. Cocok bagi Anda, belum tentu juga cocok bagi orang lain. Demikian juga, cocok bagi orang lain maka belum tentu akan cocok untuk Anda. Butuh coba-coba hingga mendapatkan produk tepat. Jangan lupa juga untuk cek kemasan, label, izin edar, penggunaan dan kadaluwarsa produk.

Secara umum pilih produk yang memiliki formula sesuai dengan jenis kulit, hipoalergenik, non-komedogenik dan tidak ada kontraindikasi pemakaian produk. Baca juga tips memilih Produk Kecantikan disini

Tips memilih produk:

  • Jika sudah menemukan merek yang cocok maka setia pada satu paket produk kosmetik dari merek sama akan bantu lebih memudahkan proses pemilihan. Membeli satu paket produk akan lebih menghemat juga praktis disimpan sebab biasanya tersedia dalam satu wadah.
  • Pilih produk dengan fungsi ganda dengan tabir surya akan lebih menghemat serta beri keuntungan perlindungan ekstra.
  • Pertimbangkan juga untuk memilih produk mengandung nutrisi anti-aging sehingga memberikan keuntungan ekstra perawatan kulit sebagai investasi di masa depan.
  • Kenali dahulu jenis kulit apakah kulit normal, kulit kering, kulit berminyak atau kulit sensitif saat akan memilih produk.
  • Lakukan tes dengan mencoba oleskan sedikit produk di kulit lengan bagian sisi dalam, siku bagian dalam atau belakang telinga lalu amati reaksi dalam 24 jam.

Jika menimbulkan reaksi tidak nyaman maka jangan gunakan. Keluhan yang muncul bisa gatal, perih, iritasi, sensasi rasa tersengat panas seperti terbakar atau tertarik kencang setelah menggunakan kosmetik, krim, sabun juga produk lain. Ada juga keluhan muncul bruntusan, komedo, hingga jerawat. Segera hentikan pemakaian produk yang tidak cocok. Periksa konsultasikan lebih lanjut bersama dokter spesialis kulit berkompeten untuk penanganan terbaik sesuai kondisi kulit.

Jangan mudah percaya iklan. Faktanya tidak ada produk sanggup bisa menyulap kulit menjadi cantik berseri dalam sekejap mata. Juga tidak ada perawatan secara instan untuk memiliki kulit halus, mulus, awet muda selamanya. Kulit juga menjadi penanda kondisi kesehatan tubuh. Beberapa penyakit akan bisa menimbulkan tanda gejala pada kulit sehingga menjaga kesehatan secara umum juga akan menyehatkan kulit. Butuh proses panjang gaya hidup sehat yang dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan kulit sehat cantik berseri. Rawat kulit dengan benar sejak dini. 

Tip cerdas memilih kosmetik membantu konsumen dalam membeli produk aman. Belilah produk kosmetik aman, sudah dipastikan asli dan terjamin mutunya. Jangan mudah tergiur dengan testimoni juga harga barang murah lebih rendah dari harga pasar. Pastikan teliti sebelum membeli, teliti legalitas produk, teliti membaca komposisi bahan penyusun, teliti memastikan pembuat dan penyalur produk terpercaya juga teliti mengecek masa pakai produk. Hati-hati dalam memilih produk kecantikan juga perawatan kulit. Diskusikan selalu tindakan serta pengobatan bersama dokter spesialis kulit berkompeten.

Beberapa kondisi kulit butuh perawatan ekstra sehingga sebaiknya segera periksa konsultasikan lebih lanjut bersama dokter spesialis kulit berkompeten untuk penanganan terbaik sesuai kondisi kulit.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.