Kesehatan Umum

Trichomoniasis

PENYAKIT TRICHOMONIASIS

Pengertian Trichomoniasis

Trichomoniasis merupakan salah satu penyakit menular seksual akibat infeksi sejenis parasit. Setiap tahun terdapat sekitar 143 juta orang mengalami infeksi trichomoniasis di seluruh dunia. Gejala penyakit bervariasi sehingga tidak semua orang sadar mengalami trichomoniassi.

Penyebab Penyakit Trichomoniasis

Trichomoniasis disebabkan oleh Trichomonas vaginalis. Trichomonas vaginalis merupakan parasit dari jenis protozoa. Penularan bisa melalui kontak penis – vagina, vulva – vulva dengan penderita trichomoniasis atau melalui benda basah lembab terkontaminasi kuman Trichomonas vaginalis.

Trichomonas vaginalis Trichomonas vaginalis (CDC)

Proses Terjadinya Penyakit Trichomoniasis

Parasit Trichomonas vaginalis dari orang yang sakit trichomoniasis tersebar saat terjadi hubungan seksual. Pada wanita Trichomonas vaginalis paling sering menginfeksi saluran genitalia bawah (vulva, serviks dan urethra) dan pada pria paling sering menginfeksi urethra di penis. Kontak seksual dengan penis atau vagina penderita menyebabkan parasit tersebar. Tidak perlu terjadi ejakulasi hanya untuk menularkan Trichomonas vaginalis. Infeksi trichomoniasis juga bisa terjadi pada mulut, anus atau tangan. Faktor usia dan kesehatan umum kemungkinan bisa mempengaruhi kemunculan gejala penyakit. Penderita trichomoniasis bisa menularkan penyakit ke orang lain meski tidak bergejala. 

Tanda dan Gejala Penyakit Trichomoniasis

Sekitar 70% penderita tidak menunjukkan tanda gejala sakit trichomoniasis. Tanda gejala sakit juga bervariasi dari iritasi ringan hingga sakit berat. Kemunculan gejala bisa berkisar 5 hingga 28 hari setelah terinfeksi parasit Trichomonas vaginalis. 

Pada pria bisa terjadi keluhan tanda gejala seperti:

  • Iritasi atau gatal di saluran kencing dalam penis
  • Rasa panas seperti sensasi terbakar setelah kencing atau ejakulasi
  • Keluar cairan tidak normal dari penis

Pada wanita bisa terjadi keluhan tanda gejala seperti:

  • Gatal pada area kelamin
  • Kemerahan, sakit, panas rasa seperti terbakar di area kelamin
  • Keluhan saat kencing
  • Keputihan tidak normal dengan lendir vagina bertambah banyak atau berubah encer, warna bisa jernih, kekuningan atau kehijauan
  • Keputihan berbau amis serta bisa berbuih atau berbusa

Keluhan tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual. Tanpa terapi penyakit ini bisa terjadi hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Diagnosis dan Pemeriksaan Penyakit Trichomoniasis

Segera periksa konsultasikan ke dokter jika mengalami keputihan tidak normal, keluar cairan tidak wajar dari urethra, ruam, luka seperti sariawan atau keluhan kencing. Dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik juga termasuk pemeriksaan kencing, swab serta pemeriksaan penunjang. Dokter akan melakukan pemeriksaan dalam pada wanita. Pada pemeriksaan ditemukan sariawan kecil kemerahan di vagina maupun serviks. Lendir bisa diperiksa di laboratorium dengan memakai mikroskop. Trichomonas vaginalis bisa terdeteksi melalui pemeriksaan mikroskop, DNA atau kultur dari cairan sampel.

Terapi dan Tata Laksana Penyakit Trichomoniasis

Pengobatan penyakit trichomoniasis dengan memakai antibiotik secara tepat. Pasangan seksual harus ditelusuri, diperiksa dan diobati jika terbukti juga sakit klamidia. Harus menghindari melakukan hubungan seksual selama dalam proses terapi hingga tuntas.

Penting untuk tidak berbagi obat dengan orang lain. Masing-masing orang harus mendapat obat pribadi sesuai kebutuhan kondisinya. Lakukan pengobatan hingga tuntas sesuai anjuran dokter untuk menghindari resistensi antibiotik serta kekambuhan. Penyakit trichomoniasis sering terjadi kekambuhan pada 1 dari 5 penderita dalam waktu 3 bulan sehingga memastikan terapi benar-benar telah sembuh tuntas bersama pasangan. Segera periksa jika mengalami gejala sakit lagi.

Komplikasi Penyakit Trichomoniasis

Trichomoniasis menyebabkan peradangan juga luka pada area terinfeksi sehingga membuat penderita lebih rentan tertular HIV penyebab penyakit AIDS jika melakukan hubungan seksual dengan penderita HIV. 

Tips Kiat Mencegah Penyakit Trichomoniasis

Penyakit trichomoniasis ditularkan melalui hubungan seksual jadi satu-satunya cara menghindari penularan infeksi trichomoniasis dengan tidak melakukan hubungan seksual vaginal, anal atau oral seks.

Cara menurunkan risiko penularan infeksi trichomoniasis:

  • Pendidikan dan konseling kesehatan reproduksi secara komprehensif.
  • Setia dengan satu pasangan yang sama-sama tidak memiliki penyakit trichomoniasis dan PMS lainnya.
  • Memakai kondom dengan benar, namun Trichomonas vaginalis bisa menginfeksi area yang tidak tertutup kondom.
  • Lakukan konseling dan tes penyakit menular seksual untuk deteksi dini.

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.