Kesehatan Kulit

10 Langkah Perawatan Kulit

SEPULUH LANGKAH PERAWATAN KULIT SEHAT

Kulit sehat merupakan riasan terbaik di dunia. Menjaga kulit sehat bisa dilakukan dengan cara yang terjangkau. Ada tiga jenis perawatan utama kulit yaitu:

  • menjaga kebersihan kulit,
  • merawat kulit tetap sehat,
  • mencegah timbulnya permasalahan kulit.

Membersihkan kulit wajah dengan baik akan membawa perbedaan besar terhadap penampilan. Merawat kulit tetap sehat akan memberikanmu penampilan awet muda. Mencegah timbulnya permasalahan kulit jauh lebih baik dibanding mengobati kulit yang rusak.

Berikut ini 10 langkah perawatan kulit sehat: 

1. Jaga kebersihan kulit

Basahi kulit lalu bersihkan wajah dengan pembersih memakai ujung jari. Bilas hingga bersih. Keringkan menggunakan handuk bersih yang lembut. Pilih pembersih wajah berformula lembut, hindari bahan yang mengandung alkohol. Cuci wajah dua kali sehari, saat pagi dan malam hari, juga segera cuci wajah setelah melakukan aktivitas jadi keringat berlebihan seperti setelah berolahraga.

2. Pakai tabir surya (sunscreen)

Tabir surya sangat penting bagi kesehatan kulit juga cegah penuaan dini. Gunakan tabir surya berspektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB dengan SPF minimal 15 atau 30. Gunakan ulang setiap 2 – 3 jam sekali saat beraktivitas di luar rumah. Pilih produk anti air bila diperlukan, terutama saat melakukan aktivitas seperti berolahraga atau berenang. Paparan sinar matahari menyebabkan kulit keriput, muncul bintik-bintik hitam dan bahkan kanker kulit. 

sunscreen

Photo credit Lauren Bishop, sumber foto CDC

3. Hindari menggosok kulit berlebihan

Banyak orang berpikir membersihkan kulit saat mandi juga cuci muka itu harus dengan gerakan menggosok mekanik (scrub) secara berlebihan hingga permukaan kulit terkelupas. Punya kulit berminyak dan masalah jerawat pasti menggoda untuk totalitas menggosoknya. Menggosok kulit berlebihan justru berisiko merusak serta mengakibatkan iritasi kulit. Cukup bersihkan dengan usapan lembut gerakan melingkar-lingkar (circular motion) pakai ujung jari. Cara membersihkan ini membuat kulit bersih dengan aman juga beri ekstra pijatan lembut. Keringkan pakai handuk bersih dengan gerakan tap-tap setiap selesai mencuci muka dan mandi.

4. Pakai pelembab sesuai jenis kulit

Kulit yang terjaga kelembabannya akan sehat cantik berseri. Gunakan lotion pelembab untuk menjaga hidrasi kulit. Gunakan lip balm untuk melembabkan bibir. Gunakan pelembab sehabis mandi saat kulit masih lembab agak basah. Beberapa bagian kulit tampak lebih kusam, bersisik bahkan pecah-pecah. Produk perawatan kulit mengandung pure petroleum jelly merupakan salah satu jenis produk dengan harga terjangkau untuk berbagai manfaat mulai dari mengatasi permasalahan kulit kering di beberapa bagian tubuh seperti telapak kaki kering pecah-pecah, lutut serta siku kering kasar, bibir kering, kutikula kuku kering, mencegah luka akibat goresan/gosokan mekanik saat berolahraga, mencegah ruam popok hingga perawatan peeling kuku. 

