Kesehatan Wanita

Kehamilan Bulan Ketujuh

KEHAMILAN BULAN KETUJUH

Minggu 25

Pada minggu 25 ini tangan janin telah terbentuk sempurna dengan kuku yang sudah lengkap dan kemampuan untuk mengepalkan tangan. Pembuluh darah paru-paru berkembang. Cuping hidung janin mulai membuka. Saraf di sekitar mulut dan bibir lebih sensitif sehingga membantu bayi untuk menyusu kelak. Air ketuban terbukti mengandung rasa makanan yang ibu konsumsi sehingga akan bisa dirasakan oleh lidah janin. Proses ini bisa mempengaruhi selera anak kelak di kemudian hari. Berat janin saat ini sekitar 660 gram dan panjangnya 346 mm.

Minggu 26

Pada minggu 26 ini, alis dan bulu mata janin telah berkembang sempurna. Rambut di kepala makin tumbuh panjang serta bertambah banyak. Kulitnya terlihat merah dan masih berkerut sementara lapisan lemak di bawah kulit terus terbentuk. Sidik jari dan sidik kaki mulai terbentuk. Kantong udara alveoli di paru-paru telah terbentuk. Paru-paru sudah mulai banyak memproduksi surfaktan. Mata janin mulai membuka. Berat janin saat ini sekitar 760 gram dan panjangnya 356 mm.

Kehamilan 20 minggu

Minggu 27

Wujud janin pada minggu ini sudah menyerupai miniature bentuk tubuh seorang bayi kecil meskipun tentu saja tubuhnya berwarna lebih merah, lebih kurus, serta jauh lebih kecil. Liver, paru dan sistem kekebalan tubuhnya belum matang dengan sempurna. Berat janin saat ini sekitar 875 gram dan panjangnya 366 mm.

Minggu 28

Pada pemeriksaan USG yang canggih terkadang bisa dilihat warna iris mata bayi, meskipun tentu saja warna ini belum akan menetap hingga 6 bulan setelah lahir, terlebih pada ras yang bermata biru atau biru-keabuan. Rambut di kepala sudah lebih panjang. Otak janin tumbuh membesar dan berkembang sangat pesat. Lapisan lemak di kulit juga masih terus terbentuk. Janin mulai memiliki jadwal bangun serta jadwal tidur yang tentu saja berbeda dengan ibu. Terkadang ibu merasa janin bangun justru ketika duduk atau akan berbaring untuk beristirahat. Paru-paru telah dapat bernafas. Ukuran tubuhnya saat ini sekitar 376 mm dan beratnya sekitar 1005 gram.

Perubahan Tubuh Ibu Minggu 25 – 28

Pada bulan ini ukuran perut telah membesar dengan tinggi rahim di pertengahan antara payudara dengan pusar. Tekanan darah ibu mulai naik kembali ke normal. Terkadang ibu merasa denyut jantung tidak teratur. Sebaiknya konsultasikan ke bidan/dokter terlebih jika disertai keluhan sesak nafas atau nyeri dada. Berat badan ibu di bulan ini bertambah sekitar 2 kilogram. Lakukan periksa kontrol kesehatan kehamilan bersama tenaga kesehatan berkompeten secara teratur.

Keterangan juga taksiran ukuran janin dalam artikel ini adalah perkiraan rata-rata, sedangkan kehamilan ibu maupun janin bisa berbeda.

Tanda Perhatian

Baca juga informasi berikut ini:

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.