Kesehatan Umum

Penuaan Sehat

PENUAAN SEHAT

Penuaan merupakan sebuah proses normal dalam kehidupan yang dipengaruhi oleh interaksi tubuh dengan lingkungan.

Angka harapan hidup manusia di jaman ini jauh lebih baik. Angka harapan hidup pada tahun 1995 di Indonesia sekitar 66 tahun dan pada tahun 2018 untuk wanita sudah bertambah sekitar 76 tahun dan pria 70,6 tahun. Saat ini seorang anak yang lahir di negara berkembang bisa hidup 20 tahun lebih lama dibandingkan 50 tahun yang lalu berkat kemajuan di bidang kesehatan anak, perbaikan pelayanan persalinan dan pencegahan penyakit infeksi di masa kanak-kanak. Sementara itu kemajuan kesehatan di negara maju membuat angka kematian pada usia lanjut menurun.

Baca tentang pengaruh Proses Penuaan disini. 

Proses penuaan tidak selalu menyebabkan gangguan fungsi organ atau penyakit. Justru gaya hidup, faktor genetik dan lingkungan yang banyak menimbulkan keluhan penyakit dibandingkan proses penuaan itu sendiri. Banyak orang berpikir bahwa masa tua itu identik dengan fisik lemah, pikun serta kondisi tubuh penyakitan sehingga butuh bergantung pada bantuan orang lain.

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa banyak manusia bisa menikmati masa tua dengan tubuh tetap fit, bugar, tidak pikun dan mandiri. Banyak hal tetap bisa dilakukan di masa tua. Dengan angka harapan hidup makin tinggi maka harus dilakukan antisipasi supaya bisa tetap hidup bahagia-sejahtera di kala menua nanti.

healthy aging

healty aging (WHO)

Gaya hidup sehat sejak masih muda menjadi investasi yang mudah, murah dengan manfaat nyata hingga di masa tua nanti. Tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Baca tentang Gaya Hidup Bersih Sehat lebih lanjut disini.

Gaya hidup sehat memiliki peran lebih besar dibandingkan genetik dalam mencegah penyakit tidak menular. Melakukan aksi CERDIK bisa membantu untuk mencegah, memperlambat dan mengontrol penyakit tidak menular. Menjaga kebersihan diri serta lingkungan membantu mencegah penyakit infeksi. fJadi gaya hidup sehat membantu anda untuk mencegah kelemahan, meningkatkan kemampuan fisik dan percaya diri di masa tua.

Apa saja langkah yang bisa dilakukan:

  1. Lakukan aktivitas fisik
  2. Pola makan bergizi seimbang sesuai kebutuhan
  3. Berhenti merokok
  4. Jauhi pemakaian alkohol dan NARKOBA
  5. Lakukan kontrol kesehatan rutin untuk pemeriksaan deteksi dini dan melengkapi vaksinasi
  6. Jaga ikatan silaturahmi dengan sesama

Keenam langkah tersebut merupakan tindakan sederhana yang terjangkau dengan manfaat kesehatan nyata. Orang lanjut usia memiliki banyak keluhan sehingga sering menjadi target marketing produk kesehatan. Jangan mudah terkena bujuk rayu produk-produk yang menjanjikan kebugaran secara instan sebagai trik marketing. Investasikan dana anda untuk hal-hal yang lebih membawa manfaat secara nyata. Diskusikan bersama dokter keluarga jika anda merasa kebingungan saat tertarik untuk mencoba sebuah produk.

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.