Kesehatan Mata

Glaukoma Akut

GLAUKOMA AKUT

Pengertian Glaukoma Akut

Glaukoma akut merupakan peningkatan tekanan intraokuler yang mendadak sehingga mata sakit. Kondisi ini merupakan kegawatdaruratan kesehatan mata. 

glaukoma Glaukoma (Medline Plus)

Glaukoma akut bisa primer timbul sendiri pada orang yang memiliki bakat terjadi glaukoma. Glaukoma akut sekunder timbul sebagai komplikasi dari penyakit mata atau penyakit sistemik lainnya. Penyebab glaukoma akut biasanya karena glaukoma sudut tertutup. Beberapa orang memiliki risiko glaukoma lebih tinggi karena punya bilik mata depan bola mata dangkal. Proses pembentukan katarak juga bisa berisiko menimbulkan glaukoma. Kondisi tekanan intraokuler tinggi mendadak ini jika tidak segera ditangani bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan hingga kebutaan primer.

Penjelasan tentang Glaukoma lainnya bisa dibaca disini.

Tanda dan Gejala Glaukoma Akut

Penderita mengalami mata merah. Penderita mengeluh penglihatan terganggu. Tajam penglihatan turun mendadak. Penglihatan seperti tidak jelas. Pandangan mata terlihat kabur. Mata terasa sakit. Rasa nyeri pada mata bahkan bisa menjalar ke kepala. Pada tekanan bola mata sangat tinggi bisa terjadi mual muntah. 

Pemeriksaan dan Diagnosis Glaukoma Akut

Segera periksa ke dokter jika mengalami keluhan gejala yang dicurigai sebagai glaukoma akut. Diagnosis ditegakkan dengan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Dokter akan melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh. Tajam penglihatan, lapang pandang, pemeriksaan mata dan pemeriksaan tekanan dalam mata. Dokter akan melakukan pemeriksaan memakai Snellen chart, tonometer Schiotz dan oftalmoskop.

Hasil pemeriksaan terjadi penurunan tajam penglihatan. Tekanan intraokular meningkat. Terdapat konjungtiva bulbi dimana selaput konjungtiva mata memerah, meradang, kongesti, terdapat injeksi silier, injeksi konjungtiva. Kornea edema karena pembengkakan. Bilik mata dangkal, pupil mid-dilatasi (bertambah lebar) dan refleks pupil negatif.

Diagnosis Banding Glaukoma Akut

Beberapa kondisi bisa menyerupai glaukoma akut seperti: uveitis anterior, keratitis, ulkus kornea. 

Terapi dan Tata Laksana Glaukoma Akut

Glaukoma akut merupakan kegawatdaruratan medis. Harus ditangani di rumah sakit secara intensif. Pasien akan ditangani oleh dokter spesialis mata. Tekanan intraokuler harus segera diturunkan. Terapi bisa dengan cara pemberian obat, terapi laser dan terapi lain untuk meredakan gejala. Pemberian pengobatan bisa:

  • Obat tetes mata untuk menurunkan tekanan intraokuler
  • Obat-obatan sistemik yang diberikan ke dalam pembuluh darah atau diminum supaya tekanan bola mata yang membahayakan cepat segera turun
  • Terapi laser iridotomi untuk membuka sumbatan supaya aliran humor aquous lancar
  • Prosedur trabekulektomi 
  • Obat tetes mata yang bisa membantu membuka blokade di trabekulum supaya aquous humour lancar terdrainase

Terapi utama glaukoma akut sudut tertutup dengan cara membuka blokade supaya aliran humor aquous kembali lancar sehingga tekanan intraokuler menurun. Konsultasikan pemilihan terapi terbaik sesuai kondisi bersama dokter mata Anda.

Komplikasi Glaukoma Akut

Jika tidak ditangani bisa menyebabkan kehilangan penglihatan hingga kebutaan permanen.

Penjelasan tentang Glaukoma lainnya bisa dibaca disini.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.