Kesehatan Anak

Kerak di Kulit Kepala Bayi

KERAK DI KULIT KEPALA BAYI

Cradle Cap

Beberapa bayi memiliki kerak di kulit kepala yang sering disebut cradle cap. Kulit kepala bayi tampak dilapisi oleh lapisan kerak, tebal, bersisik, kemerahan dan berminyak. Kelainan kulit ini penyebabnya pada sebagian besar kasus tidak diketahui, kemungkinan bisa karena pengaruh perubahan hormonal ibu pada saat kehamilan. Kerak kulit kepala akan menghilang dengan sendirinya.

1544150318028

Cradle cap umumnya timbul pada minggu pertama, namun dapat juga terjadi pada bayi usia lebih dari 3-4 bulan. Kadang kerak kemerahan bersisik dapat juga dijumpai pada bagian kulit lain seperti pada wajah, belakang telinga, lipatan leher, lipatan ketiak serta bisa ke area popok. Jika timbul di kulit kepala saja maka disebut cradle cap. Jika menyebar ke area lain bisa pula disebabkan dermatitis seborrheic. Umumnya tidak gatal dan bayi tidak merasa terganggu. Meski tidak berbahaya sebaiknya kerak kepala bayi dibersihkan secara rutin.

Tips kiat mengatasi kerak kepala bayi:

  • Basuh bersih kepala bayi memakai sampo bayi berformula lembut saat mandi,
  • Bersihkan kulit kepala dengan sampo dalam gerakan memijat berputar secara lembut selama dua sampai tiga menit
  • Bilas dengan air bersih hingga busa sampo bersih
  • Sisa kerak yang sudah terlepas kemudian menempel di rambut bayi dapat disisir secara perlahan

Kerak dari cradle cap biasa akan berangsur-angsur menghilang seiring dengan berjalannya waktu. Penggunaan sampo bayi secara rutin dapat mengurangi lapisan kerak yang terbentuk dan mempercepat proses penyembuhan. Pemakaian minyak atau krim jika tidak cocok justru berisiko munculnya kerak lebih tebal. Pemakaian sampo bayi kemudian dilanjutkan dengan menyisir lembut rambutnya biasanya bantu mengatasi kerak kepala.

Pastikan kondisi yang dialami bayi merupakan cradle cap serta bukan karena infeksi, alergi, iritasi atau kurang menjaga higienitas. Segera bawa bayi periksa ke dokter jika mengalami salah satu tanda gejala berikut ini:

  • kerak kepala tidak membaik setelah 2 minggu,
  • kerak tebal susah teratasi,
  • muncul kerak menyebar di bagian kulit lain,
  • kerak disertai dengan rasa gatal,
  • terdapat tanda infeksi,
  • kerak bernanah,
  • kerak kepala berdarah
  • kerak berbau tidak sedap,
  • bayi terlihat tidak nyaman karena mungkin terasa nyeri,
  • kerak makin meluas maka bawa bayi periksa ke dokter

Bawa bayi periksa ke dokter kapan pun ada tanda gejala yang membuat orang tua khawatir. Pada kerak cradle cap cukup tebal biasanya dokter anak akan menganjurkan pemakaian sampo khusus. Pada dermatitis seborrheic maka dokter akan meresepkan pemberian salep. Jika terjadi infeksi sekunder atau lainnya maka dokter akan memberikan pengobatan tambahan sesuai kondisi bayi.

Baca tentang informasi Cara Memandikan Bayi dan Perawatan Tali Pusat Bayi

Semua bayi dan ibu harus sudah diperiksa oleh tenaga kesehatan berkompeten saat mau pulang pasca persalinan. Tanyakan tips kiat perawatan harian, juga tanda yang harus diperhatikan. Lakukan periksa kontrol kesehatan secara teratur. Pada saat pemeriksaan kesehatan rutin, minta dokter melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga tumbuh kembang kesehatan bayi selalu terpantau. Segera bawa bayi periksa ke dokter atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat jika terdapat salah satu tanda dan gejala berbahaya.

Memahami tumbuh kembang dan kesehatan anak sangat membantu bagi orang tua. Orang tua bisa mengetahui apa saja bagian normal dari proses tumbuh-kembang, juga deteksi dini jika ada masalah kesehatan. Miliki buku Kesehatan Anak yang berisikan informasi catatan kesehatan anak. Pantau tumbuh-kembangnya, juga lakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan segera periksa konsultasikan bersama tenaga kesehatan dan dokter berkompeten jika ada masalah.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.