Tips Hidup Sehat

Wanita Dalam Pusaran Industri Kecantikan

BISNIS KECANTIKAN

Kulit dan Rambut Normal

Penampilan sangat penting bagi seorang wanita.

Kulit merupakan bagian luar tubuh paling mudah dilihat, sementara rambut bagai mahkota bagi seorang wanita. Kulit sebenarnya bukan sekedar hiasan. Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia yang berperan sangat penting bagi kehidupan sebagai lapisan pelindung paling luar.

Fungsi kulit bagi manusia:

  • Fungsi kulit utama untuk menjaga tubuh manusia dari goresan mekanik, zat kimia, biologis maupun radiasi berbahaya.
  • Kulit, rambut dan kelenjar keringat juga berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu tubuh sekitar 37 C meskipun suhu lingkungan panas atau dingin.
  • Kulit menjadi tempat pembentukan vitamin D yang sangat penting bagi kesehatan.
  • Melanin berfungsi sebagai pelindung dari sinar ultraviolet matahari juga antioksidan penangkal radikal bebas. Jumlah sintesis melanin akan mempengaruhi tingkat warna kecerahan kulit.
  • Rambut di permukaan kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari perlukaan dan meningkatkan sensasi.
  • Kelenjar minyak mengeluarkan minyaknya di folikel rambut. Minyak ini berfungsi menjaga kelembaban dan menjaga kulit.
  • Serabut saraf tepi di kulit berfungsi sebagai indera peraba pemberi informasi dari lingkungan sekitar. 

Organ utama di kulit tersusun atas rambut, kelenjar keringat, kuku serta lapisan kulit itu sendiri. Lapisan kulit terdiri atas 2 lapisan utama yaitu jaringan epidermis dan dermis. Epidermis terdiri atas 27 lapisan sel berkeratin dimana bagian paling luar tersusun atas sel-sel kulit mati yang rutin berganti. Lapisan keratin sangat penting sebagai pertahanan kulit. Terdapat sel melanosit yang akan menghasilkan bahan berwarna cokelat yang disebut melanin.

Pada lapisan dermis terdapat folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, serabut saraf, serat elastis, jaringan ikat padat, lapisan kolagen dan pembuluh darah. Keringat mengandung garam, air dan kotoran sisa metabolisme tubuh. Penguapan keringat saat kepanasan membantu menyejukkan badan. Pembuluh darah selain memberi nutrisi bagi kulit juga membantu tubuh mengatur suhu.  Terdapat lapisan kelenjar lemak di bawah kulit yang disebut jaringan subkutan.

Rambut dan kuku terbuat dari struktur keratin tebal yang tumbuh dari dasar kulit. Rambut tumbuh dari sel-sel di folikel rambut. Bentuk rambut lurus, ikal dan keriting disebabkan oleh perbedaan pada bentuk folikel. Rambut berfungsi sebagai pelindung mekanik bagi tubuh. Kuku berfungsi melindungi ujung jari yang sensitif serta membantu menjadi bantalan stabil saat menyentuh atau memegang sebuah benda. Rambut di kepala tumbuh sekitar 0,03 mm setiap hari. Kuku tumbuh sekitar 0,3 mm setiap minggu.

Kulit serta rambut yang sehat akan menunjang penampilan seseorang. Sidik jari dan rambut secara unik bisa menjadi petunjuk identitas seseorang. Selain itu, kulit juga bisa memberikan informasi penting terkait kondisi gangguan kesehatan.

Industri Kecantikan

Pada tahun 2017 keuntungan industri kosmetik global mencapai 265 milyar dollar. Wanita memang menjadi target marketing utama industri kecantikan yang potensial. Dari ujung rambut hingga ujung kaki berpotensi sekali bagi pemasaran produk. Tren rambut diatur sedemikian rupa mulai potongan, bentuk helaian, warna hingga gaya penampilan. Warna kuku dengan segala pernak-pernik hiasan. Bahkan warna kulit pun tak luput dari pembentukan standard kecantikan. Bentuk tubuh juga mengikuti cetakan tren para model sebagai kiblat bentuk manusia sempurna. 

Bisnis di industri ini membentuk pola standard kecantikan melalui berbagai teknik marketing menarik. Akibatnya para wanita kebingungan akan jati diri hingga tidak puas terhadap tubuh aslinya. Total jutaan dollar dihabiskan setiap tahunnya untuk menjangkau perawatan, alat atau produk mengatur bentuk tubuh, gaya rambut, memperlentik bulu mata, memoles wajah hingga mendapatkan kulit halus mulus supaya terpenuhi standard cantik kekinian.

