Kesehatan Kulit

Rambut Sehat

RAMBUT SEHAT

Pertumbuhan Rambut 

Rambut bagai mahkota kepala seorang wanita. Rambut juga menjadi ciri khas sebab jadi bagian pertama dilihat oleh orang lain pada seseorang. Terdapat sekitar 100.000 hingga 150.000 helai rambut di kepala. Rambut tumbuh dari folikel di kulit. Bagian hidup dari rambut hanya ada di folikelnya. Terjadi proses keratinisasi dimana sel-sel fiber di folikel semakin memanjang dengan penambahan protein keratin. Siklus pertumbuhan rambut akan rutin memperbarui rambut-rambut di tubuh kita.

Pada fase pertumbuhan akan dibentuk rambut baru. Panjang rambut bergantung pada durasi fase pertumbuhan. Satu helai rambut di kepala akan terus tumbuh bertambah satu sentimeter setiap bulan dalam waktu 3 tahun. Kemudian terjadi fase dorman selama 3 bulan dimana rambut akan rontok. Stem sel di folikel rambut kemudian memproduksi rambut baru. Rambut di kepala terus tumbuh hingga 36 cm dalam 3 tahun. Rambut di ketiak dan selangkangan hanya tumbuh 6 hingga 9 bulan. Setiap hari terjadi sekitar 100 helai rambut rontok dari kulit kepala. 

Rambut sehat, kuat dan indah berkilau menjadi dambaan setiap orang. Rambut sehat ditentukan oleh faktor lingkungan eksternal dan internal dari dalam tubuh sendiri. Rambut sehat perlu nutrisi memadai dari makanan bergizi seimbang, dipengaruhi oleh aktivitas fisik dan terjaga dari paparan sinar matahari. Tekstur rambut terdapat:

  1. Rambut spiral melingkar
  2. Rambut keriting
  3. Rambut lurus
  4. Rambut bergelombang
  5. Rambut kelabu

Bentuk alami rambut ditentukan oleh sel-sel di folikel kulit. Warna rambut ditentukan dari pigmen zat warna sel melanosit di papilla. Nutrisi rambut berasal dari dalam kulit kepala sehingga gaya hidup sehat secara langsung juga akan membuat rambut sehat. Kebersihan dan kelembaban kulit kepala sangat penting. Lindungi rambut dari paparan sinar matahari, angin dan air berklorin supaya terjaga kelembabannya.

hair_dye_og.jpg

Perawatan rambut (sumber gambar

Perawatan Rambut Sehat

Helaian rambut memang bukan sel hidup namun bukan berarti tidak butuh dirawat.

Cuci rambut secara rutin memakai sampo dan kondisioner. Sampo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala juga menjaga helaian rambut supaya tidak rusak. Sampo merek tertentu juga digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit kepala seperti dermatitis, kerontokan, ketombe hingga psoriasis dengan tetap menjaga helaian rambut lembut cantik berkilau (tergantung kondisi medis). Kondisioner berfungsi untuk mengurai helaian rambut sehingga mengurangi gesekan, meminimalkan rambut kusut dan mudah disisir. Kondisioner bekerja dengan menetralkan muatan negatif rambut serta melumasi kutikula.

Cara mencuci rambut:

  1. Basahi seluruh bagian rambut dan kulit kepala
  2. Gunakan sampo secukupnya 
  3. Gunakan sampo dengan cara memijat lembut kulit kepala. Jangan gosok kulit kepala terlalu kencang.
  4. Hindari menggosok-gosok atau menggesekkan antar-helaian rambut sebab bisa merusak permukaan mikroskopis. 
  5. Basuh hingga bersih tidak ada lagi busa gelembung di kepala
  6. Pakai handuk bersih dengan lembut, jangan gesek-gesekkan rambut sebab bisa merusak rambut jadi rapuh, mudah patah atau bercabang. 
  7. Sebisa mungkin biarkan rambut mengering secara alami
  8. Gunakan sisir dengan hati-hati

