Penyakit Kanker

Mieloma Multipel

MIELOMA MULTIPEL

Pengertian Mieloma Multipel

Mieloma multipel (myeloma multiple) merupakan penyakit keganasan pada sel plasma di sumsum tulang. Sumsum tulang merupakan jaringan lunak yang terletak di dalam tulang. Sumsum tulang menjadi tempat produksi sel-sel darah. Penyakit keganasan pada sel-sel plasma di sumsum tulang akan mengganggu produksi sel darah normal. Kondisi ini menyebabkan kelemahan tulang, anemia dan gangguan kekebalan tubuh. Disebut multipel karena kondisi ini bisa terjadi di banyak tulang seperti tulang rusuk, tengkorak, tulang panggul juga tulang belakang.

Penyebab Mieloma Multipel

Terjadi kerusakan DNA sehingga sel normal berubah menjadi sel ganas. Sel-sel ganas berkembang sehingga menyebabkan penyakit kanker. Namun belum diketahui secara pasti penyebab munculnya keganasan sel multipel mieloma. Saat ini beberapa kondisi tertentu dicurigai bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker

Faktor Risiko Mieloma Multipel

Faktor risiko mieloma meliputi:

  • umur: lebih sering ditemukan pada orang berumur di atas 60 tahun
  • riwayat memiliki kondisi monoclomal gammopathy of undetermined significans (MGUS)
  • jenis kelamin: pria lebih sering mengalami
  • riwayat keluarga dengan MGUS
  • riwayat keluarga dengan multipel mieloma

Harap diperhatikan bahwa memiliki faktor risiko belum tentu akan mengalami sakit dan tidak memiliki faktor risiko juga belum tentu bebas dari kemungkinan bisa sakit.

Tanda dan Gejala Mieloma Multipel

Gejala penyakit antara lain nyeri pada tulang biasanya nyeri punggung atau pada tulang rusuk. Bisa terjadi patah tulang punggung. Tubuh terasa lemah, kelelahan serta mudah capek. Mudah mengalami berdarah seperti mimisan atau gusi berdarah. Kulit sering terjadi memar. Sering kehausan, mual, muntah atau juga sembelit. Sering sakit infeksi atau demam yang tidak jelas penyebabnya. Jika sakit lama sembuhnya atau sulit sembuh.

Segera periksa ke dokter jika mengalami salah satu atau lebih keluhan tanda gejala sakit di atas. Banyak kondisi penyakit memiliki gejala serupa, periksa ke dokter menjadi cara terbaik mengetahui penyebab munculnya keluhan gejala. Sayangnya kondisi kanker stadium awal seringkali tidak menimbulkan keluhan gejala, gejala penyakit tidak khas sehingga sulit terdiagnosis lebih dini. 

Pemeriksaan dan Diagnosis Mieloma Multipel

Diagnosis dilakukan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan tes darah serta tes lain yang sekiranya diperlukan. Pemeriksaan laboratorium pada multipel mieloma meliputi tes darah untuk deteksi abnormalitas sel-sel darah, kadar kalsium dan protein M. Tes urin untuk deteksi kadar protein M yang dibual oleh sel mieloma di dalam urin. Foto X-ray tulang yang dicurigai mengalami keganasan sumsum tulang. Foto sinar-X juga dilakukan karena sering timbul keluhan berupa fraktur tulang akibat keganasan ini.

Pemeriksaan penunjang dengan diagnosis pencitraan seperti magnetic resonance imaging (MRI) dan computerised tomography scan (CT scan) dilakukan untuk melihat gambaran lebih detail organ tubuh serta mendeteksi jika ada penyebaran sel kanker. Aspirasi dan biopsi sumsum tulang dilakukan untuk memperoleh sampel contoh jaringan sumsum tulang untuk pemeriksaan patologi anatomi. Pada pemeriksaan jaringan juga bisa dilakukan analisis kromosom sel.

Terapi dan Tata Laksana Mieloma Multipel

Pengobatan multipel mieloma dilakukan untuk mengontrol keluhan gejala serta meningkatkan kualitas hidup. Saat ini pengobatan yang dilakukan:

  • pengobatan anti-mieloma yang akan memusnahkan sel-sel kanker atau mengontrol kanker yang relaps
  • pengobatan serta prosedur intervensi medis untuk mengatasi komplikasi seperti anemia, nyeri, patah tulang 

Pengobatan anti-mieloma dengan pemberian kemoterapi, radioterapi serta obat-obatan yang akan menghancurkan sel kanker. Obat juga ada yang untuk memperlambat pertumbuhan kanker maupun pembuluh darah kanker. Penderita rentan mengalami komplikasi infeksi sehingga akan diberikan antibiotik jika terjadi infeksi bakteri. Fraktur tulang akan diatasi dengan operasi pemasangan pelat, pin atau screw. Transplantasi sumsum tulang dilakukan untuk menggantikan sel-sel sumsum tulang yang telah rusak.

Penanganan kanker akan dilakukan oleh tim tenaga kesehatan yang terdiri dari berbagai keahlian sehingga proses terapi bisa secara menyeluruh. Diskusikan pemilihan terapi lebih lanjut bersama tim dokter. Bergabung dengan kelompok pendukung akan sangat membantu.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.