Kesehatan Wanita

Kehamilan Bulan Pertama

KEHAMILAN BULAN PERTAMA

Usia kehamilan sering menjadi topik pembicaraan hangat di berbagai perjumpaan.

Usia kehamilan sering disebut dalam bulan, padahal kurang akurat. Panjang hari dalam 1 bulan faktanya tidak terdiri dari 30 hari dan 4 minggu saja, tetapi 4 minggu + 2-3 hari. Akumulasi kelebihan hari ditambahkan pada jumlah minggu setelah bulan ke-3. Usia kehamilan 3 bulan sama dengan 13 minggu bukan 12 minggu, 6 bulan sama dengan 26 minggu bukan 24 minggu, 9 bulan sama dengan 39 minggu bukan 36 minggu. Usia kehamilan kadang dibagi dalam tiga trimester seperti berikut ini: trimester I terdiri dari usia kehamilan 1 – 13 minggu, trimester II 14 – 26 minggu dan trimester III 27 – 39 minggu. Kehamilan dikatakan sudah berjalan 1 bulan jika sudah melewati tanggal yang sama dari HPHT di bulan berikutnya.

Tes kehamilan

Keterangan juga taksiran ukuran janin dalam artikel ini adalah perkiraan rata-rata, sedangkan kehamilan ibu maupun janin bisa berbeda.

Minggu 1

Belum ada janin di dalam rahim ibu. Minggu 1 dalam periode kehamilan ini sebenarnya merupakan saat periode menstruasi ibu yang terakhir sebelum terjadi pembuahan. Pada akhir minggu ini ibu baru saja selesai mendapat menstruasi. 

Minggu 2 dan 3

Pada akhir minggu ini atau awal minggu depan kemungkinan baru terjadi ovulasi dimana sel telur matang dilepaskan oleh indung telur. Seorang wanita biasanya akan mengalami ovulasi sekitar 12 – 14 sebelum hari menstruasi bulan berikutnya atau sekitar 11 – 21 hari setelah hari pertama menstruasi. Tubuh memberi tanda memasuki masa subur dimana akan terjadi ovulasi. Dinding rahim mulai menebal kembali untuk mempersiapkan tempat pelekatan bagi calon anak. Melakukan hubungan seksual di masa subur akan meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

Minggu 4

Pada saat hari-hari dimana pertama setelah terjadi pembuahan ini, dua sel bergabung menjadi zygot. Dari zigot ini akan tumbuh-berkembang membentuk lebih dari 2 trilyun sel selama sekitar 38 minggu sebagai bayi perempuan cantik atau bayi laki-laki tampan di dalam rahim. Zigot memiliki jumlah kromosom 46 yang berisi ribuan material genetik. Zigot berkembang menjadi morula, kemudian menjadi blastocyst. Bagian paling luar blastocyst disebut trophoblast yang akan melekat ke dinding rahim kemudian membentuk selaput ketuban, plasenta. Pada hari ke-10 setelah pembuahan blastocyst akan tertanam dengan sempurna pada lapisan dinding endometrium rahim. 

Perubahan Tubuh Ibu Akhir Bulan Pertama Kehamilan

Pada saat ini tubuh ibu mulai mengalami perubahan. Tubuh mulai memproduksi darah ekstra untuk membawa tambahan oksigen yang diperlukan bagi calon anak. Payudara terasa sensitif, agak nyeri, sakit jika tersenggol, atau lebih berat dan penuh. Dinding bagian dalam rahim mulai menebal dengan pembuluh darah mulai melebar serta bertambah. Serviks berubah warna. Masa awal pembuahan ini paling rentan terjadi keguguran. Terjadi perubahan suasana perasaan yang drastis akibat pengaruh hormon kehamilan, perubahan metabolisme dan fisik ibu mudah capek. Lakukan periksa kontrol kesehatan kehamilan bersama tenaga kesehatan berkompeten secara teratur. Idealnya dilakukan pemeriksaan pra-kehamilan untuk persiapan kehamilan sehat.

Tanda Perhatian

Baca juga informasi berikut ini:

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.