Tren cantik di Indonesia biasanya seputar tubuh langsing, menjulang tinggi, dada besar, perut rata, kulit putih halus mulus, rambut hitam panjang, hidung mancung, bibir merah, pipi merona dengan bulu mata anti badai. Padahal banyak orang Indonesia terlahir dengan kulit sawo matang dan kuning langsat. Warna kulit dipengaruh oleh kadar melanin. Sementara itu, melanin memiliki efek protektif penting melindungi dari paparan sinar matahari di daerah khatulistiwa. 

Tidak dipungkiri bahwa banyak zat berbahaya bagi kesehatan tersembunyi di dalam kosmetik dan produk perawatan kecantikan. Terlebih pengaturan regulasi masih lemah dikombinasikan dengan kurangnya tingkat pengetahuan konsumen. Oleh sebab itu sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran tentang perawatan kulit sehat secara benar, juga cara memilih produk perawatan serta kosmetik yang aman.

Keamanan Produk

Awas! Produk kosmetik dan perawatan palsu atau abal-abal juga mengintai konsumen. Saat ini pilihan produk kosmetik juga perawatan kecantikan sangat beragam. Kemajuan teknologi juga hadirkan banyak produk bermanfaat yang membuat wanita bertambah cantik juga bantu menjaga kesehatan serta mencegah penuaan dini. Namun, tidak dipungkiri juga ada banyak produk tidak jelas keamanannya di luar sana. Produk-produk tersebut bahkan ada yang hanya mengandalkan testimoni para public figure melalui iklan berbayar. Tentu ini sangat berbahaya.

Produk perawatan yang aman adalah produk yang telah ternotifikasi dan penandaan sesuai dengan yang telah disetujui. Produk kosmetika terdaftar dapat dilihat pada website BPOM di http://www.pom.go.id pilih produk teregistrasi atau http://ceknie.pom.go.id, dapat dicari melalui nama produk, merk, atau dapat menghubungi HaloBPOM 1500533 atau SMS ke 081219999533 atau email ke halobpom@pom.go.id. Berikut adalah tips dari Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan POM RI untuk memilih kosmetika yang baik:

1. Kemasan: Pastikan kemasan produk dalam keadaan baik (tidak rusak/cacat/jelek). Perhatikan isi produk apakah ada perubahan warna, bau dan konsistensi produk (produk menjadi lebih encer).

2. Label: Kosmetika yang memenuhi persyaratan akan mencantumkan penandaan secara lengkap.

Perhatikan juga komposisi bahan dalam produk kosmetika, apakah terdapat bahan yang dapat menyebabkan alergi, iritasi atau sensitisasi. Bila ragu, tanyakan pada beauty advisor atau sales promotion atau penjualnya atau gunakan tester (bila tersedia).

3. Izin Edar: Sudah mendapat izin edar/ternotifikasi di BPOM. Kode izin edar/notifikasi:

POM N + kode benua (A sampai dengan E) diikuti oleh 11 digit angka (notifikasi). Kode POM CA/CD/CL sudah tidak berlaku lagi sejak tanggal 31 Desember 2013 sesuai dengan Surat Edaran Deputi 2 Nomor 06.03.43.03.11.590 tentang Izin Edar.

3. Kegunaan dan Cara Penggunaan: Gunakanlah kosmetik sesuai dengan kebutuhan, tanpa terpengaruh oleh promosi dan iklan yang berlebihan. Perhatikan dan ikuti cara penggunaan produk kosmetika

4. Kedaluwarsa: Lakukan pengecekan tanggal pembuatan dan/atau batas kedaluwarsa produk kosmetika yang dibeli. Hindari pemakaian kosmetika yang sudah kedaluwarsa atau jika produk telah berubah warna, tekstur dan aromanya.

5. Hindari pemakaian jika terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

Tip cerdas memilih kosmetik membantu konsumen dalam membeli produk aman. Belilah produk kosmetik aman, sudah dipastikan asli dan terjamin mutunya. Jangan mudah tergiur dengan testimoni juga harga barang murah lebih rendah dari harga pasar. Pastikan teliti sebelum membeli, teliti legalitas produk, teliti membaca komposisi bahan penyusun, teliti memastikan pembuat dan penyalur produk terpercaya juga teliti mengecek masa pakai produk.

Beberapa kondisi kulit butuh perawatan ekstra sehingga sebaiknya segera periksa konsultasikan lebih lanjut bersama dokter spesialis kulit berkompeten untuk penanganan terbaik sesuai kondisi kulit.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.