Kesehatan Wanita

Kehamilan Bulan Kelima

KEHAMILAN BULAN KELIMA

Minggu 17

Pada minggu 17, alis dan rambut di kepala janin terus tumbuh. Tubuhnya semakin besar dengan bentuk makin jelas. Sudah punya kuku dan sidik jari. Janin sering mengalami cegukan, namun tentu saja tidak terdengar oleh ibu. Lemak coklat mulai terbentuk di tubuhnya. Lemak coklat akan menjadi sumber nutrisi serta melindungi dari kedinginan setelah bayi lahir.

Minggu 18

Pada minggu 18 ini terjadi osifikasi dimana tulang-belulang janin semakin mengeras dengan proses pengendapan kalsium. Tulang yang pertama mengalami osifikasi yaitu tulang di kaki dan telinga dalam. Panjang tubuhnya sekitar 180 mm dan beratnya 300 gram.

Minggu 19

Pada minggu 19 ini kulit mulai tertutupi oleh selapis tipis lemak putih licin yang disebut vernix caseosa. Vernix akan melindungi tubuh janin tetap lembut, terjaga dari luka goresan dan merekah. Telinga sudah berkembang sempurna sehingga janin bisa mendengarkan berbagai suara termasuk suara ibu. Otak sudah bekerja dengan baik sehingga janin bisa melakukan berbagai gerakan. 

Minggu 20

Pada minggu 20 ini kulit tumbuh-berkembang semakin tebal dengan lapisan epidermis dan endodermis. Rambut, alis dan kuku telah berkembang dengan baik. Janin telah semakin menyerupai rupa seorang bayi. Pada pertengahan kehamilan ini gerakan janin semakin kuat sehingga ibu bisa merasakan dengan jelas. Kadangkala ibu merasakan sensasi gerakan halus dan ritmik di perut ketika janin mengalami cegukan. Ukuran tubuh janin saat ini sekitar 230 mm dan beratnya sekitar 255 gram.

Kehamilan 20 minggu

Perubahan Tubuh Ibu Minggu 17 – 20

Pada bulan ini hormon kehamilan semakin meningkat sehingga memperngaruhi janin juga sistem organ tubuh ibu. Kadar progesteron pada lima bulan pertama kehamilan lebih tinggi dibandingkan estrogen. Pada bulan ini ibu akan merasakan gerakan pertama janin. gerakan pertama ini disebut “quickening”. Catat tanggal ibu merasakan gerakan pertama janin untuk dilaporkan kepada dokter/bidan saat kunjungan pemeriksaan antenatal. 

Kehamilan17

Payudara membesar hingga naik dua ukuran akibat perkembangan kelenjar susu serta pertambahan aliran darah. Rahim bertambah besar akibat pertambahan ukuran janin dan plasenta. Pembesaran rahim meningkatkan tekanan dalam perut sehingga dada terasa panas akibat refluks asam lambung, sulit buang air besar akibat sembelit. Lendir vagina lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil dengan lendir encer, putih dan tidak ada keluhan. Pertambahan total berat badan ibu saat ini bisa sekitar 5 kilogram. Lakukan periksa kontrol kesehatan kehamilan bersama tenaga kesehatan berkompeten secara teratur.  

Keterangan juga taksiran ukuran janin dalam artikel ini adalah perkiraan rata-rata, sedangkan kehamilan ibu maupun janin bisa berbeda.

Tanda Perhatian

Baca juga informasi berikut ini:

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.