Kesehatan Wanita

Kehamilan Bulan Kesembilan

KEHAMILAN BULAN KESEMBILAN

Minggu 33

Pada bulan ini janin bertumbuh sangat pesat. Berat badannya bertambah 250 gram dalam satu minggu. Pupil mata janin sudah bisa melakukan gerakan menyempit dan melebar juga mendeteksi cahaya. Paru-paru sudah semakin matang. Ukuran kepala janin bertambah cepat karena otaknya terus berkembang. Panjangnya saat ini sekitar 437 mm dan beratnya sekitar 1918 gram.

Minggu 34

Pada minggu ini lapisan vernix caseosa semakin tebal. Sebagian besar rambut lanugo sudah menghilang. Perilaku janin sudah menyerupai bayi. matanya akan terbuka saat bangun dan tertutup saat tidur. Janin memiliki waktu rutin untuk tertidur dan terjaga. Janin mulai mengubah posisinya menjadi kepala di bawah. Pada kehamilan pertama bahkan mungkin posisi kepala sudah memasuki rongga panggul. Ukuran tubuh janin sekitar 450 mm dan beratnya sekitar 2146 gram.

Minggu 35

Pada minggu ini lapisan lemak terbentuk semakin banyak di tubuh janin, terutama di bagian bahu. Ukuran tubuh janin sudah semakin besar sehingga gerakannya mungkin menjadi terbatas dan ibu merasakan sedikit gerakan. Namun, ibu tetap bisa merasakan sensasi gerakan peregangan, gelombang dan goyangan. Jika gerakan janin kurang dari 10 kali dalam 2 jam segera laporkan pada bidan/dokter. Ukuran tubuh janin sekitar 462 mm dan beratnya sekitar 2383 gram.

Minggu 36

Badan janin sudah semakin besar dan tidak lagi berkerut-kerut. Janin semakin gendut dengan wajah kecilnya yang bulat akibat deposit lemak di tubuhnya. Minggu ini menjadi minggu terakhir di bulan ke-9 kehamilan. Janin sudah turun mendekat ke jalan lahir. Berat badan janin 2622 gram bahkan mungkin ada yang sudah mendekati 3000 gram dengan ukuran 474 mm.

Kehamilan 9 bulan

Perubahan Tubuh Ibu Minggu 33 – 36

Tubuh ibu bekerja keras di bulan ini untuk mempersiapkan persalinan. Tubuh janin semakin besar sehingga tidur ibu mulai tidak nyenyak. Badan mudah pegal karena otot bekerja keras membawa beban tubuh janin yang makin besar. Ibu mudah lelah. Rahim akan mendesak posisi diafragma sehingga letaknya mendesak posisi paru-paru. Kondisi ini menyebabkan nafas ibu semakin terasa sulit. Jika posisi bayi sudah pindah masuk panggul biasanya pernafasan menjadi lebih lega. Payudara telah mencapai ukuran maksimal. Kelenjar Montgomery di sekitar areola semakin tampak jelas.

kehamilan4

Posisi janin biasanya mulai mencari jalan lahir dengan kepala ke bawah kemudian tangan dan kaki melipat di dadanya. Posisi ini membuat ibu merasa nyaman sehingga disebut “lightening”. Keluhan dada terasa panas akibat refluks asam lambung biasanya menjadi berkurang atau membaik. Nafsu makan ibu menjadi lebih enak. Karena kepala janin mulai masuk ke rongga panggul dan menekan kandung kemih yang berada didepan rahim, ibu menjadi lebih sering kencing juga terkencing-kencing ketika tertawa, batuk atau bersin. Kulit terdapat stretch marks, varises, spider veins, terasa kering dan gatal. Keluhan ini akan membaik saat bayi sudah lahir. Stretch marks akan semakin memudar setelah ibu melahirkan.

Ibu bisa rutin melakukan olahraga untuk mempersiapkan persalinan namun sebaiknya hati-hati sebab persendian semakin renggang. Konsultasikan kepada dokter jika ibu merasa tidak nyaman. Rahim masih mengalami kontraksi palsu yang disebut kontraksi Braxton-Hicks. Bedakan antara kontraksi Braxton-Hicks dengan kontraksi persalinan. Mulai persiapkan barang-barang untuk persiapan persalinan. Ibu memiliki keinginan kuat untuk nesting, namun lebih baik simpan energi hanya untuk aktivitas penting. Berat badan ibu selama kehamilan ini bisa bertambah 12 kg. Lakukan periksa kontrol kesehatan kehamilan bersama tenaga kesehatan berkompeten secara teratur.

Keterangan juga taksiran ukuran janin dalam artikel ini adalah perkiraan rata-rata, sedangkan kehamilan ibu maupun janin bisa berbeda.

Tanda Perhatian

Baca juga informasi berikut ini:

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.