Kesehatan Wanita

Kehamilan Bulan Kedua

KEHAMILAN BULAN KEDUA

Minggu 5

Ukuran embrio 5 mm. Pada saat ini, embrio bukan lagi sekedar kumpulan sel, namun sudah mulai membentuk organ tubuh. Sejak minggu ke-3 kehamilan telah terbentuk tabung persarafan yang disebut neural tube dari lapisan sel paling atas. Neural tube (korda dorsalis primitif) akan berkembang menjadi otak, tulang belakang, sumsum tulang belakang, juga persarafan tulang belakang. Kecacatan dalam proses pembentukan akan menyebabkan spina bifida. Pada akhir minggu ke-2 jantung juga mulai terbentuk dari lapisan sel di tengah. 

Minggu 6

Ukuran tubuh janin dari kepala hingga bokong pada minggu 6 ini sekitar 22-24 mm. Pertumbuhan terjadi sangat cepat pada minggu ini. Ukuran tubuh bertambah tiga kali lipat. Rupa wajahnya mulai terbentuk. Mulai terbentuk bakal calon mata, calon telinga dalam dan bukaan untuk mulut. Lipatan untuk rahang, dagu dan leher mulai muncul. Neural tube telah tertutup dengan otak embrio berkembang sangat pesat.

Minggu 7

Bentuk embrio seperti kecambah dengan kepala, tangan, tonjolan kaki dan ekor. Posisinya meringkuk dengan proporsi kepala lebih besar dibandingkan tubuh sehingga tampak seperti bentuk koma. Pada minggu 7 ini plasenta dan corda umbilicalis yang berisi 2 pembuluh darah arteri dan satu pembuluh darah vena yang menghubungkan tubuh ibu dengan bayi telah terbentuk.

Minggu 8

Wajah mulai terbentuk semakin jelas dengan bentuk telinga, bibir dan ujung hidung yang mulai tegas. Terdapat rigi-rigi di ujung tangan dan kaki yang kelak akan menjadi jari. Organ dalam seperti jantung, otak, paru-paru, ginjal, liver dan usus telah terbentuk sempurna serta makin berkembang namun belum berfungsi. Jantung berdenyut sekitar 150 kali per menit.

Kehamilan Trimester 1

Perubahan Tubuh Ibu Minggu 5 – 8 Kehamilan

Minggu kelima merupakan saat ketika ibu terlambat mengalami menstruasi. Masa dimana biasanya para wanita baru akan berpikir mereka sedang hamil. Ibu bisa melakukan tes kehamilan di hari pertama terlambat menstruasi. Segera periksa ke dokter atau bidan begitu ibu mengetahui telah hamil. Jangan lupa untuk meminum suplemen vitamin dan mineral yang diberikan oleh dokter.

kontrol kehamilan

Perubahan hormon di awal kehamilan inilah yang menyebabkan ibu mengeluhkan mual muntah, pusing, sakit kepala, nyeri di payudara, sering kencing, sulit tidur (insomnia) dan mimpi buruk. Pengaruh HCG dan estrogen di pusat muntah otak bisa menyebabkan mual. Pengaruh progesteron menyebabkan gerak peristaltik usus lebih lambat sehingga ibu makin merasa mual, mudah muntah serta konstipasi. Rahim makin besar namun masih berada di dalam rongga panggul sehingga perubahan perut belum terlihat. Serviks rahim melunak serta berwarna kebiruan akibat pertambahan aliran sirkulasi darah. Terbentuk servical plug yang melindungi pintu serviks di akhir minggu 7 supaya mencegah terjadinya infeksi. Lakukan periksa kontrol kesehatan kehamilan bersama tenaga kesehatan berkompeten secara teratur. 

Keterangan juga taksiran ukuran janin dalam artikel ini adalah perkiraan rata-rata, sedangkan kehamilan ibu maupun janin bisa berbeda.

Tanda Perhatian

Baca juga informasi berikut ini:

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.