5. Pilih produk kosmetik dan perawatan sesuai jenis kulit

Melihat iklan atau review produk kekinian di sosmed, blog, Youtube, Instagram tentunya begitu menggoda untuk dicoba. Terkadang kebiasaan ini justru mendatangkan banyak masalah di kulit. Tidak semua produk bisa cocok dipakai. Kenali dahulu jenis kulit apakah kulit normal, kulit kering, kulit berminyak atau kulit sensitif saat akan memilih produk perawatan serta kosmetik. Tepat memilih produk dengan formula sesuai jenis kulit akan bantu memaksimalkan penampilan terbaik kulitmu. Perlu juga diingat bahwa tidak ada produk yang bisa membuat kulit cantik berseri secara instan dalam semalam. Perawatan kulit sesuai karakter alamiahnya butuh kesabaran konsisten sepanjang waktu. Hati-hati juga dengan produk pemutih sebab bisa merusak kulit jika mengandung bahan berbahaya. Kulit tidak harus putih supaya cantik.

6. Jangan merokok

Jangan merokok dan hindari asap rokok. Kandungan racun dalam rokok akan merusak kulit menyebabkan proses penuaan dini.

7. Makan bergizi seimbang

Kulit sehat cerah berseri tentu butuh dirawat dari dalam. Kulit halus, mulus, lembut, cerah, glowing, dewy, radiant, kenyal, awet muda, silahkan tambah lagi keinginanmu. Genetik dan produk yang tepat memang penting. Tapi kulit cantik sehat alami juga dimulai dengan pola makan benar. Apa yang masuk ke dalam mulutmu akan sama pentingnya dengan apa yang kamu aplikasikan ke permukaan kulit. Konsumsi aneka ragam bahan makanan bergizi seimbang yang mudah terjangkau dari lingkungan sekitarmu. Makanan akan dicerna menjadi asam amino, asam lemak, vitamin, mineral selain tentu saja kalori, sehingga mempengaruhi kekuatan, elastisitas dan regenerasi kulit. 

8. Sering minum air putih

Air putih (plain drinking water) merupakan nutrisi vital dalam diet manusia. Kekurangan asupan cairan bisa membuat kulit tidak elastis. Air menjaga hidrasi jaringan tubuh, suhu tubuh normal, lubrikasi persendian, memelihara organ vital dan membuang kotoran juga toksin berbahaya dari tubuh. Kecukupan asupan air akan mempengaruhi kesehatan kulit. Air yang kita minum akan menjaga hidrasi sel-sel di lapisan kulit, biomekanik dan membuat kulit kuat cerah berseri. Jadi pastikan minum air putih untuk mencukupi kebutuhan asupan tubuhmu.

plain drinking water

Minum air putih penting bagi kesehatan. Photo credit Amanda Mills, sumber foto CDC 

 

9. Hindari stres berlebihan

Stres bisa mempengaruhi penampilan kulit sehatmu. Stres bisa berisiko meningkatkan kekambuhan eksim, alergi, jerawat, rosacea hingga psoriasis pada orang-orang yang punya bakat sakit. Cari cara sehat untuk manajemen stres.  

10. Cek secara berkala tanda kanker kulit 

Lakukan deteksi dini kanker kulit secara berkala. Amati perubahan tidak wajar pada kulit. Perhatikan tanda-tanda awal melanoma pada tahi lalat. Tanda awal melanoma (link):

  1. Asimetris (Assimetry) : jika bentuk separuh dari tahi lalat berbeda dengan separuh bagian lainnya. Maka, kondisi ini perlu Anda waspadai.
  2. Pinggiran Tahi Lalat (Border) : waspadai bila bagian pinggir tahi lalat tidak beraturan, bergerigi, atau malah kurang jelas.
  3. Warna abnormal (Colors): bila warna tahi lalat Anda tidak merata, misalnya  kecoklatan, gelap atau hitam, kadang ada yang putih, merah atau bahkan biru.
  4. Diameter lebar (Diameter): melanoma biasanya memiliki diameter lebih besar dari 6 mm.
  5. Berkembang (Evolving): tahi lalat yang bentuknya berubah, melebar, atau warnanya berganti, maka Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter kulit.
Segera periksa konsultasi ke dokter jika menemukan kondisi kulit yang tidak normal atau mengalami permasalahan kulit.
 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.