Kesehatan Wanita

Kehamilan Bulan Ketiga

KEHAMILAN BULAN KETIGA

Minggu 9

Bentuk tubuh janin sudah lebih menyerupai manusia daripada kecebong. Organ pancreas, saluran juga kantong empedu dan anus mulai terbentuk. Usus halus tumbuh makin panjang. Organ genitalia bagian dalam mulai terbentuk. Janin sudah mulai bergerak namun ibu belum bisa merasakan gerakan hingga beberapa minggu berikutnya. 

Minggu 10

Pada minggu 10 seluruh organ vital janin sudah terbentuk. Ekor embrionik telah menghilang total. Jari-jemari telah terbentuk serta terpisah dengan sempurna. Otak tumbuh dengan pesat. Pada janin pria, testis sudah mulai memproduksi hormon testosterone. Ukuran janin saat ini sekitar 4 cm. Pada saat ini janin telah memasuki tahap baru yaitu, fetal periode.

Minggu 11

Minggu ini dimulai pertumbuhan serta perkembangan janin yang sangat pesat. Di akhir minggu ini, penonjolan genitalia bagian luar mulai terbentuk menjadi lebih jelas untuk dikenali sebagai penis atau clitoris dan labia majora. Organ reproduksi dalam (genitalia interna) mulai terbentuk. Plasenta dan tali pusat sudah terbentuk sempurna dan berfungsi dengan baik.

Minggu 12

Ukuran tubuh janin sekitar 6-7 cm. Pada minggu 12 seluruh tubuh fetus telah terbentuk sempurna menyerupai bayi manusia. Janin telah memiliki semua organ tubuh, tulang, otot, anggota gerak, dan juga kelamin. Organ yang masih dalam perkembangan pada usia ini adalah paru dan ginjal. Pada akhir minggu ke-12 janin sudah mulai memproduksi air kencing. Indra pengecap di lidah mulai tumbuh dan janin mulai menelan.

Perubahan Tubuh Ibu Minggu 9 – 12

Produksi hormon kehamilan makin meningkat di minggu-minggu ini. Plasenta semakin dominan dalam memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Keluhan pusing, sakit kepala, payudara sakit, sering kencing, insomnia, mimpi buruk dan mual muntah masih berlanjut. Disisi lain, produksi hormon HCG dan peningkatan aliran darah akan memberi efek kulit tampak lebih cerah. Efek buruknya ibu menjadi lebih rentan berjerawat. Minggu 12 ini merupakan akhir trimester pertama. Berat badan ibu bertambah sekitar 1 kilogram. Lakukan periksa kontrol kesehatan kehamilan bersama tenaga kesehatan berkompeten secara teratur.    

Keterangan juga taksiran ukuran janin dalam artikel ini adalah perkiraan rata-rata, sedangkan kehamilan ibu maupun janin bisa berbeda.

Tanda Perhatian

Baca juga informasi berikut ini:

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.