Kesehatan Kulit

Mitos Jerawat

JERAWAT

Wah, ternyata 10 hal ini hanya mitos jerawat!

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang sering ditemui. Namun sayang banyak yang tidak tahu informasi berimbang tentang jerawat. Banyaknya mitos serta simpang-siur membuat kondisi jerawat bisa makin memburuk serta sulit diobati.

jerawat

Jerawat (sumber gambar NHS)

Yuk kenali sepuluh mitos tentang jerawat berikut ini:

1. Semua orang akan mengalami masalah kulit jerawatan

Jerawat memang termasuk permasalahan kulit yang sering ditemui. Tapi ternyata tidak semua orang akan jerawatan lho! Ada 20% orang tidak mengalami masalah jerawat yang mengganggu. Jerawat dipengaruhi oleh genetik seseorang. Jika kulit dirawat dengan benar biasanya akan lebih jarang berjerawat. Baca juga: Serba-serbi penyebab jerawat

Kamu termasuk yang mana?

2. Jika kulit sudah terlanjur jerawatan atau memang berbakat jerawatan maka percuma mengobati jerawat

Salah besar. Memang benar pada beberapa orang rentan kulitnya berjerawat. Jerawat bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Tapi saat ini ilmu kedokteran sudah maju sehingga tersedia berbagai pilihan obat jerawat manjur sesuai jenis jerawat untuk mengontrol keluhan gejala. Pengobatan jerawat secara benar akan meredakan keluhan serta mencegah komplikasi dan kerusakan kulit. 

Pasrah membiarkan jerawat nangkring di wajah ternyata bisa berdampak buruk. Jerawat batu kecil mungil bisa tumbuh besar meradang yang membuatmu kesakitan. Jerawat kecil jika segera diatasi akan lebih cepat menghilang, bahkan bisa tanpa bekas. Semakin cepat diobati dengan benar akan makin mudah serta perawatannya lebih murah daripada jerawat yang sudah mengalami komplikasi atau kulit yang sudah terlanjur rusak. 

Jika jerawat mengganggu atau tidak teratasi sebaiknya segera periksa konsultasi ke dokter spesialis kulit. Lakukan pengobatan jerawat dengan benar dibawah pengawasan dokter spesialis kulit berkompeten ya. Baca juga: Serba-serbi pengobatan jerawat

3. Harus sering cuci muka supaya tidak berjerawat

Sering cuci muka, apalagi dengan menggosok (scrub) justru rentan merusak kulit. Jerawat akan makin parah dengan digosok. Terlebih jika memakai air panas atau air dingin saat membilas. Cara mencuci muka:

  • Cuci muka 2 kali menggunakan sabun berformula lembut, bebas parfum
  • Usap lembut menggunakan ujung jari
  • Bilas menggunakan air hangat pakai tangan

4. Jerawat terjadi akibat salah makan 

Penyebab utama jerawat adalah pengaruh genetik.

Tapi ada banyak faktor risiko akan bisa memperparah jerawat:

  • Zat dalam kosmetik dan produk perawatan rambut yang menutup pori-pori kulit
  • Sprei, sarung bantal, handuk, jilbab serta kain menempel di kulit yang jarang diganti
  • Pengobatan tertentu, contohnya pemakaian steroid
  • Kondisi tertentu seperti kehamilan, congenital adrenal hyperplasia, polycystic ovary syndrome dan kelainan endokrin lainnya
  • Tekanan mekanik yang menutup pori kulit misalnya pakai bando, shoulder pads, tas punggung, bra dengan kawat
  • Paparan sinar matahari berlebih

Belum ada makanan yang terbukti secara ilmiah sebagai penyebab utama jerawat. Kamu harus makan aneka ragam bahan makanan bergizi seimbang sebab itu baik bagi kesehatanmu, termasuk kulit sehatmu. Jerawat juga tidak ada hubungannya dengan aktivitas seksual. Baca juga: Serba-serbi penyebab jerawat

5. Jerawat, komedo dan komedo hitam harus dipencet supaya kulit mulus

Kebiasaan menekan, memencet dan memecahkan jerawat/komedo secara sembarangan justru bisa memperparah keluhan gejala. Juga menimbulkan bekas scar di kulit. Lebih baik berobat ke dokter daripada mencet-mencet jerawat yang membuat kesakitan serta makin parah.

6. Rajin berjemur supaya kulit bebas jerawat

Paparan sinar matahari berlebihan justru bisa memperparah kondisi jerawat. Paparan sinar ultraviolet berlebihan bahkan berisiko menyebabkan penuaan kulit lebih dini.

7. Jerawat bisa langsung hilang dalam semalam

Melihat iklan produk yang bisa menghilangkan jerawat mulus seketika dalam sekali pakai tentu membuatmu ingin segera mencobanya. Faktanya tidak ada obat yang bisa menghilangkan jerawat dalam semalam. Pengobatan jerawat butuh waktu. Bahkan pengobatan jerawat bisa sampai 4 – 8 minggu. Ikuti petunjuk nasehat pengobatan oleh dokter dengan sabar ya.

8. Jerawat hanya muncul di kulit remaja

Ternyata jerawat bukan hanya masalah kulit remaja. Orang dewasa juga bisa berjerawat. Jerawat pada beberapa orang tetap akan muncul di umur 30-an, 40-an, 50-an dan bahkan 60-an. Kondisi ini disebut “adult onset acne“. Beberapa wanita yang kulitnya jarang berjerawat saat remaja bahkan bisa mengalami jerawat parah saat dewasa. 

9. Jerawat itu menular

Jerawat bukan penyakit menular. Bakat jerawat memang bisa diwariskan dalam satu keluarga. Tapi ternyata kamu tidak menularkan jerawat ke orang lain. Nah, jadi tidak perlu juga menjauhi temanmu yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat yaa, sebab ini tidak menular. 

10. Make up menyebabkan muncul jerawat

Make up dan produk perawatan kulit jika tidak tepat memang akan memperparah jerawat. Tapi ternyata produk make up serta perawatan kulit yang tidak menutupi pori-pori kulitmu bisa tidak menimbulkan jerawat. Pilih produk make up dengan label:

  • non-acnegenic,
  • non-comedogenic,
  • oil-free,
  • tidak menutup pori kulit.

Pastikan pori-pori kulit tetap terbuka supaya lebih sehat. Cuci kuas dan alat yang kamu pakai secara rutin setiap satu minggu sekali. Baca juga: Serba-serbi perawatan jerawat

Rawat kulit dengan benar supaya bisa tetap sehat bebas jerawat.

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.