Kesehatan Umum

Kutu Rambut

KUTU RAMBUT

Penyakit kutu rambut ini terjadi ketika parasit penyedot darah tinggal di kepala. Kutu rambut merupakan parasit kecil tidak bersayap dengan warna tubuh coklat kemerahan yang tinggal, berkembang biak dan makan di kulit kepala manusia. Parasit kecil ini telah eksis sejak jutaan tahun lalu mengikuti evolusi kehidupan manusia. Penularan kutu melalui kontak langsung dengan penderita. Kutu kemudian merayap dari kepala satu ke kepala lainnya tanpa peduli pada perbedaan ras serta asal negara.

Gejalanya kepala gatal dan sensasi geli merayap di kulit kepala. Penderita infeksi kutu rambut akan menggaruk kulit hingga akhirnya membuat luka serta risiko infeksi sekunder.

Kutu rambut betina akan bertelur 3 – 8 butir setiap hari. Telur melekat erat di helaian rambut dengan jarak 1,5 cm dari kulit kepala. Kehangatan kulit kepala akan bantu anakan kutu untuk menetas. Kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat sehingga memilih untuk merayap dari kepala satu berpindah ke kepala lain. Penularan terjadi ketika ada kontak dekat dengan kepala penderita misalnya saat bermain, berpelukan atau berdampingan.

Cara sederhana menemukan kutu rambut dengan memakai sisir serit dan kondisioner. Coba lakukan langkah berikut ini:

  1. Pakai kondisioner kemudian gunakan sisir untuk meratakan kondisioner ke rambut yang sebelumnya sudah disisir dan dalam kondisi kering
  2. Sisir rambut dengan seksama menggunakan sisir serit khusus kutu
  3. Bersihkan kondisioner yang menempel di sisir serit memakai tisu
  4. Amati apakah ada kutu atau telur menempel dari sisir serit
  5. Ulangi menyisir pakai sisir serit hingga 4-5 kali ke seluruh bagian rambut di kepala
  6. Jika ditemukan kutu atau telur kutu maka segera terapi membasmi kutu rambut sesuai kondisi 

Kutu biasanya menular dari masing-masing anak kemudian menyebar ke seluruh anggota keluarga. Jika ada satu orang anak sakit, sebaiknya seluruh anggota keluarga diperiksa. Terapi hanya dilakukan pada orang yang terinfeksi kutu rambut. Obat pembasmi kutu tidak digunakan sebagai cara prevensi pencegahan infeksi kutu pada orang sehat. Pencegahan dengan cara menjaga kebersihan serta hindari memakai benda pribadi bersama orang lain. Namun, terkadang tetap juga bisa tertular kutu rambutmeski sudah berusaha hati-hati. Kutu rambut bisa coba dibasmi dengan cara metode kering seperti di atas, atau metode basah berikut ini.

Metode pembasmian kutu dengan cara basah:

  • Basahi rambut kemudian cuci dengan sampo 
  • Oleskan kondisioner sangat banyak hingga merata di  kulit kepala juga seluruh rambut
  • Gunakan serit untuk menyisir seluruh rambut dari pangkal rambut hingga ujung rambut
  • Sisir pakai serit dengan seksama, biasanya bisa 10 menit untuk rambut pendek dan hingga 30 menit untuk rambut panjang yang keriting. Sisir hingga tidak tampak lagi kutu berkeliaran di kulit kepala.
  • Ulangi setiap 2 hari atau pada hari 1, 5, 9 dan 13 untuk membasmi semua anakan kutu baru yang menetas. Lakukan terus tiap 2 hari sampai hari ke-10 pasca bebas kutu. Cek ulang di hari ke-17 untuk memastikan keberhasilan pembasmian kutu.

Sebaiknya segera periksa ke dokter supaya lebih cepat teratasi sebab infeksi kutu sangat menular. Terlebih jika disertai keluhan gejala mengganggu atau kutu membandel. Pemeriksaan dilakukan dengan mencari kutu juga telurnya memakai kaca pembesar khusus. Dokter akan meresepkan obat pembasmi kutu dan telur kutu rambut.

Obat bisa tersedia dalam bentuk lotion, sampo atau sediaan lainnya. Jika berupa lotion maka oleskan obat secara berhati-hati hingga merata ke seluruh bagian. Jika sampo maka basahi rambut dengan sedikit air kemudian oleskan obat secara berhati-hati hingga merata ke seluruh bagian. Bersihkan berhati-hati sesuai petunjuk pemakaian obat. Pemberian obat akan diulangi selang 7 hari untuk membasmi kutu yang baru menetas. Gunakan sisir serit untuk mengecek apakah terapi berhasil. Jaga kebersihan dan lakukan terapi sesuai petunjuk pengobatan dari dokter. 

Menurut CDC belum ada data menunjukkan jika kutu rambut bisa mati memakai minyak goreng, minyak zaitun, mayones, mentega, margarin, dll. Cuci baju, sprei, sarung bantal, handuk yang kontak dengan penderita memakai air panas (suhu sekitar 50 – 60 ºC atau 130°F) serta jemur di bawah sinar matahari sehingga kutu juga telur bisa diberantas. Untuk lebih berhati-hati sebaiknya jangan memakai benda pribadi bersama orang lain. Jaga kebersihan tempat tidur, sisir, handuk, pakaian dan benda-benda personal lainnya. Jika khawatir ada kutu tercecer di karpet, kursi, tempat tidur serta perabotan rumah lain maka bisa dibersihkan dengan penyedot debu seperti biasa.

kutu rambut

Gambar kutu rambut (sumber Better Health Channel)

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.