Kesehatan Wanita

Kehamilan Bulan Kedelapan

KEHAMILAN BULAN KEDELAPAN

Minggu 29

Pada minggu ini janin sedang bertambah semakin besar. Gerakannya semakin kuat dan sering. Kepala janin sudah proporsional jika dibandingkan dengan tubuhnya. Janin makin sensitif terhadap rangsang suara, rasa dan cahaya. Panjang tubuh janin sekitar 386 mm dan beratnya sekitar 1150 gram.

Minggu 30

Pada minggu ini lapisan lemak di tubuh janin semakin bertambah. Berat badan janin meningkat pesat sekitar 250 gram setiap minggu. Janin mulai berlatih melakukan gerakan pernapasan dengan menggerakkan diafragma secara ritmis. Mata bisa membuka dan menutup dengan bola mata sudah mampu bergerak ke dari sisike sisi mengikuti rangsang cahaya. Lanugo semakin banyak. Saat ini beratnya sekitar 1350 gram dengan panjangnya sekitar 399 mm.

Minggu 31

Kecepatan pertumbuhan janin lebih melambat dibanding sebelumnya. Panjang tubuh tidak banyak bertambah namun berat badan tetap akan bertambah banyak. Lemak terus-menerus disimpan. Pada minggu ini sistem organ reproduksi janin semakin berkembang. Testis pada janin laki-laki telah berada di dalam scrotum. Clitoris pada janin perempuan terlihat menonjol belum tertutup oleh labia yang masih kecil. Paru-paru masih terus berkembang namun belum begitu matang. Saat ini beratnya sekitar 1502 gram dengan panjangnya sekitar 411 mm.

Minggu 32

Rambut lembut yang disebut lanugo mulai menghilang. Kuku jari-jari kaki terbentuk sempurna. Gerakan janin sedikit berubah pada minggu ini sebab tubuhnya semakin membesar sehingga ruang gerak menjadi lebih terbatas. Janin yang sehat akan aktif bergerak, berpindah tempat dan menendang namun terkadang ibu kurang bisa merasakannya. Cara untuk merasakan gerakan janin bisa dengan berbaring miring di sisi sebelah kiri selama 30 – 60 menit kemudian hitung jumlah gerakan janin. Jika janin bergerak kurang dari 10 kali selama 2 jam sebaiknya ibu segera laporkan ke dokter/bidan. Saat ini beratnya sekitar 1702 gram dengan panjangnya sekitar 424 mm.

Kehamilan 36 minggu

Perubahan Tubuh Ibu Minggu 29 – 32

Sistem peredaran darah ibu bekerja lebih cepat sehingga denyut jantung meningkat 20% dibanding kondisi sebelum ibu hamil. Tekanan rahim pada pembuluh darah vena di perut menyebabkan aliran darah dari kaki terganggu sehingga 20% ibu mengalami varises akibat penonjolan pembuluh darah vena di kaki. Beberapa ibu mengalami ambeien akibat varises pembuluh darah vena di anus. Wajah dan kelopak mata agak bengkak terutama di pagi hari. Rahim akan mendesak posisi diafragma sehingga letaknya bisa naik sekitar 3,8 cm dari tempat semula.

kehamilan8

Kondisi ini menyebabkan nafas ibu pendek-pendek. Sementara itu, paru-paru menyesuaikannya dengan bernafas lebih dalam untuk mendapatkan lebih banyak udara. Payudara semakin membesar bahkan pertambahan beratnya hingga 500 – 1500 gram dari saat sebelum hamil. Payudara sedang memproduksi ASI pertama yang disebut kolostrum. Berat badan ibu di bulan ini bertambah sekitar 2 kilogram. Leriksa kontrol kesehatan kehamilan bersama tenaga kesehatan berkompeten secara teratur.

Keterangan juga taksiran ukuran janin dalam artikel ini adalah perkiraan rata-rata, sedangkan kehamilan ibu maupun janin bisa berbeda.

Tanda Perhatian

Baca juga informasi berikut ini:

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.