Kesehatan Kulit

Memilih Kosmetik

KOSMETIK

Wanita mungkin identik dengan hobi bersolek. Banyak wanita tidak percaya diri jika keluar rumah tanpa riasan kosmetik. Riasan wajah dipercaya mampu menunjang performa seseorang. Saat ini produk riasan wajah semakin banyak pilihan. Aneka jenis lipstick, bedak, perona pipi dan kosmetik lainnya menggoda untuk dicoba.

Tips Kiat Memakai Kosmetik

Berikut tips kiat untuk memakai kosmetik di pagi hari:

  1. Cuci tangan dengan sabun serta air bersih yang mengalir sebelum memakai kosmetik.
  2. Bersihkan wajah pakai pembersih berformula lembut lalu keringkan dengan handuk/waslap bersih dengan gerakan tepukan ringan secara hati-hati.
  3. Oleskan produk perawatan dasar atau obat jika anda sedang dalam pengobatan oleh dokter. Gunakan jari manis saat akan mengoleskan krim di sekitar mata.
  4. Oleskan pelembab dan/atau tabir surya.
  5. Aplikasikan kosmetik sesuai petunjuk penggunaan produk.
  6. Bersihkan alat untuk memakai kosmetik secara berkala sesuai petunjuk perawatan produk.

Memilih Produk Kosmetik

Pilihan produk kosmetik saat ini sangat banyak sekali. Kemajuan teknologi juga memberikan banyak pilihan bentuk, jenis serta fungsi ganda pada kosmetik. Memilih produk kosmetik secara tepat menjadi kunci utama tampil cantik dengan tetap sehat. Produk kosmetik ada yang bisa bantu mengatasi kondisi penyakit tertentu, menyamarkan noda, menutupi kelainan kulit, melindungi kulit juga sekaligus berfungsi merawat kesehatan kulit. 

Pilih produk kosmetik sesuai dengan jenis kulit. Pakai produk kosmetik sesedikit mungkin sehingga riasan terasa ringan juga meminimalisir efek buruk pemakaian. Semakin banyak produk yang digunakan maka risiko mengiritasi kulit semakin besar. Saat ini juga tersedia produk kosmetik yang mengandung pelembab serta tabir surya. Pilih produk dengan fungsi ganda, seperti bedak mengandung tabir surya dan lipstik mengandung pelembab, akan memberikan bonus ekstra bagi kulit.

Salah memilih kosmetik menjadi awal bencana menyebabkan penuaan dini atau bahkan kerusakan kulit. Semua produk meskipun dari bahan alami tetap saja berpotensi menyebabkan iritasi juga alergi sehingga pilih dengan hati-hati. Jika terjadi iritasi dan alergi pada kulit segera periksa konsultasi ke dokter. Jangan tergoda dengan hanya ingin ikut tren kekinian.

Baca juga Wanita Dalam Pusaran Industri Kecantikan

Pilih produk kecantikan asli yang sudah resmi terdaftar di BPOM. Baca label produk sebelum membeli sehingga terlihat jelas bahan penyusun cocok bagi kebutuhan serta tidak ada kontraindikasi dalam pemakaian. Pastikan memakai produk asli juga tidak kadaluarsa. Tutup rapat produk saat tidak digunakan serta simpan di tempat aman sesuai petunjuk pakai. Buang produk kosmetik kadaluarsa, mengalami perubahan warna, atau berbau. Jangan memakai kosmetik bersama-sama orang lain.

Kulit sehat merupakan riasan terbaik. Jaga kesehatan kulit. Memiliki kulit sehat bersih terawat akan membuat penampilan cantik memukau meski tanpa banyak riasan wajah. Konsultasikan pemilihan produk lebih lanjut bersama dokter spesialis kulit jika memiliki jenis kulit sensitif atau bermasalah.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.