Kesehatan Umum

Sakit Telinga Otitis Eksterna

OTITIS EKSTERNA

Pengertian Otitis Eksterna

Otitis eksterna merupakan peradangan, iritasi atau infeksi pada liang telinga bagian luar dan daun telinga. Kondisi ini sering ditemukan, sering disebut sebagai “swimmer’s ear”.

anatomi telinga.jpg Anatomi Telinga (Medline Plus)

Otitis eksterna diklasifikasikan menjadi:

  • Otitis eksterna akut
  • Otitis eksterna akut difus
  • Otitis eksterna akut sirkumskripta
  • Otitis eksterna kronik
  • Otitis eksterna eksimatoid
  • Otitis eksterna nekrotikans

Penyebab Radang Telinga Otitis Eksterna

Otitis eksterna sering terjadi karena:

  • ada air tidak bersih masuk ke dalam telinga
  • luka pada liang telinga atau daun telinga
  • suatu benda masuk menyumbat telinga

Memasukkan batang kapas (cotton bud) atau benda lain untuk bersih-bersih liang telinga berisiko mendorong kotoran semakin masuk ke dalam serta menggores menimbulkan luka goresan di liang telinga. Otitis eksterna juga bisa terjadi bersamaan dengan infeksi saluran pernafasan bagian atas atau juga otitis media. Air di kolam renang, danau, tempat rekreasi air atau tempat lain yang masuk ke dalam telinga bisa mengandung bakteri. Bakteri tersebut kemudian menimbulkan infeksi dalam liang telinga. Infeksi telinga juga bisa karena jamur.

Radang telinga otitis eksterna kronis bisa disebabkan karena:

  • Reaksi alergi terhadap suatu benda yang terdapat di telinga
  • Kondisi kronis seperti eksim atau psoriasis

Faktor Risiko Radang Telinga Otitis Eksterna

Faktor risiko paling sering antara lain:

  • Riwayat sering melakukan aktivitas di air: berenang, berselancar, mendayung. Tanda gejala sakit radang telinga otitis eksterna bisa muncul dalam beberapa hari setelah berenang/aktivitas wisata air.
  • Riwayat cidera sebelumnya, misalnya membersihkan telinga dengan alat, mengorek telinga memakai batang kapas (cotton bud), memasukkan air ke telinga
  • Riwayat penyakit: diabetes mellitus, systemic lupus erythemathosis (SLE), psoriasis, dermatitis atopic, infeksi HIV
  • Usia: bayi dan anak kecil lebih rentan mengalami peradangan telinga luar

Tanda dan Gejala Radang Telinga Otitis Eksterna

Peradangan pada liang telinga bisa menimbulkan gejala tidak nyaman, bahkan hingga nyeri kesakitan. Tanda gejala sakit biasanya:

  • Bagian dalam liang telinga terasa gatal
  • Telinga kemerahan dan membengkak
  • Telinga terasa sakit saat daun telinga ditarik atau ditekan
  • Bisa keluar cairan bahkan nanah dari liang telinga

Radang liang telinga bisa terasa sangat sakit. Telinga terasa penuh, seperti ada tekanan. Penderita merasakan rasa sakit pada telinga, terutama saat daun telinga dipegang atau ketika mengunyah. Kualitas rasa sakit bervariasi, bisa ringan hingga sangat berat. Telinga di bagian dalam dan sekitarnya terasa gatal, iritasi, tidak nyaman. Badan terasa lelah tidak berenergi. Kulit di sekitar dan di dalam telinga tampak bersisik.

Pendengaran bisa menjadi berkurang, tidak jelas sehingga jika bicara berteriak atau mendengar harus dengan suara kencang. Terdengar suara berdenging di telinga (tinnitus). Bisa disertai keluhan lain seperti demam, keluar cairan dari telinga atau telinga terasa basah padahal tidak sedang terkena air. Keluhan muncul biasanya pada satu telinga, jarang yang langsung pada kedua telinga. 

Pemeriksaan dan Diagnosis Radang Telinga Otitis Eksterna

Segera periksa ke dokter jika mengalami keluhan pada telinga. Diagnosis dilakukan dengan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan telinga akan terasa sakit dengan nyeri tekan tragus dan nyeri tarik daun telinga. Dokter akan melakukan pemeriksaan telinga memakai otoskopi. Pemeriksaan skrining pendengaran dilakukan dengan tes garpu tala.

Diagnosis Banding Radang Telinga Otitis Eksterna

Kondisi lain yang bisa menyerupai otitis eksterna antara lain perikondritis, kondritis, otomikosis

Terapi dan Tata Laksana Radang Telinga Otitis Eksterna

Pengobatan diberikan sesuai penyebab serta kondisi telinga. Dokter akan membersihkan liang telinga. Obat yang diberikan bisa sediaan tetes telinga atau salep. Jika terjadi otitis eksterna sirkumskripta akan diberikan obat memakai tampon yang dimasukkan ke dalam telinga. Dokter akan memberikan petunjuk khusus saat mandi serta tata cara pemberian obat. Tidak boleh berenang saat pengobatan.

Komplikasi Radang Telinga Otitis Eksterna

Jika menjadi parah bisa muncul komplikasi seperti abses, infeksi telinga kronis, jaringan parut, stenosis liang telinga.

Tips Kiat Mencegah Radang Telinga Otitis Eksterna

Hindari membersihkan, mengorek, memasukkan batang kapas cotton bud atau alat ke dalam telinga. Jika berenang, berolahraga air atau menikmati wisata air bisa menggunakan pelindung telinga supaya tidak kemasukan air. Keluarkan air kolam yang masuk ke telinga saat bermain air. Jaga jangan sampai air masuk ke dalam telinga saat mandi atau keramas. Keringkan telinga setelah selesai berenang atau keramas dengan memakai handuk bersih. Jika memiliki riwayat kesehatan tertentu sebaiknya laporkan ke dokter saat akan berenang atau berwisata air untuk mendapatkan obat tetes perawatan telinga mencegah peradangan. Lakukan pembersihan juga pemeriksaan telinga secara teratur setiap 6 bulan sekali di dokter spesialis THT.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.