Kesehatan Umum

Cerumen Prop

CERUMEN OBTURANS (PROP)

Pengertian Cerumen Obturan (Prop)

Telinga terbagi menjadi 3 bagian. Telinga luar merupakan bagian telinga yang bisa kita lihat. Telinga tengah merupakan bagian telinga dibatasi oleh gendang telinga serta terdapat tulang-tulang pendengaran. Telinga dalam terdapat persarafan yang akan menghantarkan impuls persarafan dari gelombang suara menuju ke otak. Liang telinga merupakan bagian dari telinga luar. Terdapat lapisan kulit bagian luar yang akan bermigrasi ke arah luar, juga mengandung kelenjar khusus yang memproduksi cerumen di liang telinga.

Sekresi khusus telinga yang disebut cerumen bermanfaat menjaga kesehatan telinga. Cerumen berwarna kekuningan, bersifat anti-air, lengket dan akan berpindah posisi menuju bagian luar hingga akhirnya keluar sendiri dari telinga. Cerumen melindungi telinga dari infeksi serta iritasi karena akan menjebak kuman penyebab penyakit, debu serta iritan yang masuk ke telinga. Cerumen akan bantu menjaga kebersihan liang telinga secara otomatis. Gerakan rahang saat makan juga bicara akan bantu mengeluarkan kotoran dari telinga.

anatomi telinga.jpg Anatomi Telinga (Medline Plus)

Cerumen atau kotoran telinga biasa yang tidak menyumbat serta tidak menimbulkan keluhan merupakan bagian normal dari telinga. Terkadang terjadi penumpukan cerumen yang terdiri dari deskuamasi sel-sel kulit mati, hasil sekresi kelenjar keringat dan kelenjar minyak di dalam liang telinga. Kondisi ini biasanya ringan serta cerumen akan lepas sendiri. Namun bisa pula terjadi penumpukan kotoran membentuk cerumen prop hingga menimbulkan gejala gangguan pendengaran serta telinga tidak nyaman.

Macam Cerumen Obturans (Prop)

Penumpukan cerumen dibedakan berdasarkan konsistensi, letak dan ukuran. Konsistensi cerumen bisa keras atau lunak. Letak cerumen bisa jauh atau dekat. Ukuran bisa besar atau kecil. 

Penyebab Cerumen Obturans (Prop)

Pengumpulan massa cerumen sehingga menutup liang telinga akibatnya mengganggu proses pendengaran. Gelombang suara jadi tidak lancar diterima oleh gendang telinga.

Faktor Risiko Terjadinya Cerumen Obturans (Prop)

Beberapa kondisi bisa meningkatkan risiko mengalami cerumen prop, yaitu:

  • Produksi cerumen berlebihan
  • Cerumen yang diproduksi oleh telinga terlalu pekat
  • Kelainan pada bentuk liang telinga seperti liang telinga terlalu sempit
  • Liang telinga banyak rambut
  • Kegagalan migrasi sel kulit keluar telinga terlalu sering membersihkan telinga
  • Kondisi yang menyebabkan peradangan di telinga atau kulit kepala
  • Bekerja atau tinggal di tempat kotor berdebu

Cara membersihkan telinga salah akan bisa menyebabkan cerumen prop. Membersihkan telinga memakai batang kapas (cotton buds) dan jari berisiko akan mendorong kotoran telinga semakin masuk ke dalam telinga. 

Tanda dan Gejala Cerumen Obturans (Prop)

Tanda gejala mengalami cerumen prop antara lain:

  • Telinga terasa tersumbat
  • Gangguan pendengaran ringan, kurang dengar
  • Telinga terasa penuh
  • Telinga sakit
  • Telinga berdenging (tinnitus)
  • Bisa tampak sesuatu berwarna kehitaman di lubang telinga 

Cerumen prop tidak berbahaya pada sebagian besar kasus, namun bisa menyebabkan telinga sakit dan tidak nyaman.

Pemeriksaan dan Diagnosis Cerumen Obturans (Prop)

Segera periksa ke dokter jika mengalami keluhan sakit telinga. Diagnosis dilakukan dengan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Akan dilakukan pemeriksaan otoskopi untuk melihat liang telinga. Terlihat cerumen berwarna kehitaman menyumbat liang telinga.

Terapi dan Tata Laksana Cerumen Obturans (Prop)

Kotoran cerumen akan diambil oleh dokter. Pilihan terapi tergantung pada kondisi keparahan serta konsistensi cerumen. Terapi cerumen prop antara lain:

  • Pemberian obat tetes telinga khusus yang akan melarutkan cerumen sehingga bisa keluar sendiri
  • Dokter akan memakai alat suntikan khusus untuk menyemprotkan cairan yang akan mengeluarkan sumbat cerumen
  • Dokter akan memakai alat penghisap khusus untuk membersihkan liang telinga
  • Dokter akan mengeluarkan cerumen memakai forceps khusus 
  • Pada kondisi tertentu akan dirujuk ke dokter spesialis THT

Tips Kiat Mencegah Cerumen Obturans (Prop)

Jangan membersihkan telinga secara berlebihan sehingga justru mengganggu fisiologi, menimbulkan infeksi serta meningkatkan risiko terjadi cerumen prop. Teknik membersihkan telinga yang salah memakai cotton bud justru akan mendorong cerumen semakin ke dalam sehingga berisiko menimbulkan tumpukan massa cerumen. Jangan memakai ear candles sebab tidak bermanfaat untuk membersihkan cerumen namun bisa berpotensi merusak liang telinga serta gendang telinga.

Jangan memasukkan kapas, jepit rambut, tusuk gigi, kunci atau benda ke dalam liang telinga sebab justru bisa merusak telinga, melubangi gendang telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran. Jangan memasukkan tetesan obat atau cairan apapun tanpa petunjuk dokter spesialis THT jika terdapat riwayat operasi telinga, robek gendang telinga atau kondisi lain. Bersihkan dan rawat alat bantu dengar dengan benar sesuai petunjuk ahli serta petunjuk pabriknya. Segera pergi periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut jika terjadi sakit telinga, keluar cairan, keluar darah atau telinga tidak nyaman. 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.