Kesehatan Wanita

Kehamilan Bulan Keempat

KEHAMILAN BULAN KEEMPAT

 

Minggu 13

Mulai minggu ini semua organ tubuh yang sudah terbentuk akan mulai bekerja secara sinergis. Hati sudah bisa mensekresi empedu dan pancreas mensekresi insulin. Mata dan telinga janin saat ini sudah bisa dikenali dengan jelas. Janin bisa membuat gerakan-gerakan sederhana yang masih kasar seperti tersentak, menekuk tangan atau menendang. 

Minggu 14

Pada minggu 14 ini sistem organ reproduksi sedang bertumbuh pesat. Prostat terbentuk pada janin laki-laki. Indung telur bergeser dari rongga perut ke rongga panggul pada janin perempuan, sementara pada janin laki-laki testis mulai bergerak ke kantong testis (skrotum) pada akhir minggu ke 14. Janin sekarang dapat tersenyum, mengerutkan dahi dan menunjukkan gerak bernafas, menghisap dan menelan. Ukuran tubuh janin di minggu 14 ini sekitar 85 mm.  

Minggu 15

Rambut halus mulai muncul menutupi seluruh tubuh janin. Rambut di alis dan di kepala mulai tumbuh. Di akhir minggu ini tangan bayi bisa bergerak membentuk kepalan tangan.

Minggu 16

Pada minggu 16 ini hubungan sistem saraf dengan sistem tulang sudah cukup berjalan untuk melakukan koordinasi gerakan tubuh juga tangan dan kaki. Janin di dalam rahim sering mengalami cegukan sebelum kemampuan gerakan nafas berjalan baik. Kalsium mulai disimpan dalam tulang sehingga pastikan ibu mengkonsumsi cukup asupan kalsium. Jutaan sel telur terbentuk di indung telur janin perempuan pada minggu ini. Pada minggu ini ukuran janin sekitar 150 mm dengan berat badan sekitar 200 gram.

Kehamilan 12 minggu

Perubahan Tubuh Ibu Minggu 13 – 16

Selamat akhirnya ibu memasuki trimester kedua! Trimester kedua seringkali disebut sebagai periode emas dalam kehamilan.

kehamilan8

Istilah ini cocok karena keluhan awal kehamilan mulai menghilang kemudian rasa tidak nyaman di trimester ketiga belum terasa. Risiko keguguran berkurang banyak dan pengalaman-pengalaman indah mulai muncul. Pada bulan ini perut ibu mulai terlihat membesar akibat perubahan ukuran rahim. Pembesaran rahim juga pengaruh hormon kehamilan akan mempengaruhi tulang dan sendi. Ibu harus lebih berhati-hati. Lakukan periksa kontrol kesehatan kehamilan bersama tenaga kesehatan berkompeten secara teratur.  

Keterangan juga taksiran ukuran janin dalam artikel ini adalah perkiraan rata-rata, sedangkan kehamilan ibu maupun janin bisa berbeda.

Tanda Perhatian

Baca juga informasi berikut ini:

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.