Kesehatan Kulit, Tips Hidup Sehat

Memutihkan Kulit

Hasrat Ingin Kulit Lebih Putih

Orang Asia (dan orang dengan kulit berwarna gelap alami lainnya) cenderung ingin memiliki kulit berwarna lebih terang. Kulit halus, mulus, putih bening seperti kaca menjadi dambaan. Obsesi memiliki kulit putih terjadi karena pembentukan persepsi cantik serta rasisme sejak jaman dahulu kala. Kondisi ini semakin parah setelah ditambah peran kapitalisasi media serta industri kecantikan dalam mengiklankan wajah-wajah berkulit putih sebagai standard cantik dan ganteng. Akhirnya terbentuk ukuran jika ingin rupawan, memukau dan sukses eksis hidupnya sejahtera maka harus punya kulit putih. Bias warna kulit telah melahirkan multibillion dollar industri krim pemutih hingga perawatan invasif untuk membuat kulit berwarna lebih putih.

Sementara itu, secara alami kulit wanita Indonesia memiliki warna kuning langsat, sawo matang juga coklat. Warna eksotis khas kulit tropis ini sebenarnya menjadi dambaan bagi manusia di belahan dunia yang lain. Warna eksotis kulit cenderung gelap disebabkan oleh pigmen melanin di kulit.

Komposisi melanin diperoleh dari asam amino tirosin. Melanin memberikan pigmen penentu warna kulit secara alami. Jika jumlah melanin di kulit lebih banyak maka warna kulit akan lebih gelap. Begitu juga sebaliknya, jika memiliki melanin sedikit maka warna kulit akan lebih terang. Melanin ternyata sangat penting bagi kesehatan manusia. Melanin memiliki fungsi sebagai antioksidan, pelindung DNA sel dari kerusakan serta mengeblok sinar ultraviolet matahari.

Kulit berwarna gelap secara alami memiliki lebih banyak melanin. 

Obsesi memutihkan kulit membuat sangat boros. Banyak uang keluar hanya sekedar untuk perawatan memutihkan kulit. Juga boros waktu saat berlama-lama mengaplikasikan produk atau menjalani perawatan kulit. Obsesi ini juga memiliki risiko merugikan aspek kesehatan. 

Proses pemutihan, menggunakan bahan apapun, akan mengurangi jumlah melanin di kulit. Jika jumlah melanin berkurang maka secara alami perlindungan terhadap tubuh pun akan menghilang. Jangan lupa juga bahwa melanin berfungsi sebagai antioksidan alami. Terlebih jika tinggal di daerah khatulistiwa dimana matahari bisa terang bersinar sepanjang tahun.

Keamanan produk pemutih juga harus dipertimbangkan, sebab ternyata ada produk mengandung zat berbahaya seperti merkuri dan steroid. Banyak bahan belum diketahui efek bagi kesehatan. Regulasi keamanan bahan pun ternyata bisa berbeda di tiap negara. Terlebih lagi, tidak semua tindakan memutihkan kulit akan berhasil pada semua orang. Warna kulit akan berbelang-belang sehingga menjadi tampak tidak sehat serta merusak penampilan. Dibutuhkan biaya tidak sedikit untuk merawat kulit lebih lanjut. 

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan berbahaya berisiko membuat jaringan kulit menjadi rusak hingga membuat buruk penampilan, terjadi penuaan dini, atau bahkan kanker kulit

Terlahir memiliki kulit berwarna gelap secara alami ternyata memberi banyak keuntungan. Berkulit gelap alami dengan banyak melanin akan lebih terlindungi dari kerutan dan kanker kulit. Penelitian di lab menunjukkan kulit gelap alami ini akan lebih kuat, memiliki kohesi lebih kuat, melindungi kerusakan asam folat, memberikan perlindungan lebih baik dari kehilangan air hingga serangan kuman penyakit.

Meski demikian, tentu saja memiliki kulit berwarna gelap pun tetap harus dijaga kesehatannya dengan benar. Jaga kulit dengan perawatan secara tepat dan perlindungan memakai tabir surya. Memiliki kulit gelap tetap membutuhkan perlindungan saat melakukan aktivitas di luar rumah secara aman. Kulit harus dirawat serta dilindungi sebab semua warna kulit tetap berisiko mengalami kanker kulit atau penyakit kulit lainnya.

Menjadi Diri Sendiri

Jangan membenci warna kulitmu sendiri. Punya kulit gelap harus disyukuri. Punya kulit putih terang juga harus disyukuri. Rasa syukur dilakukan dengan menerima dan merawat diri sendiri dengan baik. Rupawan bisa hadir dalam berbagai penampilan warna kulit. Rasa percaya diri akan tumbuh jika bisa menerima juga mencintai diri sendiri. Fokus pada menjaga kesehatan kulit. Kulit sehat merupakan riasan terbaik. Memiliki kulit sehat bersih terawat akan membuat penampilan memukau meski tanpa banyak riasan wajah. Semua orang akan bisa gapai kesuksesan hidup sejahtera dengan menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri.

Jaga kesehatan kulit. Konsultasikan pemilihan produk lebih lanjut bersama dokter spesialis kulit jika memiliki jenis kulit sensitif atau sedang mengalami masalah gangguan kesehatan kulit.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.