Pilih sampo sesuai jenis kulit kepala. Rambut sangat berminyak mungkin perlu dicuci setiap hari memakai sampo khusus rambut berminyak. Hindari pemakaian produk mengandung minyak seperti pomade sebab akan menambah rambut makin lepek. Rambut kering gunakan sampo berformula lembut juga kondisioner, cuci lebih jarang. Gunakan kondisioner sesuai jenis rambut. Oleskan kondisioner secara merata dari pangkal hingga ke ujung rambut setiap kali selesai mencuci rambut dengan sampo. Keringkan rambut dengan cara membungkusnya dengan handuk bersih sehingga air terserap di handuk.

Frekuensi mencuci rambut tergantung dengan aktivitas, jenis rambut dan kondisi rambut. Rambut lurus mudah berminyak sehingga butuh lebih sering dicuci. Rambut keriting cenderung kering sehingga butuh sampo juga gunakan kondisioner. Penyebab paling sering membuat rambut kering, rambut rusak, rambut rontok atau rambut rapuh antara lain:

  • Sinar matahari
  • Paparan zat kimia, contohnya klorin di air kolam renang
  • Produk perawatan misalnya cat rambut, produk pelurus rambut atau pengkriting
  • Alat untuk membuat rambut bergaya seperti curling iron, flat iron, hair dryer

Hindari memakai hair dryer terlalu lama serta over-styling jika memiliki jenis rambut kering. Jika sering berenang sebaiknya pakai penutup kepala sehingga rambut terlindungi dari air kolam renang. Cuci rambut setiap kali selesai berenang menggunakan sampo serta kondisioner berformula lembut sesuai dengan jenis rambut anda.

hairlossMenyisir Rambut

Salah memakai sisir bisa merusak rambut. Pilih sisir bergigi renggang lalu sisiri rambut dengan lembut hingga tertata rapih. Tidak perlu sering menyisir sebab tarikan sisir berlebihan bisa menyebabkan rontok atau merusak helaian rambut. Gunakan sisir hanya ketika perlu menata rambut. Jika rambut lurus maka sisir rambut ketika sudah agak kering. Jika rambut keriting maka sisir rambut ketika masih agak basah.

Tips Kiat Praktis Menjaga Rambut Cantik

Jaman ini sangat banyak pilihan gaya rambut. Terkadang kita tergoda untuk bereksperimen supaya lebih cantik. Sayangnya tidak semua produk untuk membuat rambut tampak gaya akan aman bagi rambut. Tips mencegah rambut kering, rambut rusak, rambut rontok atau rambut rapuh antara lain:  

  1. Pilih gaya rambut yang tidak membutuhkan banyak produk styling serta sering digerai supaya setiap helaian bebas terurai secara alami.
  2. Jangan terlalu sering memilih gaya penataan rambut yang kencang menarik rambut dari pangkalnya di kulit kepala sebab tarikan terlalu kencang bisa merontokkan helaian rambut. 
  3. Hindari pemakaian produk hair styling dalam waktu jangka panjang.
  4. Hindari menarik atau menyentak rambut ketika menyisir serta menatanya.
  5. Usahakan sesedikit mungkin memakai alat pengering, pengeriting atau penyetrika saat menata rambut.
  6. Mengeringkan rambut basah secara alami akan menjaga kelembaban sehingga rambut tumbuh sehat. Jika memang sangat perlu memakai alat pengering maka pilihlah suhu terendah, atur jarak aman serta gunakan dalam waktu singkat saja.
  7. Ikat rambut dengan longgar memakai tali rambut yang karetnya terbungkus sehingga helaian tidak kusut tersangkut.

Jika khawatir dengan masalah kulit kepala, ketombe, rambut kering, rambut rusak, rambut rontok atau rambut rapuh bisa periksa konsultasikan ke dokter atau dokter spesialis kulit berkompeten.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.