Kesehatan Umum

Polip Hidung

POLIP HIDUNG

Pengertian Polip Hidung

Polip hidung merupakan pertumbuhan tidak normal pada lapisan mukosa di rongga hidung. Polip hidung biasanya berupa massa lunak, berwarna putih atau keabu-abuan, bertangkai sehingga bisa digerakkan, lunak, tumbuh di dalam rongga hidung.

rongga hidung 

Rongga Hidung (sumber gambar Medline Plus)

Penyebab dan Faktor Risiko Polip Hidung

Polip tumbuh akibat reaksi hipersensitivitas atau reaksi alergi dalam waktu lama di mukosa hidung.

Penderita rhinitis alergi, sinusitis kronis, asma, alergi aspirin, cystic fibrosis lebih berisiko mengalami polip hidung.

Proses Terjadinya Polip Hidung

Mukosa hidung mengalami pembengkakan dan peradangan dalam waktu lama. Akibatnya terjadi pembengkakan terisi cairan serta sel-sel radang kemudian terdorong ke dalam rongga hidung oleh gaya gravitasi.

Tanda dan Gejala Polip Hidung

  • Terasa hidung tersumbat dalam waktu lama.
  • Sumbatan menetap dan gejala semakin berat
  • Hidung meler
  • Terjadi gangguan penciuman
  • Terjadi gangguan merasakan makanan
  • Bisa terjadi gejala sinusitis jika sumbatan terletak di ostium sehingga timbul keluhan nyeri, sakit kepala
  • Sering bersin
  • Iritasi hidung

Diagnosis dan Pemeriksaan Polip Hidung

Dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Dilakukan pemeriksaan rhinoskopi anterior untuk melihat ke dalam rongga hidung. Rontgen sinar X, endoskopi, computed tomography (CT) scan dilakukan untuk memperjelas gambaran massa di dalam hidung.

Terapi dan Tata Laksana

Jika polip masih kecil akan diberikan obat semprotan hidung dan obat minum untuk mengurangi sumbatan hidung, pembengkakan serta peradangan sehingga polip mengecil. Namun polip bisa kambuhan. Pada polip ukuran besar akan dilakukan tindakan operasi dengan operasi menggunakan endoskopi, etmoidektomi intranasal atau etmoidektomi ekstranasal.

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.