Kesehatan Umum

Penyakit Menular Seksual

PENYAKIT MENULAR SEKSUAL

Pengertian Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit menular seksual (PMS) merupakan sekelompok penyakit yang ditularkan melalui aktivitas seksual. Penularan PMS bisa melalui hubungan seksual, menyentuh alat kelamin maupun aktivitas oral. PMS bahkan bisa ditularkan meski tidak melakukan hubungan seksual namun melakukan aktivitas berisiko.

Lebih dari satu juga kasus PMS ditularkan setiap hari di seluruh dunia. Terdapat infeksi baru dengan jumlah penderita sekitar 357 juta setiap tahun dari 4 penyakit menular seksual: chlamydia, gonore, sifilis dan trichomoniasis. Lebih dari 500 juta orang mengalami infeksi virus herpes simpleks di kelamin. Lebih dari 290 juta wanita mengalami infeksi human papillomavirus. 

Wanita Rentan Tertular Penyakit Menular Seksual (PMS)

Wanita lebih rentan mengalami PMS sebab memiliki posisi tawar lemah sehingga sulit melindungi diri. PMS sangat berbahaya bagi kesehatan wanita. Gejala PMS pada wanita gejalanya lebih jarang terlihat namun komplikasinya lebih berat dibandingkan PMS pada pria. PMS bisa menyebabkan komplikasi seperti gangguan kesuburan dimana menjadi sulit hamil, kehamilan bermasalah, anak lahir cacat, komplikasi ke bagian tubuh lain, bahkan hingga menyebabkan penyakit kanker. Ibu hamil dengan sakit PMS bisa menularkan ke bayi.

Penyebab Penyakit Menular Seksual (PMS)

Lebih dari 30 bakteri, virus dan parasit berbeda bisa ditularkan melalui kontak seksual. Penyebab PMS terbanyak:

  1. Sifilis
  2. Gonore
  3. Chlamydia
  4. Trichomoniasis
  5. Hepatitis B
  6. Virus herpes simpleks
  7. HIV
  8. Human papillomavirus (HPV)

Penularan Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penularan kuman penyebab infeksi PMS terutama melalui kontak hubungan seksual baik vagina, anal dan oral. Beberapa PMS bisa ditularkan melalui non-seksual seperti dari darah atau mendapat donor darah berasal dari penderita PMS. PMS seperti chlamydia, gonore, hepatitis B, HIV dan sifilis bisa ditularkan oleh ibu ke anaknya melalui kehamilan dan persalinan.

Gejala Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit ini pada mulanya bisa tidak bergejala sehingga tidak disadari keberadannya namun bisa menimbulkan komplikasi fatal. Gejala PMS pada mulanya tidak spesifik seperti demam tidak jelas, cairan keputihan tidak normal, nanah keluar dari lubang penis, keluhan saat kencing, kelamin terasa perih panas sensasi seperti terbakar, ulkus pada genital atau sakit perut.

Lakukan pemeriksaan deteksi dini secara rutin sebab gejala awal penyakit bisa jadi belum terasa. Diagnosis PMS dilakukan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Saat ini telah tersedia rapid test untuk sifilis dan HIV. Ada 4 penyakit yang sudah ditemukan obat untuk menyembuhkan yaitu sifilis, gonore, chlamydia dan trichomoniasis. Infeksi virus penyebab PMS lainnya terdapat pengobatan untuk mengurangi keparahan gejala.

Komplikasi Penyakit Menular Seksual (PMS)

PMS seperti infeksi sifilis dan HSV tipe 2 bisa meningkatkan risiko terjangkit HIV. Sifilis dialami oleh 900.000 ibu hamil sehingga menyebabkan 350.000 bayi lahir mati. PMS juga menyebabkan komplikasi serius seperti kemandulan dan penularan infeksi dari ibu ke anak. PMS bisa dideteksi dengen pemeriksaan sederhana. Pemeriksaan untuk mendeteksi PMS sayangnya belum menjadi pemeriksaan rutin di banyak tempat.

Tips Kiat Mencegah Penularan Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit menular seksual bisa dicegah dengan konseling dan gaya hidup sehat termasuk perencanaan kehamilan dengan baik. Pencegahan PMS antara lain:

  • Pendidikan seksual dengan komprehensif
  • Vaksinasi menggunakan vaksin yang terbukti efektif
  • Konseling tes HIV dan PMS lainnya
  • Setia dengan pasangan, tidak berganti-ganti pasangan, melakukan hubungan seksual secara aman
  • Memakai kondom dengan benar
  • Hindari pemakaian jarum suntik tidak aman, contohnya pada pelaku penyalahgunaan obat
  • Pendekatan konseling dan intervensi pada kelompok berisiko tinggi
 

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.