Kesehatan Anak, Menyusui dan ASI

Bayi Kembar

MENYUSUI BAYI KEMBAR

Kekhawatiran terbesar para ibu yang menyusui bayi kembar adalah tidak bisa memproduksi ASI untuk mencukupi asupan.

Kabar baiknya, setiap anak telah membawa rejeki masing-masing sehingga manajemen menyusui yang baik akan membantu ibu memproduksi banyak ASI untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Ibu bayi kembar memiliki jaringan plasenta lebih banyak disaat hamil sehingga merangsang kelenjar susu di payudara untuk memproduksi ASI yang juga lebih banyak.

Persiapan menyusui bayi kembar harus dimulai sejak masa kehamilan:

  1. Ibu dan keluarga belajar serta melakukan konseling menyusui saat masih hamil sehingga siap ilmu untuk dipraktekkan saat bayi-bayi lahir
  2. Bayi kembar mungkin akan dilahirkan melalui operasi caesar
  3. Bayi kembar bisa jadi berat badan kecil, terlebih jika kembar multipel lebih dari 2 bayi
  4. Beberapa bayi kembar harus dirawat di NICU sebab lahir prematur atau lahir terlalu kecil.
  5. Ibu bersiap jika harus melakukan exclusive pumping selama terpisah dari bayi.
  6. Persiapkan asupan nutrisi bergizi seimbang sejak masa kehamilan untuk menurunkan risiko komplikasi saat hamil, menjalani persalinan dan setelah persalinan.
  7. Persiapkan kesehatan ibu sebab merawat bayi kembar butuh kondisi fisik prima.
  8. Persiapkan dukungan menyusui dari tim medis, suami dan keluarga.

Sukses berhasil menyusui bayi kembar butuh dukungan ilmu pengetahuan yang benar, niat yang kuat, bantuan tenaga kesehatan dan keluarga. Melahirkan bayi kembar bahkan bukan halangan untuk inisiasi menyusui sedini mungkin selama kondisi persyaratan terpenuhi. IMD pun bisa memungkinkan untuk dilakukan saat ibu melahirkan dengan operasi caesar. Tampak pada salah satu foto ini dr. Siti Habsyah Masri, Sp.A melakukan IMD pada bayi kembar:

FB_IMG_1543573055912

Tips Kiat Sukses Menyusui Bayi Kembar

Banyak ibu sukses bisa menyusui bayi kembar. Beberapa ibu bahkan bisa memberikan ASI bagi bayi kembar multipel. Secara umum, semakin banyak ASI dikeluarkan akan semakin banyak payudara memproduksi ASI. Ibu bisa mencoba tips berikut ini:

  • Lakukan inisiasi menyusui segera secepatnya setelah melahirkan bayi.
  • Menyusui secara responsif tanpa dibatasi dengan peka melihat tanda tubuh bayi memastikan kecukupan asupan ASI adekuat. 
  • Rutin perah kedua payudara secepatnya jika ibu terpisah dari bayi. Gunakan pompa ASI dengan benar kemudian akhiri  memerah pakai tangan.
  • Lakukan pemijatan payudara dengan benar sebelum dan saat menyusui atau memerah ASI.
  • Berikan bayi kesempatan untuk menyusu pada kedua payudara secara seimbang.
  • Minta pendampingan dokter dan konselor menyusui berkompeten untuk memastikan kecukupan produksi ASI. Ibu bisa terbantu dengan pemakaian galaktagog sehingga jika diperlukan dokter mungkin akan memutuskan meresepkan galaktagog. Jika produksi ASI sudah banyak secara alami maka pemakaian galaktagog tidak diperlukan.
  • Ibu bisa memakai alat bantu laktasi jika diperlukan tambahan suplementasi untuk mencukupi kebutuhan asupan bayi

Lakukan pemerahan payudara dengan teratur menggunakan pompa ASI berkualitas bagus dilanjutkan dengen memerah menggunakan tangan. Jika tidak ada pompa ASI maka ibu tetap bisa memerah payudara menggunakan tangan. Baca juga Tip memerah ASI

Menyusui bayi kembar akan mudah ketika ibu sudah terbiasa. Pada awalnya ibu bisa meminta bantuan keluarga atau tenaga kesehatan untuk memposisikan bayi. Ibu juga bisa menyusui dua bayi sekaligus dengan memakai posisi menyusui tandem yang nyaman. Berikan identitas berbeda pada masing-masing bayi (misalnya warna baju), untuk memudahkan ibu dalam mengingat frekuensi menyusu masing-masing bayi. Pastikan masing-masing bayi menyusu hingga kenyang. Lakukan pergantian giliran payudara supaya kedua payudara dan semua bayi mendapat rangsangan stimulus seimbang.

PhotoGrid_1542009599693

Posisi menyusui bisa dilakukan seperti biasa dengan modifikasi untuk mengakomodasi lebih dari satu bayi. Pada awalnya memang agak repot, juga ibu perlu bantuan untuk memposisikan bayi. Kelak semakin bayi bertambah besar, mereka akan makin pintar menyusu langsung tanpa bantuan. Pantau tanda kecukupan asupan ASI, tanda menelan aktif, tanda kenyang, popok kotor, pertambahan berat badan, kesehatan dan kurva tumbuh kembang semua bayi.

Informasi berikut memang ditulis bagi bayi tunggal, namun bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan ibu, semoga bisa membantu:

Pastikan ibu dan keluarga harus mengetahui tentang beberapa poin berikut saat pulang dari tempat melahirkan (link)

Riwayat mendapatkan pengobatan hormon terkadang membuat ibu mengalami gangguan produksi ASI bagi bayi kembar multipel. Baca tentang ASI belum keluar disini. Jika bisa tetap direkomendasikan pemberian ASI eksklusif. Namun pada beberapa kondisi, ibu mungkin butuh tambahan suplementasi untuk mencukupi kebutuhan asupan bayi. Ibu bisa tetap menyusui dengan menggunakan alat bantu laktasi. Saat ini ada berbagai pilihan cara memakai alat bantu laktasi berisi suplementasi, bisa dipakai di 2 payudara sekaligus. Minta bantuan Konselor Menyusui untuk mengajarkan cara memakai alat bantu laktasi dengan benar. Suplementasi hanya diperlukan hingga produksi ASI ibu bisa memenuhi kebutuhan asupan bayi. 

suplementasi

Sumber gambar www.nancymoehrbacher.com

Ibu dengan bayi kembar sangat membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan rutin harian. Jaga kesehatan ibu dengan asupan makan bergizi seimbang, sering minum serta istirahat cukup.

Sejumlah kecil ibu memang tidak bisa menyusui dengan alasan indikasi kesehatan. Namun sebagian besar ibu gagal/tidak bisa menyusui bayi sesuai keinginannya karena tidak tahu caranya dan tidak mendapatkan dukungan menyusui. Minta bantuan konselor menyusui, tenaga kesehatan juga keluarga untuk mendampingi proses menyusui. Segera periksa konsultasi bersama Konselor Menyusui berkompeten kapan pun mengalami permasalahan menyusui. 

Dukungan menyusui berkelanjutan sesuai kondisi bisa memfasilitasi banyak ibu mewujudkan keinginan dan berhasil mendapatkan pengalaman menyusui menyenangkan. 

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.