Kesehatan Wanita

Kehamilan Bulan Keenam

KEHAMILAN BULAN KEENAM

Minggu 21

Pada minggu ini janin mulai menyerap sebagian kecil glukosa dari cairan amnion yang tertelan. Glukosa ini akan melewati system metabolism janin yang telah berkembang lebih sempurna. Namun tetap saja sumber nutrisi utama berasal dari pasokan plasenta ibu. Sumsum tulang mulai membentuk sel-sel darah harmoni bersama dengan kerja liver dan limpa.

Minggu 22

Pada minggu 22 ini, indera perasa dan indera peraba janin semakin maju. Alis dan bulu mata sudah terbentuk sempurna. Kuku jari tangan sudah tumbuh mendekati ujung jari. Janin mulai dapat mendengarkan suara bila ibu berbicara, bernyanyi atau membacakan buku. Seluruh sel telur janin perempuan telah selesai dibentuk. Beratnya sekitar 454 – 500 gram.

Minggu 23

Paru-paru janin semakin berkembang untuk mempersiapkan diri hidup di dunia luar. Cairan surfaktan yang membantu elastisitas paru mulai terbentuk. Janin sudah mulai mencoba gerakan bernapas dengan menghirup dan menghembuskan cairan amnion. Tulang telinga tengah mengeras sehingga janin bisa mendengar suara dengan frekuensi rendah. Sumber oksigen masih dipasok dari darah ibu melalui plasenta. Umumnya ukuran janin sekitar 289 mm dan beratnya mendekati 525 gram.

Minggu 24

Pada minggu ini pengontrol keseimbangan tubuh di telinga tengah janin mulai bekerja sehingga dia mampu mengenali posisi tubuhnya di dalam rahim. Koordinasi otot tangan semakin baik saat janin menghisap jarinya. Berat janin saat ini sekitar 600 gram.

Perubahan Tubuh Ibu Minggu 21 – 24

Pada bulan ini ibu memulai separuh perjalanan terakhir kehamilan. Perut telah membesar sebab rahim telah melampaui pusar.

Kehamilan9

Ibu bisa merasakan tendangan pertama janin. Hormon kehamilan meningkat dengan kadar estrogen dan progesteron mencapai 10 kali lipat dibandingkan saat sebelum hamil. Kadar estrogen sudah mengejar kadar progesteron sehingga kadarnya seimbang pada minggu 21 – 22. Keluhan kehamilan masih serupa dengan bulan sebelumnya. Rahim mulai mengalami kontraksi palsu yang disebut kontraksi Braxton-Hicks. Persendian menjadi renggang dan elastis sehingga nyeri punggung dan panggul sering menghampiri. Berat badan ibu di bulan ini bertambah sekitar 2 kilogram. Lakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan secara teratur bersama tenaga kesehatan berkompeten.

Keterangan juga taksiran ukuran janin dalam artikel ini adalah perkiraan rata-rata, sedangkan kehamilan ibu maupun janin bisa berbeda.

Tanda Perhatian

Baca juga informasi berikut ini:

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.